Iklan Header

Assalamu'alaikum, teman-teman. Semoga sehat selalu. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan PEMBAHASAN dari soal KSN tahun 2020 lalu. Semoga pembahasan ini bisa membantu teman-teman sekalian dalam persiapan menghadapi Kompetisi Sains Nasional tahun 2021.


Usahakan kamu mengerjakan soal KSN 2020 terlebih dahulu, baru setelah itu kamu bisa mempelajari pembahasan pada postingan ini. Semoga berhasil untuk KSN 2021 nanti. Langsung saja, monggo dipelajari.


pembahasan-ksn-2020-tingkat-kabupaten

Soal : KSN 2020 tingkat Kabupaten

PEMBAHASAN


1. Jawaban : D

Pembahasan :

Flora Hutan Hujan Tropis di Indonesia terbagi menjadi 3, yaitu Hutan Hujan Tropis Wilayah Barat, Hutan Hujan Tropis Wilayah Timur, dan Hutan Hujan Tropis Wilayah Peralihan.

Hutan Wilayah Barat memiliki spesies pohon dominan family Diprerocarpaceae.

Di Hutan Wilayah Timur didominasi family Myrtaceae dan Araucariaceae.

Sedangkan di Hutan Wilayah Peralihan yang dominan tumbuh adalah famili Verbenaceae (berbunga), Myrtaceae (jambu-jambuan), dan Araucariaceae (konifer).


2. Jawaban : C

Pembahasan :

Negara maritim merupakan negara dengan memanfaatkan sumber daya kelautannya. Semua jawaban dari 1, 2, 3, 4, 5, semuanya menunjukkan potensi kemaritiman Indonesia, kecuali jawaban nomor 3. Bentuk kepulauan bukan menjadi salah satu faktor maritim.


3. Jawaban : C

Pembahasan :

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu adalah energi yang diciptakan oleh tenaga angin. Tenaga angin dihasilkan dalam bentuk listrik dengan cara mengubah rotasi dari pisau turbin menjadi arus listrik dengan menggunakan generator listrik. Keunggulan dari Pembangkit Tenaga Bayu antara lain : udara tidak akan habis terpakai, tidak menghasilkan emisi gas buang, ramah lingkungan, dan lahan ladang angin dapat digunakan untuk keperluan lain seperti pertanian, sebab energi ini hanya membutuhkan beberapa meter untuk membentuk pondasi turbin saja.


4. Jawaban : A

Pembahasan :

Pembahasan lengkapnya bisa kamu baca di Potensi SDA : Hutan.


5. Jawaban : A

Pembahasan :

Pembahasan lengkapnya bisa kamu baca di Potensi SDA : Tahapan Batubara.



6. Jawaban : D

Pembahasan :

Diantara 4 pilihan jawaban, yang termasuk dampak negatif terhadap budaya Indonesia hanya jawaban D, yaitu penguasaan bahasa asing dari pada bahasa lokal.


7. Jawaban : D

Pembahasan :

Dampak dari pemanasan global antara lain berkurangnya curah hujan di musim penghujan dan berkurangnya curah hujan di musim kemarau.


8. Jawaban : B

Pembahasan :

1 derajat = 111 km (pembulatan dari keliling bumi dibagi 360 derajat).

1 derajat = 60 menit = 3.600 detik

Jika keliling bumi = 40.075,16 km, maka :

40.075,16 : 360 = 111,32 km


Karena, jarak (pada peta) kota A ke kota B = 2 derajat

Jadi jawabannya, 2 x 111,32 km = 222,63 km


9. Jawaban : A

Pembahasan :

Pembahasan lengkapnya bisa kamu baca di Potensi SDA : Tahapan Batubara.


10. Jawaban : D

Pembahasan :

Adaptasi rumah tahan gempa di Indonesia, antara lain :

  1. Atap Bale Lumbung
  2. Atap rumah ini dibuat oleh Suku Sasak di Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Atap ini terbuat dari jerami atau alang-alang. Sehingga, ketika terjadi gempa bumi, atap model ini tidak akan membahayakan penghuni di bawahnya. Berbeda dengan atap cor semen yang berat, ketika jatuh bisa membuat celaka bahkan membunuh penghuninya.


  3. Rumah Panggung
  4. Struktur rumah panggung adalah salah satu yang tahan gempa. Kolong yang ada di bawah lantai, menciptakan ruang untuk mepelas energi getaran dari dalam tanah sehingga hanya sebagian kecil merambat ke fisik rumah.


  5. Menggunakan Pasak
  6. Struktur bangunan yang dikaitkan dengan pasak lebih dinamis dan kokoh, sehingga tahan terhadap guncangan gempa.



11. Jawaban : D

Pembahasan :

Pembahasan lengkapnya bisa kamu baca di Potensi SDA : Tahapan Batubara.


12. Jawaban : C

Pembahasan :

Hewan khas yang mendiami wilayah Wallacea adalah hewan yang hidup di daerah peralihan antara Indonesia bagian barat (Dangkalan Sunda) dengan Indonesia bagian timur (Dangkalan Sahul).


13. Jawaban : C

Pembahasan :

Pembahasan lengkapnya bisa kamu baca di Potensi SDA : Tahapan Batubara.


14. Jawaban : D

Pembahasan :

Sumber energi ramah lingkungan berarti sumber energi yang terbarukan dan tidak berakibat buruk terhadap lingkungan. Indonesia memiliki potensi sumber energi terbarukan di antaranya geothermal (panas bumi), air terjun, ombak, dan biomassa (bahan biologis : kayu, limbah, alkohol, contoh di Indonesia PLTBM Pulubala di Gorontalo yang memanfaatkan tongkol jagung untuk tenaga biomassa).


15. Jawaban : C

Pembahasan :

Pembahasan lengkapnya bisa kamu baca di Potensi Maritim Indonesia.



16. Jawaban : A

Pembahasan :

Pasar sebagai lembaga ekonomi berperan sebagai pemenuhan kebutuhan pokok untuk kelangsungan hidup masyarakat.


17. Jawaban : B

Pembahasan :

Salah satu fungsi lembaga agama ketika berkumpul di satu tempat ibadah adalah menjadi wahana silaturahmi yang menumbuhkan rasa kekeluargaan.


18. Jawaban : A

Pembahasan :

Bentuk akomodasi arbitrasi adalah aturan yang dibuat untuk menyatukan masyarakat.


19. Jawaban : B

Pembahasan :

Ali yang awalnya pandai dan rajin, akhirnya mengikuti perilaku Andi yang suka membolos. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan pandangan diantara keduanya atau disebut differencial association.


20. Jawaban : A

Pembahasan :

Suku pedalaman biasanya memiliki sikap tertutup terhadap dunia luar. Hal ini disebabkan karena adanya rasa khawatir terhadap perubahan sosial budaya yang berdampak terhadap sukunya. Maka, suku pedalaman mengisolasi diri dari dunia luar, sehingga suku tersebut akan menyebabkan terhambatnya mobilitas sosial akibat anggapan perbedaan suku bangsa.



21. Jawaban : B

Pembahasan :

Mekanisme yang terstruktur agar kehidupan bermasyarakat berjalan tertib dan tertata dengan baik, maka diperlukan lembaga sosial.


22. Jawaban : D

Pembahasan :

Pada era Orde Baru, kualitas penduduk senantiasa ditingkatkan. Keberhasilan peningkatan kualitas penduduk tercermin dari semakin membaiknya tingkat pendidikan.


23. Jawaban : D

Pembahasan :

Bu Maria menjalankan peran pada lembaga budaya = mengajar di SMP N Halmahera yang memiliki tatatnan dan norma yang berbeda dengan daerah asalnya. Selain itu, juga berperan pada lembaga pendidikan = Bu Marian menjadi guru.


24. Jawaban : D

Pembahasan :

Dino ikut-ikutan teman yang sering melakukan perbuatan melawan hukum berarti Dito melakukan penyimpangan sosial kelompok.


25. Jawaban : C

Pembahasan :

Mbok Darmi dengan Pak Dawud melakukan transaksi jual beli dengan dibayar setelah ikan terjual. Hal ini menunjukkan interaksi manusia dengan lingkungan ekonomi.



26. Jawaban : A

Pembahasan :

Saat ini banyak ibu rumah tangga yang ikut mencari nafkah demi menambah penghasilan keluarga. Wacana tersebut menunjukkan telah terjadi pergeseran peran gender di dalam keluarga.


27. Jawaban : D

Pembahasan :

Lembaga sosial sebagai fasilitator dalam pengembangan taman wisata serta museum tambang sebagai sarana edukasi adalah komunitas penggerak pariwisata dan badan usaha.


28. Jawaban : B

Pembahasan :

Kalimat yang tepat untuk menyambung soal adalah Kehadiran Komnas Perempuan menyiratkan upaya lembaga hukum dalam mengarusutamakan pemberdayaan perempuan.


29. Jawaban : B

Pembahasan :

Pendekatan kerjasama bisa dilakukan dengan :

  1. Akomodasi : penyelesaian konflik dengan cara kerjasama yang dibangun antara dua pihak.
  2. Asosiasi : perkumpulan orang yang memiliki kepentingan yang sama sehingga dibutuhkan pertalian gagasan.
  3. Akulturasi : proses sosial diterimanya kebudayaan asing tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan asal.
  4. Asimilasi : pembauran satu kebudayaan yang disertai hilangnya ciri khas kebudayaan asli, sehingga membentuk kebudayaan baru.

Jadi, jawaban yang tepat untuk menyatukan masyarakat lokal dan pengelola objek wisata adalah dengan pendekatan kerjasama asosiasi.


30. Jawaban : D

Pembahasan :

Barikade sosial yang menjadi pembeda dari lapisan sosial adalah pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan.



31. Jawaban : B

Pembahasan :

Pernyataan yang benar adalah (1) Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Taiwan, dan (3) Persebaran bangsa Austronesia hingga wilayah Pasifik.


32. Jawaban : D

Pembahasan :

Pernyataan yang benar adalah (1) Kjokkenmoddinger di Sumatra, dan (3) Kapak Genggam di Kalimantan.


33. Jawaban : A

Pembahasan :

Jalur yang memungkinkan bagi nenek moyang bangsa Indonesia untuk melakukan migrasi adalah 1) Lembah Sungai Nil, 2) Semenanjung Sinai, dan 3) Semenanjung Arab. Sedangkan Semenanjung Delmarva berada di Amerika Serikat, yang mustahil dilalui nenek moyang Indonesia.


34. Jawaban : D

Pembahasan :

Pada abad ke 13 Islam sudah ada di Indonesia, tepatnya di Indonesia bagian barat. Pada 14 Masehi, kedatangan Islam telah sampai ke belahan timur Nusantara. Faktor yang mendorong kedatangan Islam di wilayah Maluku adalah dengan cara berdagang.


35. Jawaban : B

Pembahasan :

Langkah yang ditempuh dalam menghasilkan benda-benda berbahan logam menggunkan teknik a cire perdue antara lain :

  1. Membuat model cetakan atau model benda dengan lilin atau bahan sejenis.
  2. Rongga bekas lilin kemudian diisi dengan cairan perunggu melapisi tanah liat.


36. Jawaban : A

Pembahasan :

Alasan mengapa RIS dibubarkan diantaranya 1) karena lemahnya dukungan rakyat di negara-negara bagian kecuali RI, 2) karena kecerdikan diplomasi para tokoh pejuang Republik Indonesia, 3) karena kuatnya daya tarik Republik Indonesia sebagai negara kesatuan.


37. Jawaban : B

Pembahasan :

Kondisi yang menggambarkan Indonesia di ASEAN antara lain 1) negara penyumbang lebih dari 35% Produk Domestik Bruto ASEAN, dan 3) negara terbesar dengan lebih dari 40 persen populasi ASEAN.


38. Jawaban : A

Pembahasan :

Perusahaan Belanda yang dinasionalisasi oleh pemeintah Indonesia tahun 1957/ 1958 antara lain :

  1. Perusahaan Perkebunan,
  2. Membentang dari Sumatra hingga Jawa, dan Aceh

  3. Perbankan,
  4. Hampir semua Bank dinasionalisasi, seperti Nederlandse Handel Maatschappij (Factorij), Nederlandse Handelsbank (NHB), Escompto, dll

  5. Perusahaan Transportasi
  6. Contohnya : Nederland Indonesische Steenpolen Handel Maatschappij (NISHM), Nederlands Indonesische Scheepvaart Establisementen (NISE), Droogdok Maatschappij Tandjung Priok, dll.


39. Jawaban : A

Pembahasan :

Pernyataan yang tepat mengenai peristiwa sekitar proklamasi antara lain :

  1. Sukarno berpendirian agar proklamasi dilaksanakan melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI),
  2. Menyebarnya kekalahan Jepang di Perang Pasifik menjadi salah satu dorongan pemuda untuk segera dilaksanakan proklamasi,
  3. Pemuda yang berkumpul di Menteng 32 Jakarta mendengar kabar kekalahand Jepang dari Adam Malik yang bekerja di kantor Berita Dome.

40. Jawaban : C

Pembahasan :

Alasan mengapa pemerintah Orde Baru memprioritaskan stabilitas politik adalah pengurangi pergantian pemerintah seperti jaman Orde Lama, dan untuk menjamin pelaksanaan program-program pembangunan.



41. Jawaban : C

Pembahasan :

Dampak letak Kepulauan Indonesia sebagai jalur perlintasan samudera yaitu Indonesia memiliki keragaman identitas budaya karena pengaruh berbagai bangsa, dan klaim atas batas wilayah Indonesia menjadi lebih rumit karena luasnya perairan terbuka.


42. Jawaban : D

Pembahasan :

Berdasarkan pernyataan soal yang menanyakan mekanisasi cara kerja manusia akibat Revolusi Industri di Inggris, maka pernyataan yang benar adalah timbul spesialisasi bidang pekerjaan.


43. Jawaban : B

Pembahasan :

Manfaat ekonomi dari semakin luasnya kebutuhan terhadap lahan pertanian dan perkebunan adalah penghasilan pemerintah dari pajak sewa tanah rakyat, dan penghasilan dari pajak hasil pertanian dan perkebunan.


44. Jawaban : B

Pembahasan :

Sumbangan Tan Malaka dalam pergerakan kebangkitan nasional Indonesia adalah gagasan tentang kemandirian bangsa, dan tumbuhnya kesadaran kelas sosial.


45. Jawaban : B

Pembahasan :

Alasan Jepang melakukan penutupan semua lembaga pelayanan umum warisan Belanda adalah untuk menghapuskan warisan Belanda, dan untuk memastikan kontrol Jepang terhadap rakyat Indonesia.



46. Jawaban : D

Pembahasan :

Hubungan Rumah Tangga dengan terhadap Perusahaan adalah karena rumah tangga mendapatkan barang dari perusahaan, maka rumah tangga membayar produk yang dibeli dari perusahaan tersebut.


47. Jawaban : -


48. Jawaban : B

Pembahasan :

Dilihat dari keikutsertaan dalam perusahaan, terdapat tiga jenis perseroan komanditer, yaitu :

  1. Perseroan Komanditer Murni, dimana hanya terdapat seorang sekutu aktif,
  2. Perseroan Komanditer Campuran, dimana terdapat beberapa sekutu aktif,
  3. Perseoran Komanditer dengan perusahaan yang modalnya berasal dari saham-saham.

49. Jawaban : B

Pembahasan :

P = 1.300 - 2Q

500 = 1.300 - 2Q

2Q = 1.300 - 500

2Q = 800

Q = 800 : 2

Q = 400


50. Jawaban : C

Pembahasan :

Peran Pasar sebagai sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pengerjaan jembatan melalui pajak dan retribusi adalah peran bagi pembangunan.



51. Jawaban : B

Pembahasan :

Benda illith merupakan alat pemuas kebutuhan yang dikelompokkan berdasarkan kelangkaan.


52. Jawaban : D

Pembahasan :

Salah satu peran badan usaha importir adalah meningkatkan jumlah barang dan jasa di pasar, sehingga akan mampu mendongkrak konsumsi masyarakat.


53. Jawaban : D

Pembahasan :

Faktor produksi yang disediakan oleh Rumah Tangga berupa tanah, bangunan, bahan baku, tenaga kerja, modal, kewirausahaan yang akan mendapatkan pendapatan berupa sewa, pembelian, upah, banga dan laba.


54. Jawaban : A

Pembahasan :

Kesimpulan yang tepat dari pernyataan yang ada adalah terjadi kenaikan harga cabai yang luar biasa (dikarenakan kelangkaan cabai), tetapi harga hewan kambing dan sapi menurun (dikarenakan event lebaran haji sudah berlalu).


55. Jawaban : C

Pembahasan :

Hal yang penting diperjuangkan dalam hidup yang berkualitas adalah kesehatan, kecerdasan, dan keterampilan.



56. Jawaban : C

Pembahasan :

Pilihan jawaban yang menandakan kegiatan konsumsi yang tidak didasari prinsip ekonomi adalah Andi membeli handphone berharga relatif mahal agar bisa terkoneksi internet dan digunakan untuk video call dengan relasi bisnis yang ada di dalam dan luar negeri.


57. Jawaban : D

Pembahasan :

Perusahaan distributor yang menjual barang kepada konsumen langsung disebut retailer, dan menjual juga kepada pedagang lain yang akan dijual kembali secara ecer disebut wholeseller. Sehingga, jika sebuah perusaan menjual kepada konsumen dan kepada penjual untuk dijual lagi, maka perusahaan tersebut berkedudukan sebagai retailer sekaligus wholeseller.


58. Jawaban : C

Pembahasan :

Dalam Kegiatan Produksi bisa dibagi berdasarkan bidang produksi, guna yang tercipta, dan upaya perluasan produksi. Sesuai dengan ilustrasi dalam soal, kegiatan produksi Salon Kecantikan "Gayatri" termasuk Bidang Produksi Jasa, Guna yang Tercipta berupa Service Utility/ Guna Pelayanan, dan Upaya Perluasan Produksi dengan Intensifikasi (Pengoptimalan faktor produksi yang sudah ada, yaitu penambahan jam buka).


59. Jawaban : B

Pembahasan :

Yang termasuk interaksi antara rumah tangga konsumen (RTK) dengan rumah tangga produsen (RTP) melalui pasar input adalah :

  • Siswa SMK mendapt kesempatan bekerja (menyediakan faktor produksi berupa tenaga kerja dari RTK ke RTP) di "PT Sentosa" selama liburan sekolah, dan
  • "PT Kharisma Indojaya" membayar sewa lahan untuk bangunan pabrik selama 20 tahun (balas jasa dari faktor produksi berupa bangunan pabrik yang disewa RTP, dibayar ke RTK).

60. Jawaban : B

Pembahasan :

Oligopoli adalah pasar yang dikuasai oleh beberapa perusahaan saja. Pasar sepeda motor di Indonesia merupakan pasar yang berbentuk oligopoli karena pangsa pasar terbesar di Indonesia dikuasai oleh merek Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki saja.


Bank Soal Olimpiade OSN 2019

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment