Iklan Header

Assalamu'alaikum teman-teman. Kabar sehat? Semoga selalu. Masih berhubungan dengan dinamika penduduk, kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai kualitas penduduk indonesia dilihat dari kesehatan, pendidikan, dan pendapatan per kapita.


Sub bahasan mengenai kualitas penduduk ini melanjutkan sub bahasan tentang pertumbuhan penduduk kemarin. Semoga bisa menambah wawasan kamu, khususnya untuk mata pelajaran IPS kelas 7 bab 1 pada semester ganjil. Langsung saja monggo dipelajari.


Pertumbuhan penduduk yang terjadi pada suatu negara akan memberikan dampak (sebagai mana penjelasan sebelumnya). Permasalahan tersebut semakin parah jika kualitas negara tersebut juga buruk. Jika pertumbuhan penduduk diiringi dengan kualitas penduduk yang baik, maka perkembangan negara bisa seiring berjalan. Akan tetapi, jika pertumbuhan penduduk yang tinggi tapi kualitas penduduk yang buruk, tentu negara akan semakin memiliki banyak permasalah. Jadi, Kualitas penduduk merupakan salah satu indikator untuk menilai perkembangan suatu negara.


quality-of-indonesian-population

Pengertian Kualitas Penduduk

Kualitas penduduk adalah tingkatan mutu penduduk dan kemampuan sumber daya manuasia dalam menunjang negara untuk menjadi negara maju. Kualitas penduduk dapat dilihat dari pendapatan, kesehatan, dan pendidikan.


Kualitas Penduduk Indonesia

Hampir sebagian besar negara-negara di dunia memiliki permasalah tentang kualitas penduduknya. Tak terkecuali Indonesia. Indonesia masih memiliki banyak sekali pekerjaan rumah yang harus diselesaikan terkait dengan kualitas penduduk Indonesia. Dari ketiga kriteria kualitas penduduk mungkin belum ada yang menjadi sektor yang bisa dibanggakan.


Selama ini pemerintah juga sudah berupaya untuk meningkatkan kualitas penduduk indonesia. Kebijakan-kebijakan terkait dengan sektor kualitas penduduk baik pendidikan, kesehatan, maupun pendapatan penduduk sebenarnya sudah diatur oleh pemerintah. Namun, jika dibandingkan dengan negara tetangga terdekat kita, Malaysia mungkin, Indonesia masih dikatakan tertinggal. Maka, perlunya kesadaran dan peran dari segala lapisan negara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Adapun kualitas penduduk di Indonesia, sebagai berikut :


  1. Tingkat Kesehatan masih Rendah

  2. Salah satu sektor penentu kualitas penduduk adalah kesehatan. Jika kesehatan suatu negara baik, maka kualitas penduduknya bisa dibilang bagus. Hal tersebut berkaitan dengam tingkat kematian negara tersebut. Jika tingkat kesehatan rendah, maka kematian penduduk akan banyak terjadi, sehingga menjadikan negara tersebut memiliki kualitas kesehatan yang rendah.

    Kualitas kesehatan dalam suatu negara dapat diindikasikan dari berbagai sisi. Indikasi yang dimaksud antara lain angka kematian bayi, angka kematian ibu melahirkan, ketercukupan gizi makanan, dan usia harapa hidup.

    Kualitas kesehatan yang rendah akan menimbulkan dampak buruk bagi negara. Sebab akan terjadi pengurangan tenaga kerja di dalam negara tersebut secara signifikan. Banyaknya kekhawatiran mengenai kehidupan masyarakat yang terancam akan adanya kematian. Maka, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan penduduknya, diantarnya :

    • Kerjasama Internasional dengan WHO (Badan Kesehatan Dunia)
    • Saat ini Indonesia sudah bekerjasama dengan Badan Kesehatan di bawah naungan PBB, yakni WHO. Hasil dari kerjasama ini adalah standarisasi obat dan makanan, peningkatan gizi masyarakat, dan pelaksanaan pekan imunisasi nasional.

    • Peningkatan Kualitas Lingkungan
    • Lingkungan yang baik dan bersih menjadi salah faktor kesehatan masyarakat. Indonesia juga telah bekerjasama dengan Badan di bawah naungan PBB selain WHO, mengenai pembangunan, yaitu UNDP. Salah satu program dari kerjasama tersebut adalah Kompoong Improvement Programme (KIP). KIP adalah upaya untuk meningkatkan kualitas lingkungan kampung kota dengan tujuan lanjut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat penghuni.

    • Melengkapi Sarana dan Prasarana Kesehatan
    • Saat ini dunia medis sudah mengalami perkembangan di Indonesia. Sarana prasarana yang menunjang kesehatan masyarakat mulai diperhatikan. Sebut saja tenaga medis sampai ke pelosok, obat-obatan, alat kesehatan mudah didapatkan, bidan desa siap 24 jam, dll.

    • Mengadakan program pelayanan kesehatan masyarakat
    • Pelayanan kesehatan masyarakat sudah mulai di perhatikan di Indonesia. Mulai dari Askes (Asuransi Kesehatan) yang kini kita kenal dengan BPJS (Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial). Walaupun dalam perjalanannya, BPJS masih menjadi beban entah bagi masyarakat maupun penyedia layanan kesehatan.

  3. Kualitas Pendidikan masih Rendah

  4. Pendidikan menjadi salah satu sektor pendukung berkembangnya suatu negara. Negara maju adalah negara yang didukung oleh orang-orang yang berilmu pengetahuan sesuai bidangnya. Semakin banyak penduduk yang berilmu pendidikan, maka dampaknya negara tersebut juga semakin baik dalam pengelolaannya.

    Pendidikan penduduk dalam suatu negara akan menunjang kemampuan memahami sebagai modal untuk menghadapi kemajuan zaman. Semakin tinggi pendidikannya akan semakin mudah penduduk untuk beradaptasi terhadap perkembangan zaman. Masyarakat senantiasa memiliki kreatifitas dan inovasi dalam segala hal, sehingga akan menambah produktifitas negaranya.


    Pemerintah Indonesia juga memiliki upaya-upaya untuk meningkatkan tingkat pendidikan masyarakatnya. Upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan, diantaranya :

    • Program wajib belajar 9 tahun
    • Mendorong kesadaran masyarakat mampu dan badan usaha untuk menjadi orang tua asuh bagi anak kurang mampu
    • Menyediakan berbagai beasiswa berprestasi
    • Memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
    • Membuka pendidikan nonformal dan kursus untuk menigkatkan skill masyarakat
    • Meningkatkan sarana prasarana pendidikan di berbagai pelosok negri

  5. Pendapatan per Kapita masih Rendah

  6. Sebelumnya, kamu sudah tahu apa itu pendapatan per kapita? Pendapatan per kapita adalah jumlah pendapatan kotor nasional dalam satu tahun dibagi jumlah penduduk di suatu negara. Sehingga, pendapatan per kapita yang tinggi akan mencerminkan kemakmuran negara tersebut.


    Di Indonesia sendiri memiliki pendapatan per kapita yang masih rendah. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) pendapatan per kapita negara Indonesia sebesar Rp 40.916.368,2 pada tahun 2018. Besaran tersebut naik 6,76 persen dari tahun sebelumnya.


    Dengan pendapatan per kapita yang kecil menggambarkan tingkat kehidupann masyarakat Indonesia masih didominasi masyarakat miskin atau prasejahtera dengan tingkat penghasilan yang relatif rendah. Dengan demikian, negara akan sulit melakukan pembangunan nasional, sebab negara tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membiayai pelaksanaan pembangunan. Sehingga, negara tidak akan bisa maju dari segala bidang.


    Meskipun berpendapatan kecil, pemerintah Indonesia telah mengupayakan kebijakan untuk mengatasi masalah tersebut. Adapun upaya pemerintah untuk mengatasi kualitas pendapatan per kapita, sebagai berikut :

    • Memberikan subsidi keluarga miskin
    • Memberikan keringanan biaya pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat kurang mampu
    • Meningkatkan standar upah buruh minimum kota
    • Memberikan pinjaman lunak serta pelatihan kepada pengusaha mikro dan pengusaha kecil
    • Melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana sosial

Bahasan Sebelumnya :

Bahasan Selanjutnya :
Keragaman Etnik Indonesia--->

Latihan Soal :
Latihan Ulangan BAB 1 --->

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment