Iklan Header

    Pelataran Candi Borobudur. Salah satu tujuan wisata di Indonesia yang harus kamu kunjungi dengan kekayaan sejarahnya adalah Candi Borobudur. Selain untuk berwisata, kamu juga bisa belajar banyak hal di sana.


    Beberapa waktu yang lalu, pihak pengelola Candi Borobudur melarang pengunjug untuk naik ke candi karena beberapa alasan. Alasan yang pertama, Erupsi Gunung Merapi yang mengakibatkan candi berdebu, akhirnya pihak pengelola fokus membersihkan candi dan melarang pengunjung naiknya.


    Terbaru, saat pandemi kemarin banyak pengunjung harus bersabar tidak bisa menaiki candi Borobudur karena aturan social distancing. Sebab jalan dan tangga yang ada di candi Borobudur yang sempit sehingga tidak memungkinkan melakukan jaga jarak. Maka pihak pengelola melarang pengunjung naik candi.


    Jika kamu mau berkunjung ke Borobudur, tapi tidak bisa menaiki tangga demi tangga di candinya, kamu bisa menikmati suasana di pelataran candi Borobudur. Kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur menawarkan beberapa hal menarik di pelatarannya.


    Mungkin banyak yang beranggapan bahwa mengunjungi Candi Borobudur akan terasa membosankan, karena hanya melihat-lihat bangunan saja. Jangan salah. Jika kamu berkunjung ke Candi Borobudur kamu juga bisa berekreasi di pelataran candi Borobudur lho.


    Pelataran Candi Borobudur menjadi tempat yang nyaman saat bercengkrama dengan keluarga. Kamu bisa membawa rombongan keluarga, pastinya ada harga tiket Borobudur dengan diskon tertentu.


    pelataran-candi-borobudur

    Apa saja yang bisa kita nikmati di Pelataran candi Borobudur?


    Pelataran candi Borobudur memiliki kawasan yang luas terbentang hijau. Ada beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di pelataran candi Borobudur. Berikut kegiatan yang bisa kamu lakukan :


    1. Menikmati Pemandangan Candi Borobudur


    Hal pertama yang bisa kamu lakukan ketika berada di pelataran candi Borobudur, tentu adalah melihat kemegahan candi Borobudur. Kamu bisa melihat dari kejauhan kebesaran dari candi di sana. Kamu bisa menggelar tikar di bawah pepohonan yang rindang sambil menikmati cemilan dan makanan kesukaannmu.


    gambar-candi-borobudur

    2. Menggambar dan Melukis


    Salah satu kegiatan yang sering terlihat di pelataran candi Borobudur adalah kegiatan menggamabar dan melukis candi Borobudur. Banyak sekali seniman dalam negeri bahkan luar negeri yang sering mengadakan acara melukis candi Borobudur.


    Jika kamu tidak bisa naik ke candi Borobudur, kamu bisa menggambarnya dari kejauhan sekaligus mengasah kemampuan lukismu di bawah pepohonan yang rindang. Kamu juga bisa membuat kompetisi melukis Candi Borobudur.


    3. Berfoto


    Salah satu tujuan turis berkunjung ke sebuah obyek wisata adalah untuk mengabadikan momen di lokasi tersebut. Jika kamu berkunjung ke Candi Borobudur kamu bisa dengan sepuas hati mengambil foto Candi Borobudur dari berbagai sudut pandang.


    gambar-candi-borobudur

    4. One Touch Relief Karmawibangga


    Salah satu inovasi baru pengembangan wisata di Borobudur adalah “One Touch”. Wisatawan yang tidak bisa naik ke Candi Borobudur dan hanya bisa dari pelataran candi, mereka bisa melihat dari handphone relief Karmawibangga.


    Relief Karmawibangga ini merupakan relief yang tertutup dan tidak banyak terpublikasikan. Menarik sekali, apalagi bagi kamu yang penasaran dengan sejarah dari candi Borobudur. Program ini bekerjasama dengan Balai Konservasi Borobudur dan ITB.


    5. Event Besar di Pelataran Candi Borobudur


    Sesekali pihak pengelola Candi Borobudur mengadakan acara kedaerahan yang bernuansa kesenian. Agenda-agenda seperti pameran fesyen, musik, tarian dan lain-lain menambah suasana kesakralan Candi Borobudur.


    6. Berkuda


    Jika kamu berada di kawasan Candi Borobudur kamu bisa memilih salah satu kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah berkuda. Jika kamu hobi berkuda, kamu bisa menaiki kuda di Plataran Borobudur Resort & Spa.


    7. Spa


    Ada banyak tempat yang menawarkan spa di Borobudur. Salah satu tempat yang terkenal adalah di Plataran Borobudur Resort & Spa. Kamu bisa menikmati suasana rileks sambil melihat pemandangan Candi Borobudur yang indah.


    8. Ibadah Umat Buddha


    Candi Borobudur merupakan candi bercorak Buddha terbesar bagi penganut agama Buddha. Maka tidak heran ketika peringatan acara Waisak, pelataran candi Borobudur penuh oleh umat Buddha yang akan menjalankan ibadah mereka.


    Demikian beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di Pelataran Candi Borobudur. Meskipun tidak naik ke candi Borobudur langsung untuk melihat relief dan stupa secara langsung. Kamu bisa melakukan hal-hal menarik di Pelataran Candi Borobodur.

    Post a Comment