Iklan Header

    Sebagai seorang pemula terkadang kita masih minder dengan para bisnisman-bisnisman yang kadung terkenal dan sukses. Namun, perlu kita yakini dalam hati adalah tidak ada seorang wirausaha sukses tanpa mengalami beribu kegagalan. Seorang bisnisman sukses pun pernah bahkan sering mengalami jatuh bangun usaha. Maka, jangan minder dengan kegagalan yang akan kita hadapi di depan kita nanti.


    Di masa-masa sulit seperti pandemi, banyak orang yang mengalami kesulitan ekonomi. Banyak karyawan yang kena PHK, banyak pelaku wirausaha yang bangkrut, hingga banyak juga yang kekurangan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.


    Saat ini seorang pelajar dan mahasiswa juga harus mulai mandiri dengan berusaha membuat bisnisnya sendiri. Bisa jadi jiwa wirausahwan akan terbentuk di usia mudamu. Tergantung niat, fokus, dan pantang menyerah dalam berbisnis. Berikut saya coba tuliskan beberapa ide bisnis yang bisa kamu lakukan baik sebagai pelajar, mahasiswa, pemula, bahkan ibu rumah tangga.


    ide-usaha

    Ide Bisnis


    Banyak orang yang bingung dengan perjalanan hidupnya, terutama saat ingin memenuhi kebutuhannya. Banyak orang yang semakin terhimpit dengan berbagai macam tuntutan ekonomi. Salah satu jawaban dari permasalahan ekonomi tersebut salah satunya dengan berbisnis.


    Bagi pemula atau pelajar yang baru lulus sekolah, banyak yang berkeinginan untuk memiliki sebuah bisnis untuk memenuhi kebutuhan di masa depannya. Ide bisnis bisa muncul dari berbagai hal, salah satunya dari kesempatan dan peluang yang ada di sekitar kita.


    Rahasia bisnis bisa berkembang adalah karena keseriusan dan semangat pantang menyerah serta konsisten dengan bisnis ada. Bagi kamu yang masih bingung mau bisnis apa? Berikut beberapa ide bisnis yang bisa kamu coba, seperti : cetak foto digital, studio foto, jasa video shooting-editing, penerbitan, digital printing, percetakan, agribisnis : sayur-mayur, ikan konsumsi, jasa antar jemput anak, sewa mobil, bengkel, dll.


    Ide Bisnis Online


    Di jaman serba online ini, bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan oleh pelaku binsis. Kamu bisa menggunakan kemudahan akses informasi dan komunikasi menjadi tempat promosi dan sarana transaksi.


    Maka dari itu, bisnis online juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Kamu bisa melihat pangsa pasar yang sesuai dengan bisnis yang kamu tuju dengan media sosial dan reserch di internet. Berikut beberapa ide bisnis online yang bisa kamu jadikan referensi usaha rumahan, seperti : desain web, aplikasi sistem informasi, pengembangan situs web, web store, dll.


    Ide Bisnis Online untuk Pelajar


    Bagi kamu yang masih berstatus pelajar, sebenarnya berbisnis juga bisa kamu lakukan. Jadi, bisnis ini tidak harus menunggu kita lulus sekolah dahulu baru memulai bisnis. Kamu bisa memulai usaha bahkan ketika kamu masih belajar di sekolah.


    Namun, bagi pelajar sendiri biasanya memang perlu waktu yang ekstra untuk mengembangkan bisnis. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu, antara waktu untuk sekolah atau belajar dengan waktu untuk berwirausaha. Kamu tinggal pilih saja ide usaha yang tidak memerlukan banyak waktu, tetapi juga bisa kamu kuasai.


    Ada beberapa ide usaha untuk para pelajar atau kamu yang baru selesai sekolah dan sedang menunggu mendaftar kuliah, yang bisa kamu lakukan. Berikut ide usaha bagi para pelajar yaitu desain grafis dan pengaaan naskah atau tulisan.


    Ide Bisnis Rumahan


    Bagi seorang ibu rumah tangga yang sering di rumah. Atau kamu yang sering menghabiskan waktu di rumah. Bisa banget kamu coba beberapa ide usaha rumahan.


    Usaha rumahan merupakan bisnis yang seorang usahawan kerjakan di pekarangan sekitar rumah saja. Kamu bisa membuat bisnis rumahan dari sesuatu yang kamu punyai. Atau usaha rumahan dari kemampuan/ skill yang kamu punya.


    Beberapa contoh bisnis rumahan yang bisa kamu pilih, seperti : reparasi komputer, membuat kursus memasak, katering, membuat kursus menjahit, pengecer baju, dan bertanam untuk dijual berupa tanaman-tanaman obat.


    Ide Bisnis Modal Kecil


    Sering sekali seorang pebisnis pemula bingung dengan persiapan modal untuk memulai sebuah usaha. Modal dalam berbisnis memang menjadi hal yang penting. Modal menjadi dasar dalam berbisnis. Namun, modal untuk berbisnis tidak selalu besar nominalnya.


    Kamu juga bisa memulai usaha dengan modal kecil. Meskipun dengan modal kecil, jika kamu konsisten dan fokus lama-lama akan menjadi besar dan berpenghasilan besar pula. Kamu hanya perlu fokus dan konsisten dengan bisnismu.


    Berikut beberapa ide bisnis dengan modal kecil seperti : membuka jasa penerjemah, cuci motor, cuci mobil, info jual beli properti, dll.


    Ide Bisnis Kreatif dan Unik


    Seorang pebisnis dan wirausaha memang sangat memerlukan pemikiran yang kreatif dan inovatif. Kreatif dalam mengembangkan usaha, kreatif dalam menciptakan peluang, kreatif pula dalam memunculkan produk-produk unik untuk dipasarkan. Bisnis kreatif dan unik adalah bisnis yang membutuhkan ide-ide segar dan murni pada seorang wirausaha untuk dituangkan ke dalam produk atau jasa untuk dijual kepada masyarakat.


    Apalagi dewasa ini, sudah banyak sekali bermunculan wirausahawan yang melahirkan bisnis kreatif dan unik, sehingga mengundang para konsumen untuk membeli atau menikmati jasanya. Sebagai seorang wirausaha kamu jangan pesimis dengan hal itu. Kamu bisa menunjukkan kepada dunia bahwa kamu juga memiliki kreativitas untuk mengalahkan mereka yang sudah terjun terlebih dahulu di bidang bisnis ini.


    Berikut beberapa ide usaha kreatif dan unik yang bisa kamu kembangkan, sepertii : jualan pernak-pernik anak, aksesoris wanita, handycraft dan souvenir, parcel, barang antik, cyber space, salon mobil plus, salon hewan peliharaan, dll.


    wirausaha

    Usaha Sampingan


    Semua orang bisa menjadi pebisnis. Seorang karyawan yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan utama bisa saja memiliki usaha sampingan. Bagi pelajar yang baru saja lulus sekolah dan sedang mencari kerja atau bahkan kuliah juga bisa memiliki usaha sampingan.


    Usaha sampingan merupakan usaha yang berjalan untuk menambah penghasilan seseorang di luar jam pekerjaan utama mereka. Jadi usaha sampingan bisa tetap berjalan oleh orang yang mau menyempatkan tetap bekerja atau berbisnis di luar pekerjaan utama.


    Banyak sekali ide mengenai usaha sampingan dalam rangka menambah penghasilan kamu. Ide usaha sampingan seperti jasa terima jahitan, loundry kiloan, membuat toko snack dan oleh-oleh, segala macam penyewaan, jasa pemotretan keliling, atau menyewakan bangunan dan tanah untuk usaha.


    Usaha Sampingan di Rumah


    Usaha sampingan bisa di mana saja, termasuk di rumah sendiri. Keuntungan memiliki usaha sampingan di rumah yaitu kamu bisa sering-sering mengontrol perjalanan bisnismu tanpa jauh-jauh ke luar rumah.


    Usaha sampingan rumahan juga menjadi salah satu pemasukan tambahan yang banyak diminati oleh pebisnis. Dengan memanfaatkan pekarangan rumah, garasi atau ruangan yang tidak terpakai dengan dijadikan tempat bisnis. Tempat bisnis ini memang memafaatkan space yang tidak terpakai di rumah kita.


    Namanya saja usaha rumahan, maka jenis bisnis yang diusahakan tidak memakan banyak tempat bermeter-meter. Kecuali jika di pekaranganmu memang luas, maka kamu bisa membuat gedung atau kantor tempat bisnismu dijalankan.


    Ada beberapa ide usaha bisnis rumahan yang bisa kamu lakukan, untuk sekedar mengisi waktu luang. Namun, yang harus dingat, walaupun bisnis berupa usaha sampingan di rumah, kamu juga harus serius dan fokus untuk menjalankannya. Beberap contoh ide usaha sampingan rumahan antara lain : Kos-Kosan, jasa pijat kesehatan, terima bordir dan sulam, sewa tanaman hias, dll.


    Ide Jualan


    Salah satu ide bisnis yang bisa kamu coba dan banyak wirausahawan yang mencoba adalah berdagang atau jualan. Jualan menjadi salah satu sumber penghasilan yang tidak sedikit hasilnya. Bahkan hanya dengan berjualan bisa menjadi penghasilan utama bagi seorang usahawan.


    Bahkan dalam Islam, berdagang menjadi sumber pendapatan dan rezeki yang paling banyak hasilnya. Maka tidak heran banyak orang yang sukses memilih banyak harta hanya dari berjualan. Kamu bisa berjualan barang apa saja. Namun, yang terpenting ketika ingin berjualan adalah target pasar yang dijadikan target jualan kita.


    Dalam berjualan, jangan sembarang menjual barang yang tidak ada pembelinya. Mentang-mentang barang tersebut mudah kita dapatkan, bukan berarti barang tersebut langsung kita jadikan barang jualan kita. Perlu sebuah riset pasar untuk mengetahui pangsa pasar dan peluang barang dagangan kita laku dan dibutuhkan masyarakat.


    Berikut beberapa ide jualan yang bisa dijadikan referensi, seperti : garage sale, jualan buku bekas, apotek, distributor dan supplier barang, berdagang dengan kredit, dll.


    Ide Jualan Online


    Saat ini, dalam melakukan jual beli tidak selalu secara konvensional atau bertemu secara langsung antar penjual dengan pembeli. Mungkin dulu memang harus bertemu antara penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Namun, saat ini dunia sudah mengalami globalisasi. Semua serba online.


    Pasar online saat memberikan keuntungan yang luas bagi seorang pedagang. Sebab, jangkauan pasar untuk barang dagangan bisa menjangkau ke lain daerah yang sangat luas. Tidak hanya sebatas daerah sekitar saja, dengan menerapkan penjualan online kamu bisa menjangkau antar provinsi, negara, bahkan lingkup dunia. Jadi jualan online bisa menjadi alternatif jualan selain ketemu langsung.


    Sama halnya dengan ide jualan, jualan secara online juga menjual barang-barang yang bisa dikirim ke berbagai daerah. Hal yang perlu diingat adalah barang yang kita jual harus awet (tidak mudah basi) dan mudah dalam proses pengirimannya. Jangan sampai kita menjual jenis makanan cepat basi, tapi dikirim ke negara lain dalam beberapa minggu atau bulan. Bisnis tersebut pasti tidak akan jalan.


    Nah untuk jualan online ini, kamu bisa menjual barang apa saja, asalkan memiliki pangsa pasar yang jelas. Beberapa ide usaha jualan online seperti jualan busana muslim, daster, makanan kering, produk kecantikan, pakaian pria dan wanita, sepatu, gadget, dan tas wanita.

    Post a Comment