Iklan Header

Tembaga. Salah satu hasil tambang di Indonesia yaitu tembaga. Tembaga adalah salah satu bahan yang bisa mengkonduksi panas dan listrik dengan sangat baik.


Unsur tembaga sering kita lihat pada peralatan listrik dalam kabel. Tembaga / kabel menjadi konduktor listrik yang sering kita manfaatkan sehari-hari. Sifat tembaga yaitu cenderung tidak reaktif, sehingga tahan terhadap korosi.


Tembaga rumus kimianya adalah Cu dari bahasa Latin Cuprum, dengan nomor atom 29. Senyawa tembaga memiliki massa atom 63,546 u dan titik peleburan tembaga sebesar 1.085o Celcius. Sedangkan kepadatannya 8,96 g/cm3.


Logam pertama yang manusia temukan adalah tembaga ini. Pemanfaatannya juga menjadi unsur kimia yang awal-awal sekitar tahun 8.000 sebelum masehi. Bahkan sampai saat ini pemanfaatan tembaga menjadi yang terbanyak ketiga di dunia, setelah besi dan alumunium.


gambar-tembaga

Tembaga itu dari Apa?


Bentuk tembaga bisa kita temuka pada lapisan kulit bumi. Berbagai bentuk penambangan tembaga berbentuk seperti dari sulfida, karbonat, silikat, hingga dari bentuk tembaga murni. Penambangan tembaga biasanya untuk pengekstrakan menjadi bentuk lain.


Tembaga disintesis pada bintang masif. Letaknya berada di kerak bumi dengan konsentrasi 50 bagian per juta (ppm). Selain itu, bentuk tembaga juga bisa berbentuk native atau mineral berbentuk tembaga sulfida kalkopirit dan kalkosit. Ada juga bentuk tembaga karbonat azurite dan malasit serta mineral tembaga (I) oksida kuprit.


Tembaga terbuat dari bijih senyawa sulfida, unsur kimia ini jarang berbentuk oksida maupun karbonat.


Baca Juga : Tambang di Indonesia

Peleburan Tembaga


Peleburan tembaga adalah proses menguraikan logam tembaga dari unsur batu yang mengikutinya. Cara peleburan tembaga adalah dengan melelehkannya. Pada saat penambangan tembaga, biasanya tercampur atau melekat dengan batuan. Kombinasi tembaga dan batu ini kita sebut dengan bijih.


Supaya tembaga bisa kita manfaatkan, maka tembaga harus kita pisahkan dari berbagai unsur senyawa lain. Langkah pertama setelah penambangan bijih adalah dengan penggilingan bijih menjadi bubuk.


Selanjutnya, kita lakukan pemrosesan bubuk yang sudah jadi dengan bahan kimia dan udara untuk memisahkan bahan-bahan selain unsur tembaga murni. Maka, kita sudah mendapatkan tembaga murni yang siap termanfaatkan.


gambar-tembaga


Bentuk Tembaga


Tembaga memiliki berbagai bentuk. Tembaga murni berbentuk kristal halus dan lunak, serta memiliki permukaan berwarna jingga kemerahan. Bentuk lainnya, tembaga bisa berbentuk perunggu dengan cara mencampurnya dengan timah.


Beberapa bentuk tembaga di pasaran antara lain :


1. Tembaga Sulfat


Tembaga sulfat atau bernama cupri sulfat adalah senyawa kimia yang berupa gabungan tembaga dengan sulfat. Senyawa ini memiliki rumus molekul CuSO4. Bentuknya berbeda-beda tergantung kederajatan hidrasinya. Bentuk anhidrat senyawa ini berbentuk bubuk hijau pucat atau abu-abu putih. Sedangkan bentuk pentahidratnya memiliki warna biru terang.


2. Tembaga Kupas


Tembaga kupas adalah tembaga yang belum terkelupas dari bungkus kabelnya. Banyak yang menyebut tembaga kupas sebagai tembaga lidi. Harga tembaga kupas atau tembaga lidi ini berkisar antara ratusan ribu per kilogramnya, tergantung bagaimana kondisi barannya.


3. Tembaga Lembaran


Tembaga lembaran adalah tembaga yang berbentuk lembaran plat. Bentuk tembaga lembaran memiliki warna merah metalik.


4. Lempengan Tembaga


Lempengan tembaga adalah tembaga yang berbentuk lempengan dengan panjang dan lebar tertentu. Biasanya tembaga lempengan ini bermanfaat untuk kegiatan laboratorium. Selain itu, bentuk tembaga ini juga berguna untuk membuat baterai alami dari kentang.


Tembaga Digunakan untuk Apa Saja?


Setelah membaca keterangan-keterang di atas. Tahukan kamu apa saja manfaat dari tembaga? Tembaga memiliki beberapa manfaat untuk kebutuhan manusia. Salah satu manfaat tembaga adalah untuk bahan dalam kegiatan industri. Apa manfaat tembaga dalam industri?


Bahan tembaga memang sering bermanfaat dalam kegiatan industri. Karena sifatnya sebagai bahan konduktor listrik dan panas yang mudah penempaannya. Sehingga, kegunaan tembaga yang paling banyak adalah untuk keperluan industri pembuatan barang-barang yang memiliki hubungan dengan listrik dan panas.

Selain itu, kegunaan tembaga antara lain :

  1. Konstruksi bangunan,
  2. Kabel listrik,
  3. Kendaraan bermotor dan mesin,
  4. Pagar dan gagang pintu,
  5. Alat untuk pemurnian air, dll.

Baca Juga : Tambang Timah

Tambang di Indonesia Bijih Besi

Post a Comment