Iklan Header

Kegunaan timah. Timah menjadi salah satu unsur kimia yang sering kita temui. Mungkin kita tidak menyadari bahwa benda-benda di sekeliling kita ternyata mengandung timah. Kamu tahu apa saja?


Timah ternyata bisa kita olah menjadi beberapa kegunaan. Sebagai contoh lapisan timah pada kemasan kaleng sarden. Selain itu bisa juga untuk kemasan obat-obatan. JIka gigimu ada yang bolong, timah bisa menjadi bahan untuk membuat gigi palsumu lho. Ada pula pasta gigi yang tercampuri dengan timah.


Dalam unsur kimia lambang timah putih adalah Sn (latin : stannum) nomor atom 50, dan Pb untuk lambang timah hitam dengan nomor atom 82.


gambar-timah

Timah itu Terbuat dari Apa?


Timah terbuat dari berbagai bijih, terutama dari Cassiterite (SnO2). Reduksi bijih oksida dengan batubara dalam tungku menghasilkan logam timah. Setelah terbentuk timah, logam ini tidak mudah lagi teroksidasi dan tahan terhadap korosi. Hal tersebut karena terbentuknya lapisan oksida timah yang menghambat proses oksidasi lebih lanjut.


Baca Juga : Tambang di Indonesia

Daerah Penghasil Timah


Salah satu negara penghasil timah dunia adalah Indonesia. Jika kita telusur, kebanyakan daerah penghasil timah di Indonesia mayoritas di pulau sebelah timur Sumatra. Mulai dari Pulau Kundur di utara, Pulau Singkep, Pulau Bangka, hingga Pulau Belitung.


Kenapa deretan pulau di timur Sumatra memiliki timah? Hal tersebut berkaitan dengan sejarah geologi di sana. Tidak hanya di timur pulau Sumatra, Indonesia saja, jalur timah juga membentang ke Semenanjung Malaysia, Thailand, hingga ke negara Malaysia.


Jalur timah tersebut sering kita sebut dengan Jalur Timah Asia Tenggara (Southeast Asian Tin Belt). Panjang jalur timah ini sekitar 2.800 km dengan lebar mencapai 400 km. Pada jalur timah ini, ada yang memperkirakan memiliki cadangan timah sebesar 9,6 juto ton atau penyumbang timah 54% kebutuhan dunia.


Penyebab terbentuknya jalur timah di Indonesia karena tumbukan antara Lempeng Sibumasu dengan Lempeng Indochina. Proses penumbuhan kedua lempeng tersebut menyebabkan pengkayaan timah di Indonesia.


Baca Juga : Tambang Minyak Bumi

Indonesia Kaya Tambang Timah


Kok bisa Indonesia kaya timah? Begini prosesnya terbentuknya sumber daya alam timah di Indonesia :

  1. Tumbukan lempeng Sibumasu dan Indochina menghasilkan magma bersifat asam (silika tinggi lebih dari 65%)
  2. Kemudian, magma tersebut menerobos dan membeku menjadi batu granit,
  3. Selama penerobosan tersebut banyak merubah komposisi batuan sekitar, sehingga terbentuk endapan mineral yang kaya akan timah.

Jadi, batu granit bisa menjadi penanda terdapat tambang timah di daerah tersebut. Jika kamu pernah pergi ke Kepulauan Bangka – Belitung dan Kepulauan Riau, kamu akan melihat bukit-bukit batuan granit. Atau jika kamu pernah melihat film laskar pelangi, di sana terdapat batu granit besar tersebar di pinggiran pantai. Hal tersebut menandakan adanya tambang timah yang besar.


Indonesia sendiri merupakan negara penghasil timah terbesar kedua di dunia. Tambang timah terbesar pertama adalah negara China. Total produksi timah Indonesia mencapai 52.000 ton dengan cadangannya mencapai 800.000 ton, sekitar 17% dari total cadangan timah di seluruh dunia.


Kegunaan Timah


Kegunaan timah bagi manusia sangat banyak. Bahkan tanpa kita sadari barang-barang di sekitar kita terdapat unsur timahnya. Berikut beberapa kegunaan timah bagi manusia :

  1. Sebagai logam pelapis pencegah korosi pada logam lain seperti baja
  2. Sebagai produk alumunium foil
  3. Bahan utama penyambung logam dengan timah solder
  4. Bisa menjadi magnet konduksi
  5. Komponen pembuatan gigi palsu
  6. Hiasan dekorasi, dll.

gambar-timah

Bentuk Timah


Pertama penemuan, tambang timah memiliki bentuk endapan timah. Endapan timah ini memiliki 2 tipe, yaitu endapan biji timah primer dan sekunder. Endapan biji timah primer adalah endapan biji timah yang maish berada di batuan pembawa timah. Sedangkan endapan biji timah sekunder sudah terlepas dari batuan pembawa timah.


Pembentukan endapan timah primer, terbentuk pada saat-saat akhir pembentukan batuan, yaitu pada suhu 400 hingga 800 derajat celcius. Pada kondisi tersebut magma banyak mengandung gas sebagai larutan sisa, seperti senyawa SnF4.


Senyawa SnF4 tersebut kemudian bereaksi dengan air (H2O) sehingga membentuk senyawa SnO2 (Casiterite) dan HF. Mineral kasiterite inilah yang membawa endapan timah primer di Indonesia.


Kenapa endapan timah bisa muncul di permukaan tanah? Hal tersebut karena proses tektonik bumi yang mengangkat batuan-batuan granit yang mengandung endapan timah ke permukaan bumi.


Awalnya pembentukan batuan granit dan endapan timah ini memang berada jauh di bawah tanah dekat aktivitas magma. Setelah itu terjadi proses tektonik pengangkatan tanah yang menyebabkan batu granit beserta timah naik ke atas permukaan tanah.


Setelah batu granit dan endapan timah primer muncul ke permukaan, terjadi proses pelapukan, erosi, transportasi dan sedimentasi yang akhirnya menghasilkan endapan timah sekunder.


Baca Juga : Tambang Gas Bumi

Timah Hitam


Timah hitam sebutan lainnya Timbal atau Timbel merupakan unsur kimia yang berbeda dengan timah putih. Timbal memiliki sifat yang lunak, mudah kita tempa, dan bertitik lebur rendah. Lambang timah hitam adalah PB, maka banyak yang menyebutnya timah PB.


Timah hitam PB bisa berbentuk lembaran. Timah hitam lembaran bisa kita pergunakan untuk beberapa manfaat seperti melapisi dinding dari radiasi sinar X-ray di rumah sakit sebagai perlindungan. Selain timah hitam lembaran ada juga timah hitam batangan.


Baca Juga : Tambang Belerang

Harga Timah


Harga timah dunia saat ini masih berpatokan dari LME. Apa itu LME? LME singkatan dari London Metal Exchange atau London Metal Market and Exchange Company. LME adalah perusahaan yang biasanya menjadi patokan pemberlakukan harga dunai dalam melakukan perdagangan di sektor pertambangan.


Jika kamu ingin mengetahui harga timah timah kamu bisa cek di website LME atau searching di google dengan kata kunci timah lme, harga timah dunia lme hari ini, harga timah, dan kata kunci semisalnya. Kamu bisa mengetahui harga timah hitam PB atau timah putih per kg.


Jika kamu pelaku usaha yang berkaitan dengan timah maka kamu harus sering-sering mengecek harga timah berdasarkan LME untuk mengetahui perkembangan harga timah dunia LME hari ini.


Baca Juga : Tambang Batubara

PT TIMAH Tambang Apa?


PT TIMAH (Persero) Tbk adalah produsen dan eksportir yang menambang logam timah. Segmen usaha yang mereka lakukan adalah usaha penambangan timah terintegrasi, mulai dari kegiatan eksplorasi, penambangan, pengolahan hingga pemasarannya.


Ada yang bertanya PT TIMAH sektor apa? Sektor yang PT TIMAH lakukan antara lain bergerak di bidang usaha pertambangan, industri, perdagangan, transportasi dan jasa terkait usaha pertambangan.


PT TIMAH Tbk termasuk badan hukum berupa Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dahulu perusahaan ini bernama PT Tambang Timah yang berdiri pada tanggal 2 Agustus 1976 dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1995.


Tonton juga video penambangan timah berikut ini :



Tambang Gas Bumi

Post a Comment