Iklan Header

    Minyak bumi. Sebutan lainnya adalah minyak mentah atau petroleum atau bisa juga emas hitam yaitu cairan kental berwarna coklat pekat gelap. Minyak bumi memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia.


    Tahukan kamu bahwa minyak bumi berasal dari organisme yang pernah hidup jutaan tahun lalu? Minyak bumi yang kita konsumsi saat ini merupakan hasil dari proses yang panjang. Maka nIkmat manakah yang kamu dustakan? Harus kita syukuri nikmat minyak bumi ini.


    Komponen-komponen minyak bumi atau istilahnya fraksi minyak bumi terdiri atas beberapa fraksi. Fraksi-fraksi minyak bumi hasil penyulingan berdasarkan kenaikan titik didihnya yaitu fraksi gas, petroleum eter, bensin, nafta, minyak tanah, solar, minyak bakar, pelumas, lilin dan residu berupa aspal.


    gambar-minyak-bumi

    Pengertian Minyak Bumi


    Secara umum, pengertian minyak bumi adalah cairan kental berup hidrokarbon yang mudah terbakar. Warna dari cairan ini adalah coklat pekat atau gelap atau kehijauan. Kita bisa menemukan minyak bumi di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi.


    Ada yang menyebut minyak bumi sebagai emas hitam. Karena bahan ini sangat berharga untuk keperluan manusia. Apalagi saat ini minyak bumi menjadi kebutuhan harian bagi sebagian besar masyarakat.


    Minyak bumi menjadi sumber daya alam yang tidak dapat kita perbaruhi. Sebab pembentukan minyak mentah ini memerlukan waktu yang sangat lama, hingga jutaan tahun lamanya untuk terbentuk minyak ini. Maka, kita harus menghemat persediaan minyak bumi dunia untuk generasi anak cucu kita mendatang.


    Sebutan lain minyak bumi adalah petroleum. Bahan ini merupakan bahan bakar fosil yang menjadi bahan baku seperti bahan bakar minyak, bensin dan banyak produk-produk kimia lainnya.


    Baca Juga : Tambang di Indonesia

    Minyak Bumi Berasal Dari Apa?


    Banyak yang masih belum tahu dari mana asal minyak bumi. Minyak bumi berasal dari pelapukan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati jutaan tahun yang lalu. Sebenarnya, hasil bentukan dari pelapukan sisa makhluk hidup ini ada beberapa bentuk seperti gas alam, batu bara dan minyak bumi itu sendiri.


    Bahan bakar fosil berbentuk gas kita sebut gas alam atau gas bumi. Jika berbentuk batu hitam hasil tekanan dan suhu tinggi yang mudah terbakar kita sebut batu bara. Sedangkan yang berbentuk cairan kental berwarna gelap kita sebut dengan minyak bumi.


    Bahan bakar fosil, khususnya minyak dan gas bumi bisa meresap ke lapisan tanah dan biasanya terkonsentrasi di lapisan yang kedap air (lapisan tanah yang tidak bisa meloloskan air). Kita bisa mengetahui lapisan tanah yang mengandung minyak dan gas dengan penelitian lebih lanjut. Setelah kita ketahui letaknya, maka bisa kita tambang bahan bakar fosil tersebut.


    Kamu bisa memahami pembentukan minyak bumi dan gas alam dengan melihat video berikut ini :



    Minyak Bumi Jadi Apa Aja?


    Pengolahan minyak bumi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia sangatlah beragam. Ada beberapa olahan minyak bumi yang kita manfaatkan sehari-hari. Berikut contoh minyak bumi tersebut :

    1. Aspal

    2. Aspal adalah bahan hidrokarbon berwarna hitam kecoklatan yang memiliki sifat melekat (adhesive), tahan terhadap air, dan viskoelastis. Aspal menjadi salah satu hal penting dalam pembangunan jalan.


    3. Bensin (Petrol)

    4. Bensin merupakan olahan minyak bumi yang tersusun dari hidrokarbon rantai lurus, mulai dari C7 hingga C11. Bensin menjadi salah satu jenis bahan bakar minyak untuk menggerakkan kendaraan bermotor roda dua, tiga, dan empat. Komponen utama bensin adalah heptana dan oktana.


    5. Solar

    6. Solar sebenarnya memiliki fungsi seperti bensin, namun memiliki beberapa perbedaan. Solar adalah bahan bakar diesel yang kualitasnya paling rendah di bawah Dexlite dan Pertamina Dex. Minyak solar berupa bahan bakar jenis destilat berwarna kuning kecoklatan jernih.


    7. LPG (Elpiji)

    8. LPG atau Elpiji adalah gas minyak cair yang mudah terbakar olahan dari minyak bumi. Elpiji ini terdiri dari gas hidrokarbon, paling sering propana, butane, dan propilena. Gas ini bisa kita rubah bentuknya menjadi cair dengan cara menambah tekanan dan menurunkan suhunya. LPG menjadi bahan bakar keperluan dapur sering saat ini sering kita gunakan.


    9. Minyak tanah (Kerosene)

    10. Minyak tanah adalah olahan minyak bumi berupa cairan hidrokarbon yang tidak berwarna dan mudah terbakar. Minyak ini kita dapatkan dengan cara distilasi fraksional dari petroleum pada suhu 150 C dan 275 C. Dulu kegunaan minyak tanah adalah untuk keperluan memasak dengan kompor minyak tanah. Namun saat ini kegunaan minyak tanah adalah untuk bahan bakar mesin jet.


    11. Parafin

    12. Parafin adalah salah satu fraksi minyak bumi yang berfungsi untuk bahan dasar untuk membuat avtur atau bahan bakar untuk pesawat terbang jet. Parafin merupakan campuran lilin yang bisa kita gunakan untuk membentuk lilin sebagai bahan bakar lilin.


    13. Avgas (Aviation Gasoline)

    14. Avgas atau bensin penerbangan (bensol) adalah hasil olahan minyak bumi sebagai bahan bakar penerbangan untuk pesawat mesin piston. Campuran avgas yaitu minyak tanah dengan hidrokarbon cair kisaran 32 hingga 220 derajat Celsius. Harga avgas berkisar Rp 25.000 per liter.


    15. Aviator Turbine (Avtur)

    16. Jet A-1 atau Avtur adalah bahan bakar jet atau pesawat terbang yang bermesin turbin gas (external combution). Warna dari avtur adalah cerah sampai kekuningan. Jadi, berbeda dengan avgas sebagai bahan bakar pesawat bermesin piston.

    Demikian contoh minyak bumi yang sering kita temui untuk kegiatan sehari-hari manusia. Jadi kita bisa paham sebenarnya minyak bumi itu contoh penggunaannya seperti apa saja.


    gambar-minyak-bumi

    Baca Juga : Tambang Batubara

    Apakah Manfaat dari Minyak Bumi?


    Manfaatnya minyak bumi bagi manusia sangatlah banyak. Tanpa minyak bumi mungkin kita tidak bisa menjalankan alat transportasi yang kita punyai seperti sepeda motor, mobil, bus, truk, hingga pesawat. Berbagai manfaat minyak bumi bagi kehidupan manusia sebagai berikut :


    1. Sebagai bahan bakar kendaraan
    2. Bahan baku Gas LPG
    3. Bahan pembuat karet dan plastik
    4. Pembuatan kerosin (minyak tanah)
    5. Sebagai pelumas
    6. Pembentuk bahan bakar diesel
    7. Kontruksi
    8. Industri petrokimia
    9. Sumber produksi polimer
    10. Pestisida untuk tanaman

    gambar-minyak-bumi

    Baca Juga : Tambang Belerang

    Harga Minyak Bumi


    Harga minyak bumi hari ini sangat terpengaruh dengan peristiwa penting di dunia. Peristiwa perang, larangan ekspor negara penghasil minyak bumi, dan larang impor pada negera-negara tertentu sangat mempengaruhi harga minya bumi hari ini.


    Beberapa negara penghasil minyak bumi dunia sangat berperan dalam menentukan harga minyak bumi. Sebagai contoh negara Arab Saudi yang menaikkan harga minyak bumi. Organisasi yang menaungi negara-negara penghasil minyak bumi dunia yaitu OPEC juga sangat berperan mengontrol harga minyak bumi dunia.


    Baca Juga : Tambang Gas Alam

    Post a Comment