Iklan Header

Kegunaan belerang. Belerang adalah salah satu mineral yang sering kita temui di daerah gunung berapi aktif. Unsur kimia ini juga biasa kita sebut dengan istilah sulfur.


Dalam tabel periodik unsur kimia, belerang atau sulfur memiliki lambang “S” dan nomor atom 16. Sumber daya ini termasuk unsur non-logam yang tidak berasa. Bentuk asli dari belerang adalah zat padat kristalin kuning. Rumus kimia belerang adalah S.


Salah satu hasil olahan dari belerang adalah asam sulfat (h2so4). Asam sulfat adalah bahan kimia yang sering terpakai dan merupakan produk teknik yang amat penting. H2SO4 berbentuk cair dengan sifat korosif (merusak), tidak berwarna, tidak berbau, sangat reaktif, dan mampu melarutkan berbagai logam.


gambar-belerang

Apa yang Dimaksud dengan Belerang?


Belerang adalah unsur yang berasal dari daerah gunung berapi. Jika kamu pergi ke gunung berapi terdapat unsur belerang yang secara alami kamu dapat menemuinya sebagai unsur murni atau mineral.


Penggunaan belerang secara umum banyak kita temui di keseharian kita lho. Sebagai contoh penggunaan belerang adalah pupuk, bubuk mesiu, korek api, insektisida, dan fungisida.


Sumber daya belerang banyak yang termanfaatkan untuk bahan baku pembuatan asam sulfat (h2so4). Sedangkan asam sulfat sendiri memiliki banyak manfaat, salah satunya bahan kimia pada industri tekstil, produk kimia dan bahan peledak.


Baca Juga : Tambang Batubara

Apa Saja Manfaat dari Belerang?


Belerang atau sulfur memiliki kegunaan yang sangat banyak di kehidupan manusia. Kegunaan belerang sangat banyak, berikut beberapa manfaat belerang bagi manusia :


1. Pembuatan Natrium Tiosulfat


Pemrosesan unsur belerang murni dengan tambahan senyawa natrium akan menghasilkan natrium tiosulfat. Produksi bahan natrium tiosulfat ini banyak kita temui untuk beberapa industri seperti industri pupuk pertanian, bahan kimia dan produk tekstil.


2. Produksi Asam Sulfat (H2SO4)


Cara memproduksi asam sulfat (h2so4) memanfaatkan oksigen dalam rangka pemberian lapisan pada tambang belerang. Bentuk tersebut bisa menjadi bahan khusus untuk berbagai manfaat bahan kimia seperti industri tekstil, produk kimia, dan bahan peledak.


3. Campuran Pembuatan Aspal


Kamu pasti tahu aspal yang setiap hari kamu lewati di jalan. Nah, salah satu bahan pembuatan aspal itu berasal dari belerang lho. Bahan aspal murni dari alam belum bisa menjadi jalan jika tidak kita tambahi unsur belerang. Sebab sifat belerang akan menjadikan aspal elastis, bersifat mengikat, dan meningkatkan kualitas aspal agar lebih awet dalam penerapan jalan raya.


4. Bahan Utama dalam Pembuatan Disinfektan


Produk disinfaktan bisa kita dapatkan dengan menambahkan senyawa natrium dan asam pada belerang sehingga menjadi pupuk cair. Manfaat dari pupuk cair tentu untuk keperluan pertanian. Olah ini bisa mencegah hama penyakit dan kerusakan pada tanaman. Bahan ini juga bisa menyuburkan tanaman.


5. Produksi Pupuk


Pembuatan pupuk dari belerang membutuhkan proses yang perlu kita lakukan. Belerang harus kita jadikan asam sulfat (h2so4) terlebih dahulu dengan pembakaran khusus. Setelah itu baru bisa kita gunakan untuk beberapa jenis pupuk pertanian seperti ammonium sulfat dan fosfat.Pemanfaatan ini sebagaimana manfaat batubara sebagai bahan tambang dalam industri pupuk.


6. Belerang Untuk Wajah


Salah satu manfaat belerang yang banyak orang cari adalah belerang untuk wajah, terutama masalah jerawat. Belerang mengandung anti bakteri yang bisa menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Tidak hanya itu, kegunaan belerang untuk wajah juga dapat memulihkan bagian kulit bekas jerawat.


7. Obat Untuk Panu


Selain untuk wajah, belerang juga bisa kita gunakan untuk menyembuhkan penyakit panu, kudis dan kurap. Kamu bisa mengikuti cara mengobati kudis dengan belerang di keterangan bawah ini.


8. Belerang Sebagai Obat Gatal


Sama halnya dengan panu, yang menyebabkan gatal. Belerang bisa meredakan bahkan menghilangkan gejala gatal-gatal. Jika kamu mengalami gatal-gatal kamu bisa berendam di air belerang. Sebab belerang memiliki sifat yang panas dan memiliki kandungan anti bakteri yang dapat menghilangkan kuman serta jamur. Sehingga dengan belerang bakteri penyebab gatal bisa sembuh secara efektif.


gambar-belerang

Bagaimana Cara Menggunakan Belerang?


Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan belerang. Tergantung tujuan penggunaannya untuk apa. Sifat belerang yang anti bakteri memiliki segudang manfaat seperti di atas. Lalu bagaimana cara menggunakan belerang? Berikut beberapa cara menggunakan belerang :


Cara Mengobati Kudis dan Gatal di Kulit dengan Racikan Belerang


  1. Salah satu cara mengobati gejala kudis adalah dengan menumbuk halus belerang.
  2. Setelah halus, campurkan belerang tersebut dengan air perasan jeruk nipis dan juga minyak kelapa.
  3. Jika sudah siap, kamu bisa oleskan racikan tadi pada bagian kulit yang terdapat panu, kudis, atau kurap.
  4. Cobalah mengoleskan racikan tersebut secara rutin 2-3 kali sehari sampai panu dan kudis menghilang.

Baca Juga : Tambang di Indonesia

Harga Belerang


Harga belerang di pasaran Indonesia sangat bervariasi. Kamu bisa cek di toko online karena harga belerang bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai gambaran saja harga belerang kuning bubuk berkisar Rp 8.000 - Rp 15.000 per 250 gram. Harga belerang 1 kg sekitar Rp 20.000 hingga Rp 35.000. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.


Dalam wujud minyak belerang, kamu bisa membeli harga minyak belerang sekitar Rp 50.000 per 100 ml. Kamu bisa dapatkan di berbagai toko online di internet. Secara manfaatnya juga hampir sama dengan belerang bubuk, hanya berbeda pada wujudnya saja.


Belerang kuning dalam wujud bongkahan juga bisa kamu dapatkan di toko-toko online. Harga yang patok untuk belerang kuning bongkahan sekitar Rp 20.000 per 250 gram.


gambar-belerang

Belerang bisa didapatkan dimana?


Jika kamu ingin mencari belerang di alam maka kamu bisa mencarinya di daerah gunung berapi. Kamu bisa datang langsung ke daerah gunung berapi, di sana pasti terdapat titik-titik yang menghasilkan belerang.


Jika kamu tidak mau repot-repot menambang sendiri belerang di gunung berapi, kamu bisa membeli belerang di apotik. Namun, tidak semua apotik menyediakan belerang. Ada yang menjual belerang, banyak juga yang tidak menjualnya. Jika kamu beli belerang di apotik, biasanya mereka menawarkan obat atau salep belerang yang sudah siap pakai.


Baca Juga : Tambang Gas Alam

Bahaya Belerang


Sebagai catatan, dalam penggunaan belerang supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Kamu harus tahu hal yang bisa membuat belerang berbahaya.


Sebenarnya belerang memilki unsur yang tidak beracun, akan tetapi banyak sekali turunan belerang sederhana seperti sulfur dioksida (SO2) dan hidrogen sulfida yang memiliki efek racun berbahaya.


Kita banyak menemukan bahan belerang umum di alam sebagai sulfida dan itu tidak berbahaya. Namun, unsur belerang bisa berbahaya ketika sudah melalui berbagai proses pengolahan dan penambahan unsur-unsur lain. Sebab, belerang bisa terikat dengan unsur lain sehingga menghasilkan senyawa yang berbahaya.


Lihat Juga Video Mengenai Tambang Belerang yang Ada di Kawah Ijen Berikut :


Post a Comment