Iklan Header

Rangkuman materi dan kumpulan soal UTBK SBMPTN SOSHUM. Seperti tahun – tahun sebelumnya, penerimaan mahasiswa baru untuk Perguruan Tinggi Negri menjadi jadwal rutin di awal tahun pembelajaran. Jika kamu belum tahu jadwalnya, kamu bisa cek terlebih dahulu jadwal UTBK SBMPTN.


Kampus – kampus berstatus Negeri masih menjadi tujuan dan favorit dari para siswa SMA / SMK yang lulus untuk melanjutkan jenjang kuliah. Sebab biasanya, selain karena pamor dengan status sosial di masyarakat yang dianggap tinggi, kampus negeri menawarkan biaya kuliah yang cenderung lebih murah dibandingkan dengan kampus swasta.


Maka dari itu, masih banyak calon mahasiswa yang mengikuti jalur – jalur untuk masuk ke kampus negeri tujuan masing – masing. Namun, jika kamu berminat untuk memasuki kampus negeri, kamu juga harus mampu berkompetisi dengan jutaan calon mahasiswa lain di seluruh penjuru negeri bahkan dari luar negeri.


Sebenarnya kamu tidak usah khawatir. Asalkan dengan tekad yang kuat, ikhtiar dan berdo’a kepada Allah SWT, maka tidak ada yang tidak mungkin. Kamu perlu lebih giat belajar dan lebih giat berdo’a dibandingkan dengan saingan kalian. Salah satu ikhtiar yang harus kalian lakukan adalah mempelajari soal – soal UTBK SBMPTN tahun – tahun sebelumnya.


utbk-sbmptn-soshum

Soshum


Jika kamu memiliki nilai yang bagus di jenjang SMA/ SMK, kamu sebenarnya bisa mengikuti jalur SNMPTN. Namun, ternyata banyak yang kurang percaya diri dengan nilainya. Maka, kamu bisa mengikuti ujian UTBK.


Ketika mengikuti Ujian UTBK kamu akan diberi kesempatan untuk mengikuti UTBK Saintek (IPA), UTBK Soshum (IPS), ataupun UTBK Campuran (IPA-IPS). Namun, dalam blog saya ini, kita akan lebih membahas tentang UTBK Soshum.


Soshum adalah kependekan dari Sosial dan Humaniora. Bagi kamu yang di SMA memilih jurusan IPS, sesuai jalurnya kamu mestinya memilih Ujian Soshum ini. Namun, jika kamu memilih Saintek atau Campuran pun sebenarnya bisa, akan tetapi tentu materi yang terujikan pastinya memberatkan kamu, secara kamu tidak mempelajarinya di jurusan IPS.


Materi UTBK Soshum


Daftar materi utbk soshum antara lain TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Jadi selain materi pelajaran kemampuan akademik yang kamu pelajari di jurusan IPS (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi), kamu juga akan mendapatkan ujian TPS (Tes Potensi Skolastik), dan Bahasa Inggris.


Contoh Soal UTBK Soshum


Soal utbk soshum menuntut kita menguasai materi akademik di sekolah menengah atas selama 3 tahun, dari kelas 10, kelas 11, hingga kelas 12. Materi yang teruji juga tidak jauh – jauh dari apa yang kita pelajari di jurusan IPS.


Soal sbmptn soshum menjadi salah satu kesempatan bagi siswa jurusan IPS untuk masuk ke jurusan Sosial dan Humaniora, seperti Ekonomi, Manajemen, Geografi, Sejarah, dan lain sebagainya. Soal – soal yang terujikan di UTBK harus kamu kuasai dengan cara sering mengerjakan soal bertipe Soshum dari soal tahun – tahun sebelumnya.


Berkut contoh soal sbmptn soshum 2020:


1. Sosiologi


Didesak oleh ketiadaan biaya untuk membeli obat ibunya yang sakit, Olga pun terpaksa mencuri. Malang, aksi Olga diketahui, ia pun menjadi bulan-bulanan massa dan digiring ke kantor polisi setempat. Berdasarkan sifatnya, penyimpangan yang dilakukan Olga tergolong dalam penyimpangan ....

(A) primer

(B) sekunder

(C) permisif

(D) positif

(E) negatif


Jawaban : B


2. Ekonomi


Permintaan markisa di Makasar ditunjukkan oleh persamaan 𝑄=80−2𝑃 penawarannya 𝑄=−120+8𝑃. Harga dan jumlah keseimbangan pasar markisa di Makasar masing–masing adalah

(A) 𝑃=20,𝑄=40

(B) 𝑃=200,𝑄=40

(C) 𝑃=2000,=40

(D) 𝑃=20000,𝑄=40

(E) 𝑃=200000,𝑄=40


Jawaban : A


3. Geografi


Leluhur orang Indonesia yang pertama dapat dipandang dari masyarakat ....

(A) Asia

(B) Brunei

(C) Malaysia

(D) Australia

(E) Austro-Melanesia


Jawaban : E


4. Sejarah


Dokumen yang berisi pengklaiman tanah Palestina oleh Yahudi Israel disebut ....

(A) Zionieme 1897

(B) The passcield white paper 1930

(C) White paper 1939

(D) Balfaor declaration 1917

(E) Peel commission 1937


Jawaban : D


5. Matematika Soshum


Di dalam kerucut dengan 𝑟=16 dan tinggi 15 akan dibuat sebuah tabung. Agar volume tabung maksimum, tinggi tabung tersebut haruslah ....

(A) 10

(B) 9

(C) 7,5

(D) 6

(E) 5


Jawaban : E


LEBIH BANYAK SOAL

Pembahasan Soal SBMPTN Soshum


Jika kamu sudah memiliki soal – soal sbmptn soshum, namun tidak mengetahui jawaban yang benar maka akan percuma. Maka kamu memerlukan latihan soal soshum dan pembahasan untuk membantumu belajar memecahkan soal-soal yang ada.


Pembahasan Soal SBMPTN Soshum sebenarnya juga bisa kamu pelajari di materi pelajaran di SMA jurusan IPS. Jika kamu sekolah SMA di jurusan IPS, kamu bisa membuka buku – buku pelajaran yang ada dari kelas 10 hingga kelas 12.


Try Out UTBK Soshum Gratis


Saat ini sangat banyak bimbingan belajar yang menyediakan fasilitas soal try out soshum. Bagi kamu yang memiliki uang saku lebih bisa memilih bimbingan belajar yang menyediakan try out soshum tersebut.


Namun, jika kamu tidak mempunyai uang lebih, kamu bisa mencari to gratis utbk yang ada di internet. Sebenarnya, hanya dengan mencari soal – soal UTBN SOSHUM dan pembahasannya saja, kamu sudah bisa belajar tanpa perlu mengikuti soal try out sbmptn soshum .


Try Out UTBK TPS Gratis


Seperti halnya tryout utbk gratis, kamu juga bisa mencari di internet soal – soal UTBK TPS SBMPTN di tahun – tahun sebelumnya. Kamu bisa mempelajari soal dan pembahasan. Saya rasa itu cukup sebagai membelajaran untuk memecahkan soal TPS. Namun, jika kamu kurang mantap dengan hanya mengandalkan belajar sendiri serta butuh tentor. Kamu bisa mencari try out UTBK TPS yang biasanya ada di bimbingan – bimbingan belajar di kota kamu.


Post a Comment