Iklan Header

Kali ini saya akan membahas jawaban dari soal SBMPTN 2018 SOSHUM Mapel Geografi yang sudah saya bagikan dulu. Pembahasan dari soal nomor 16 hingga 30. Pembahasan hanya secara sekilas dan singkat agar mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Jika ada kesalahan monggo kita diskusikan bersama-sama di kolom komentar. Silangkah dipelajari.

soal-dan-pembahasan-sbmptn-2018-soshum-mapel-ekonomi-akuntansi.html
Pembahasan Mapel Geografi

16. Penyebab terjadinya danau air asin seperti Danau Satonda di Bima, Nusa Tenggara Barat adalah ...

Jawaban : C. air laut yang terperangkap di dalam batuan

Pembahasan :
Danau Satonda sebenarnya adalah danau yang terbentuk disebabkan karena aktivitas vulkanik (aktivitas gunung berapi). Jadi, danau bisa terbentuk karena letusan gunung berapi. Letusan gunung berapi yang teramat besar bisa membuat daerah sekitarnya membentuk cekungan. Selain Satonda di NTB, contoh danau karena aktivitas vulkanik yang terkenal adalah Danau Toba.

Danau Satonda di NTB memiliki keunikan yang tidak sewajarnya. Biasanya danau apapun itu, entah danau vulkanik, danau gletser atau yang lainnya, air yang memenuhi danau tersebut bersifat tawar atau tidak asin. Namun, uniknya Danau Satonda memiliki air yang asin. Nah, para peneliti sepakat bahwa yang menyebabkan air di danau tersebut asin karena dahulu adanya air asin yang terperangkap di dalam batuan saat awal Danau Satonda terbentuk. Jadi, ada air asin di dalam batuan di Danau Satonda, ketika batuan di sana mengalami pelapukan atau hancur, maka air dengan kadar garam akan memenuhi danau tersebut. Maka, danaunya jadi asin deh.
17. Peningkatan gas rumah kaca (GRK) di atmosfer bumi berpengaruh terhadap peningkatan suhu udara permukaan bumi karena ...

Jawaban : A. menghambat radiasi bumi

Pembahasan :
Gas rumah kaca adalah istilah yang digunakan untuk kandungan atmosfer yang terlalu dipenuhi gas penghambat radiasi bumi. Jadi, planet Bumi menerima sinar dari matahari untuk kelangsungan makhluk hidup di Bumi. Dalam kondisi normal, atmosfer bumi bisa menyalurkan sinar matahari sampai ke daratan di permukaan Bumi. 

Sesuai sifatnya, sinar matahari yang mengenai suatu objek akan memantul kembali. Sehingga sinar matahari dari atas (atmosfer) sampai ke permukaan bumi, kemudian memantul kembali ke atas. Namun, dalam kondisi atmosfer Bumi yang dipenuhi polusi udara, maka sinar matahari yang seharusnya ke luar angkasa akan kembali lagi ke Bumi, dan begitu seterusnya. Sehingga suhu di Bumi akan semakin panas. Jadi, Gas Rumah Kaca (GRK) di atmosfer akan menghambat radiasi bumi.

18. Karakteristik fisik tanah yang dapat terjaga dengan adanya rotasi tanaman pada budidaya pertanian berkelanjutan adalah ...

Jawaban : B.  struktur tanah

Pembahasan :
Kamu pernah ke sawah? pernah melihat petani mencangkul? atau melihat alat traktor bekerja? Kenapa sawah bekas ditanamai tanaman tertentu harus dicangkul atau di bajak? Kalau kamu sudah pernah melihat tanah di sawah dicangkul/ dibajak, maka itulah awal dilakukannya rotasi tanaman. Rotasi tanaman maksudnya adalah membalikkan tanah bekas tanaman tertentu biasanya padi, supaya struktur tanah menjadi remah dan baik sehingga sirkulasi udara dan unsur hara tetap terjaga, kemudian di tanami jenis tanaman yang lain. Misalkan, setelah menanam padi, kemudian dibajak lalu ditanam jagung, lalu dibajak lagi setelah itu baru ditanami padi lagi.

19. Kekayaan ikan laut di Indonesia banyak hilang dicuri oleh nelayan asing karena ...

Jawaban : D. garis batas wilayah tidak jelas

Pembahasan :
Indonesia merupakan negara dengan banyak sekali pulau-pulau sehingga disebut negara kepulauan. Pulau-pulau tersebut tersebar dari Sabang hingga Merauke. Ukuran pulau pun beragam dari yang besar seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua, hingga pulau-pulau berukuran kecil. Dengan adanya banyak pulau ini, sehingga sedikit membingungkan garis batas wilayah Indonesia dan penentuan batas wilayah Indonesia tidak jelas.

20. Penduduk yang bertempat tinggal di wilayah perdesaan sekitar kota umumnya berprofesi sebagai pekerja komuter karena ...

Jawaban : A. terjangkaunya jarak tempuh

Pembahasan :
Pekerja komuter atau bahasa populernya penglaju adalah seseorang yang pergi ke kota untuk bekerja dan pulang setelah pekerjaan selesai. Profesi komuter biasanya berangkat pagi ke kota lalu pulang pada sore atau malam harinya ke desa asalnya. 

Saat ini, pekerjaan yang tersedia di desa cenderung kurang. Jika letak desa jauh dari kota, maka para pekerja tidak akan menglaju atau biasanya mencari kontrakan untuk singgah tidur dan istirahat tanpa harus pulang ke desa di hari yang sama karena jaraknya yang jauh. Namun, pada desa yang letaknya tidak jauh dari kota, kebanyakan pekerja akan menglaju (komuter) tanpa harus mengontrak karena jarak tempuuh yang terjangkau.

21. Identifikasi perbedaan bangunan sekolah dan hotel dapat dilakukan melalui interpretasi foto udara dengan menggunakan unsur ...

Jawaban : A. bentuk dan pola

Pembahasan :
Proses interpretasi adalah proses mengenali objek dari sebuah foto yang diambil dari atas (secara horisontal) dengan berbagai cara seperti mengenali bentuknya, polanya, ronanya, teksturnya, ukurannya, bayangannya, dan asosiasinya.

Kita bisa mengetahui suatu bangunan dengan cara interpretasi foto udara. Seperti bangunan sekolah yang berbentuk L atau U atau kotak, dan pola bangunan yang menyambung di setiap ujung bangunan, biasanya juga terlihat lapangan dan bendera di tengah-tengahnya.
Sedangkan untuk bangunan hotel berbentuk kotak atau persegi panjang berukuran besar, dan pola bangunan hotel biasanya banyak bangunan kecil di antara bangunan besar utama dan terdapat kolam renang.

22. Salah satu usaha yang perlu ditingkatkan oleh Pemerintah Indonesia agar dapat memenuhi kriteria sebagai negara maju adalah ...

Jawaban : C. perluasan lapangan kerja

Pembahasan :
Di dunia ini terdapat dua status negara dilihat dari kesejahteraan penduduk di dalamnya, yaitu status negara maju dan negara berkembang. Saat ini Indonesia masih menjadi negara berkembang. Nah, indikator yang dipakai dalam menentukan status suatu negara dikategorikan maju atau berkembang antara lain pendidikan, kesehatan dan pendapatan sektor jasa, perdagangan, industri. 

Kondisi negara Indonesia saat masih jauh dari status negara maju. Banyak sekali permasalahan-permasalahan entah di bidang pendidikan, kesehatan, dan pendapatan. Hal yang bisa ditingkatkan pemerintah saat ini adalah memperluas lapangan pekerjaan. Penekanan tingkat pengangguran akan meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan, bahkan tingkat pendidikan dan keseharan masyarakat.

23. Sumber energi biomasa biasanya dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan energi bagi masyarakat pedesaan karena ...

Jawaban : D. ketersediaan bahan melimpah

Pembahasan :
Sumber daya alam biasanya banyak dan melimpah di daerah yang jauh dari kota, dengan kata lain daerah yang masih alami belum mengalami proses urbanisasi dan modernisasi. Salah satu sumber energi yang bisa dimanfaatkan adalah sumber energi biomasa. Sumber energi biomasa adalah sumber energi yang berasal dari bahan biologis atau baru mati, yang digunakan untuk sumber bahan bakar dan produk industrial.

24. Proses pembentukan Bukit Barisan di Sumatera lebih disebabkan oleh ...

Jawaban : E. penunjaman lempeng Samudera Hindia

Pembahasan :
Di lapisan bumi yang disebut litosfer, kita kenal dengan sebutan lempeng. Lempeng di bumi ini bersifat dinamis atau selalu bergerak. Di Indonesia kita mengenal tiga lempeng yaitu Lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Jadi, tidak heran jika di Indonesia sering terjadi gempa. Sebab, pergerakan lempeng ini berpotensi menimpulkan gempa bumi. bahkan tsunami.

Di Indonesia, Lempeng Indo-Australia (Lempeng Samudera Hindia) menghimpit bahkan menghujam ke Lempeng Eurasi yang tersebar dari Sumatera hingga Bali dan Nusa Tenggara, kemudian ke utara sampai Sulawesi. Salah satu bentang alam yang disebabkan karena penunjaman lempeng Samudera Hindia adalah pembentukan Bukit Barisan di Sumatera.

25. Ketidakmerataan persebaran penduduk antarwilayah di Indonesia dapat dilakukan dengan menerapkan konsep lokasi relatif.
SEBAB
Hasil kajian kependudukan tidak dapat menunjukkan secara pasti jumlah dan konsentrasi penduduk di Indonesia

Jawaban : E. Pernyataan dan alasan keduanya salah

Pembahasan :
Ketidakmerataan persebaran penduduk antarwilayah di Indonesia dapat diterapkan dengan konsep pola dan aglomerasi karena persebaran tersebut dapat dilihat dari jumlah dan konsentrasi penduduk yang dipengaruhi oleh relief, aksesibilitas dan fasilitas umum.

26. Setiap jenis hewan dan tumbuhan tersebar tidak merata di berbagai tempat di permukaan bumi.
SEBAB
Setiap jenis hewan dan tumbuhan mempunyai habitat yang sesuai dengan persyaratan hidupnya.

Jawaban : A. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat

Pembahasan :
Makhluk hidup akan hidup sesuai dengan habitatnya, misalkan ikan akan bisa hidup di air bukan di daratan, tanaman padi akan bisa hidup dengan baik di daratan rendah, dll. Semua makhluk hidup memiliki syarat hidup berbeda-beda. Sehingga menyebabkan persebaran hewan dan tumbuhan tidak bisa tersebar merata di permukaan bumi. Contoh Komodo hanya hidup di Nusa Tenggara, Indonesia dan tidak ada di Benua Eropa, Kangguru hidup di Australia dan tidak hidup di Amerika.

27. Pesisir timur Sumatera lebih beresiko terlanda bencana tsunami dibanding pesisir barat Sumatera.
SEBAB
Daratan pesisir timur Sumatera sebagian besar berupa dataran rendah dan rawa-rawa.

Jawaban : D. Pernyataan salah dan alasan benar

Pembahasan :
Pesisir timur Sumatera tidak lebih beresiko terjadi tsunami dibanding pesisir baratnya. Faktanya bahwa pesisir barat Sumatera sebenarnya lebih beresiko terjadi tsunami karena menjadi zona subduksi lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Sedangkan pesisir timur Sumatera memang benar merupakan dataran rendah dan rawa-rawa.

28. Faktor yang menyebabkan tingginya angka perkawinan dini di beberapa wilayah perdesaan Indonesia adalah ...

(1) rendahnya tingkat pendidikan
(2) pengaruh budaya setempat
(3) tingginya tekanan ekonomi
(4) eratnya hubungan kekerabatan

Jawaban : E. semuanya benar

Pembahasan :
Perkawinan dini atau pernikahan di usia muda yang terjadi di Indonesia biasanya memang dikarenakan hal-hal tersebut di atas, seperti pendidikan di desa yang cenderung rendah, adanya budaya di daerah tersebut yang terus berlanjut secara turun temurun untuk menikah di usia muda, adanya tekanan perekonomian yang menuntut anak perempuan segera menikah untuk mengurangi beban orangtuanya, serta hubungan kekerabatan untuk menjodohkan anaknya sehingga tanpa pikir panjang langsung dinikahkan ketika dirasa cukup siap.

29. Secara kartografis, tujuan penggunaan warna pada pembuatan peta tematik adalah untuk ...

(1) menunjukkan klasifikasi objek
(2) menyajikan jumlah objek
(3) membedakan jenis objek
(4) menunjukkan persebaran objek

Jawaban : B. (1) dan (3) benar

Pembahasan :
Kartografis merupakan konsep penentuan pembuatan peta sesuai dengan standar peta. Sednagkan peta tematik adalah peta khusus yang dibuat untuk memperjelas kenampakan tertentu, misal jaringan jalan, jaringan sungai atau khusus penampakan alam. Tujuan penggunaan warna pada peta tematik untuk mengklasifikasikan objek dan membedakan jenis objek.
PENJELASAN

30. Pengendalian eksploitasi sumber daya alam tak terbarukan di Indonesia perlu digalakkan karena ...

(1) jumlah cadangan terbatas
(2) sebaran tidak merata
(3) pembentukannya berlangsung lama
(4) antisipasi pertumbuhan kebutuhan

Jawaban : E. semuanya benar

Pembahasan :
Sumber daya tak terbarukan adalah sumber daya alam yang sulit untuk dibuat atau dibentuk kembali, butuh waktu lama dan usaha yang tidak mudah. Sehingga ekspolitasi sumber daya alam tak terbarukan perlu dikendalikan sebab jumlah cadangannya terbatas, sebarannya tidak merata (tidak semua daerah ada), pembentukannya berlangsung sangat lama, dan sumber daya alam tersebut juga digunakan untuk kebutuhan masyarakat yang akan datang atau anak-cucu kita nanti.

Kembali ke :

Lanjut ke :

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment