Iklan Header

Jurusan soshum itu apa aja sih? Jika kamu sudah lulus SMA atau MA, dan ingin melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan melalui SNMPTN atau UTBK SBMPTN, maka kamu akan terbiasa mendengar kelompok soshum dan saintek. Lalu, apa sih sebenarnya maksud dari istilah tersebut?


Secara sederhananya, Saintek adalah jurusan IPA sedangkan Sohum adalah jurusan IPS. Bagi kamu yang akan memasuki dunia perkuliahan harus memilih salah satu dari kelompok jurusan tersebut untuk menentukan jurusan perkuliahan nantinya.


Dalam artikel ini, saya akan banyak membahas tentang SOSHUM dan juga sedikit saja tentang SAINTEK. Harapannya kamu bisa membandingkan dari kedua jurusan ini, dan bisa memilih jurusan yang sesuai dengan passion kamu.


soshum-adalah

Pengertian SOSHUM

Soshum adalah singkatan atau kependekan dari Sosial dan Humaniora. Soshum menjadi salah satu jurusan dalam pendidikan di Indonesia yang menjurus pada kelompok pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).


Pelajaran yang ada dalam kelompok soshum ini sudah sesuai dengan materi pelajaran pada jurusan IPS di sekolah Menengah Atas (SMA/ MA). Materi soshum antara lain Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi.


Perbedaan Saintek dan Soshum


Soshum dan saintek memiliki perbedaan yang jelas sebenarnya. Jika sesuai penjurusannya, siswa lulusan jurusan IPA, boleh memilih peminatan studi SAINTEK. Begitupun sebaliknya, jika kamu lulusan jurusan IPS maka kamu bisa memilih peminatan studi SOSHUM.


Namun hal tersebut kadang tidak menjadi pathokan seperti itu. Terkadang ada juga dulu sekolah di jurusan IPA ingin masuk jurusan di IPS akhirnya memilih peminatan studi Campuran (Saintek dan Soshum). Begitupun sebaliknya, ada juga yang dari jurusan IPS mencoba peruntungan masuk ke jurusan IPA dengan mengambil UTBK Campuran.



Jurusan Soshum


Jika kamu memilih utbk soshum, kamu bisa memilih salah satu dari beberapa prodi soshum. Misalkan saja jurusan soshum UGM yang bisa menjadi alternatif kamu mau mengambil jurusan kuliah berikut ini :


  • Ilmu Ekonomi
  • Jurusan ekonomi berhubungan dengan perekonomian. Jurusan ini bisa masuk ke dalam perusahaan – perusahaan. Sebab, semua perusahaan pasti melakukan kegiatan ekonomi. Jadi, peluang karir dari jurusan ekonomi sangat besar. Selain itu, kamu pun bisa membuka perusahaan sendiri karena kamu akan mendapatkan ilmunya di sini.


  • Akuntansi
  • Jurusan akuntansi berhubungan dengan metode pencatatan dan penyusunan laporan keuangan. Jurusan ini juga memiliki peluang karir yang menjanjikan. Sebab, semua perusahaan memerlukan jasa seorang akuntan dalam mengambil keputusan perusahaan.


  • Manajemen
  • Jurusan bisnis dan manajemen memelajari berbagai ilmu seperti keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengembangkan karir sebagai analisis investasi, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis dan banyak lagi.


  • Ilmu Politik
  • Dalam jurusan ilmu politik kamu akan belajar beberapa hal tentang sosiologi, antropologi, hak asasi manusia, hingga politik luar negri. Peluang karir dari jurusan ini adalah sebagai politikus, pengamat politik, dosen, hingga peneliti.


  • Ilmu Komunikasi
  • Ilmu komunikasi menjadi salah satu jurusan yang juga menjanjikan kedepannya. Sebab, ilmu komunikasi selalu berkembang sesuai zaman. Ilmu ini bisa teraplikasikan dalam perusahaan terkhusus dalam industri kreatif. Salah satu cabang dari ilmu komunikasi adalah jurnalistik.


  • Hubungan Internasional
  • Dalam jurusan hubungan internasional kamu akan belajar banyak hal tentang relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, dan lain - lain. Lulusan jurusan ini banyak yang menjadi pejabat, dosen, PNS, bahkan bisa masuk dalam Kementerian Luar Negeri.


  • Hukum
  • Jurusan hukum menjadi salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Kamu akan belajar banyak tentang hukum pidana dan perdata, hukum pajak, hukum internasional, filsafat hukum, hukum dagang, dan masih banyak lagi yang lainnya.


  • Psikologi
  • Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Jika kamu masuk jurusan ini, kamu bisa mengembangkan karir sebagai HRD, peneliti dan juga bisa menjadi psikolog.


  • Sastra
  • Jika kamu punya passion tentang bahasa – bahasa yang ada di dunia, kamu bisa banget masuk ke jurusan sastra ini. Di sini kamu bisa belajara tentang sastra Jerman, Prancis, Rusia, bahkan sastra Jawa. Untuk karir ke depannya, jurusan sastra ini bisa menjadi dosen, jurnalis, penerjemah, translator, atau bahkan bekerja di Kedutaan Besar.


Materi UTBK SOSHUM


Jika kamu sudah melewatkan kesempatan SNMPTN atau tidak lolos ujian tersebut, kamu masih memiliki kesempatan dengan mencoba UTBK. Tentu, materi yang terujikan sesuai dengan materi yang kamu pilih. Saintek atau Soshum? IPA atau IPS?


Untuk materi UTBK Soshum, kamu harus mempersiapkan materinya dan latihan soal antara lain :

  1. Matematika Soshum,
  2. Bahasa Indonesia,
  3. Bahasa Inggris,
  4. Ekonomi,
  5. Geografi,
  6. Sejarah, dan
  7. Sosiologi.

Baca Juga :

6 Situs Rekomendasi Try Out UTBK Soshum

Materi UTBK Soshum

Try Out UTBK TPS

Contoh Soal UTBK Soshum

Pembahasan Soal SBMPTN Soshum


Latihan Soal UBTK UTBK SBMPTN SOSHUM

Post a Comment