Iklan Header

Ide bisnis kreatif dan unik. Dewasa ini, banyak sekali bisnis yang bermunculan. Jika kamu baru akan terjun ke dunia bisnis, kamu perlu memikirkan bisnis yang bisa bersaing dan tidak ketinggalan jaman dengan ide usaha kreatif dan unik.


Berbagai macam bisnis yang muncul, dari bisnis kecil hingga bisnis besar. Banyaknya bisnis yang muncul tersebut menjadi sesuatu yang wajar terjadi. Sebab setiap manusia berusaha memenuhi kebutuhan ekonominya, salah satunya melalui bisnis.


Mungkin kamu sudah memiliki ide bisnis kreatif yang siap kamu praktekkan dalam berwirausaha. Namun, hal penting yang harus kamu garis bawahi adalah apakah ide bisnis kreatif tersebut akan menjawab kebutuhan pasar atau tidak?


Jangan – jangan kamu akan membuat sebuah ide kreatif bisnis, namun ide tersebut hanya berupa kesenanganmu saja tanpa mengetahui kebutuhan pasar. Hal tersebut harus kamu hindari. Walaupun kamu berbisnis memang harus diawali dengan rasa cinta atau passion, kamu harus tetap melakukan riset pasar.


Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif Buat Usaha


Berikut akan saya jabarkan beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika akan terjun di bisnis kreatif dan unik, serta dapat diterima oleh pasar. Sehingga kamu tidak akan salah melangkah untuk mengawali bisnismu.


ide-bisnis-kreatif-dan-unik

1. Solusi yang Bisnismu Tawarkan


Memulai usaha harus disertai dengan target pasar yang jelas. Kamu tidak boleh mengira – ngira target pasarmu. Kamu harus benar – benar melakukan riset pasar dan menemukan pasar potensialmu. Jangan hanya mengandalkan insting saja.


Setelah kamu mengetahui target pasarmu, kamu juga harus mampu menjawab permasalahan yang dialami oleh calon pelangganmu. Kira – kira apa manfaat yang pelangganmu dapatkan dengan adanya bisnis kita? Hal tersebut menjadi salah satu ide usaha kreatif dari permasalahan target pasar.


Kita perlu berperan sebagaimana seorang pelanggan yang mencari solusi akan keingan dan kebutuhannya. Kita harus merasakan apa yang calon pelanggan rasakan. Dengan berempati sebagaimana pelanggan, maka kita bisa menentukan solusi pelanggan melalui bisnis kita.


Sebagaimana yang saya bilang di awal, kita harus melakukan riset pasar supaya tahu dengan jelas target – target pasar kita. Cobalah untuk mengumpukan fakta dan informasi di lapangan. Lalu, informasi tersebut kita olah untuk menjadikannya sebuah ide usaha kreatif.


Coba kamu jawab beberapa pertanyaan berikut. Pertanyaan – pertanyaan tersebut membantu kamu dalam menemukan ide bisnis yang memungkinkan bisa kamu kerjakan. Kamu bisa melakukan wawancara langsung kepada calon target pasarmu atau kamu juga bisa melakukan observasi target pasar. Adapun pertanyaanya :


  1. Siapa target pasar kita?

  2. Kamu harus menuliskan dengan jelas target pasarmu dari usia, jenis kelamin, daerah tempat tinggal, profil keluarga, pendapatan, pola perilaku konsumsinya, dll.


  3. Apa yang mereka rasakan dan pikirkan?

  4. Perdalam pertanyaan ini dengan menggali tentang apa mimpi mereka? Apa ambisi mereka? Apa yang membuat mereka merasa lebih baik atau merasa buruk? Apa yang membuat mereka termotivasi? Apa yang membuat mereka frustasi? Dan masih banyak lagi pertanyaannya sesuai kebutuhanmu.


  5. Apa yang target pasar kita biasa katakan dan siapa yang memberikan pengaruh besar kepada mereka?

  6. Galilah lebih mendalah hal yang mempengaruhi terbentuknya target pasar menjadi seperti sekarang ini.


  7. Seperti apakah lingkungan target pasar kita?

  8. Kamu bisa mengetahui lingkungan tempat tinggal calon target pasarmu dengan mengadakan observasi dan jalan – jalan.


  9. Bagaimana perilaku target pasar kita?

  10. Pola kehidupan manusia akan mempengaruhi bagaimana dia akan bertindak. Jika kamu mengetahui pola kehidupan calon targetmu, apa yang mereka butuhkan, lalu kamu mencoba menjadi jawaban atas persoalan tersebut, maka bisnismu akan berjalan baik.


  11. Apa yang menjadi halangan mereka meraih impiannya? Apa yang membuat mereka frustasi?

  12. Terkadang target pasar memiliki segudang masalah yang belum bisa terselesaikan secara utuh. Sedangkan mereka membutuhkan jawaban atas permasalahan tersebut. Jika kita mengetahui permasalahan tersebut dan memberi solusinya melalui bisnis kita, maka target pasar akan sangat berterima kasih.


  13. Apa makna kesuksesan bagi mereka?

  14. Banyak yang beranggapan bahwa sukses adalah memiliki banyak harta, rumah banyak, mobil banyak, dll. Namun, ada pula yang menganggap kesuksesan adalah cukup dengan hidup bahagia tanpa masalah dan sehat selalu. Maka, untuk bisa merebut kata sukses bagi calon target pasar, kita harus paham kesuksesan bagi mereka.


2. Kerucutkan Ide – Ide Bisnismu


Setelah menjawab pertanyaan – pertanyaan di atas, saya yakin kamu menemukan banyak sekali ide usaha yang masih bercabang – cabang. Untuk itu kamu perlu mengerucutkan ide tersebut .


3. Mengamati Trending Topik


Tidak ada salahnya kita mengikuti perkembangan zaman, banyak sekali hal – hal baru yang muncul di kalangan masyarakat yang sedang booming dan menjadi tren. Dengan ide – ide yang sudah kamu kerucutkan, kamu bisa mengkombinasikannya dengan sesuatu yang sedang tren di masyarakat.


Bagaimana mengetahui sesuatu yang lagi ngetren? Kamu bisa memanfaatkan Google Trend yang sangat mudah kamu gunakan. Bahkan tidak hanya di Indonesia, Google Trend bisa mengetahui topik yang banyak dicari masyarakat.


Baca Juga :

Ide Bisnis Modal Kecil


4. Berani Berinovasi


Ada istilah ATM dalam dunia bisnis, yaitu Amati, Tiru, Modifikasi. Kita bisa menemukan ide – ide bisnis kreatif di sekeliling kita dengan mengamati binis yang banyak peminatnya. Setelah itu kita tiru dengan belajar bagaimana menjalankan usaha tersebut. Terakhir, kamu perlu memodifikasi usaha yang khas menggambarkan dirimu dan berbeda dengan bisnis yang lain.


Contoh usaha kreatif dan inovatif seperti Starbucks. Dulu saat orang minum kopi bukan menjadi hal yang mewah dan bukan hal yang membanggakan. Namun, Starbucks mengolah maindset tersebut dengan menyajikan kopi dengan kemasan yang lebih elegan dan bisa menambah nilai eksklusif saat minum kopi.


Baca Juga :

Ide Bisnis Rumahan dan yang Mudah dan Menjanjikan



5. Menambah Nilai Kegunaan Produk atau Usahamu


Jika kamu merasa sudah menjalankan bisnis yang benar tapi masih saja sepi peminat, maka kamu perlu melakukan evaluasi. Jangan – jangan produk atau usahamu kurang bermanfaat bagi target pasarmu.


Jadi target pasar akan membeli suatu produk biasanya memang produk tersebut sangat berguna bagi mereka. Maka kamu perlu bertanya pada diri sendiri “Apakah produk saya berguna bagi masyarakat?” Jika ternyata produkmu sebenarnya sudah memiliki manfaat bagi pasar, bisakah menambah manfaat produk tersebut agar lebih bermanfaat lagi?”


6. Let’s Do It


Jika kamu sudah menemukan titik terang tentang ide bisnis kreatif apa yang akan kamu usahakan. Kamu harus mewujudkan inspirasi bisnis kreatif tersebut menjadi kenyataan. Banyak orang yang sudah gagal dari awal karena mentok di ide saja tanpa realisasi.


Ide usaha kreatif yang terealisasikan namun memiliki kendala – kendala adalah wujud awal kesuksesan bisnismu. Kalau kamu takut dengan kegagalan – kegagalan yang mungkin terjadi terhadap bisnismu, maka kamu sudah terhenti dari jalan menuju kesuksesan.


Beranikan diri untuk melangkah! Hadapi segala resiko bisnis dengan tawakal dan taqwa pada Sang pemberi rezeki. Jangan lupa berdoa untuk mewujudkan kesuksesan bisnismu. Dengan ikhtiar dan doa, Insya Allah ide kreatif menghasilkan uang.


Ide Usaha Ide Bisnis Online

Post a Comment