Iklan Header

Banyak pengusaha yang memulai usahanya dengan sebuah ide bisnis kecil terlebih dahulu. Mereka menjalankan usaha kecil untuk mendapatkan pengalaman. Pengalaman tersebut menjadi sebuah ilmu yang membangun seorang pebisnis lebih maju dan berkembang.


Cara memulai bisnis kecil sebenarnya tidak begitu ribet. Kamu perlu mengawali dunia bisnis dengan tekad yang kuat, fokus , konsisten dan pantang menyerah. Setelah semua kondisi berbisnis kamu lewati, kamu juga perlu inovasi dengan perkembangan zaman ini. Semua itu menjadi karakter bagi seorang pebisnis handal.


Jika kamu sudah siap untuk menerapkan karakteristik seorang pebisnis, tinggal bagaimana kamu menemukan ide memulai usaha kecil terlebih dahulu. Untuk menemukan ide usaha kecil kamu perlu menganalisis kebutuhan masyarakat. Lalu, kamu bisa menjalankan peluang usaha tersebut.


Bisnis kecil tentu juga membutuhkan modal, walaupun ada juga yang tidak memerlukan modal. Tapi kebanyakan bisnis memerlukan modal. Bisnis kecil berarti juga usaha modal kecil. Usaha yang kita mulai dengan modal sedikit, namun memiliki tujuan dan target pasar yang jelas tentunya.


Ide-bisnis-modal-kecil

Usaha Modal Kecil


Bagi seorang pengusaha, modal terkadang menjadi kendala yang berat. Bahkan, banyak yang belum bisa menjalankan usaha karena terkendala modal. Modal menjadi alasan yang klasik, sejak dahulu menjadi sesuatu yang tidak bisa teratasi bagi kebanyak orang.


Kebanyak orang menginginkan usaha yang sudah besar dengan modal yang besar pula. Usaha besar harus kita jalankan dengan tekad yang besar, tidak hanya kuat di awal lalu memble di akhirnya. Banyak perusahaan – perusahaan, dan usaha – usaha yang bangkrut karena kurangnya persiapan menghadapi tantangan di lapangan.


Jika kamu memiliki modal besar, sah – sah saja jika kamu menjalankan bisnis modal besar. Dengan dana yang kamu miliki kamu bisa menyediakan segala perlengkapan bisnis yang kamu mau. Tetapi, tidak semua orang bernasib baik seperti itu. Bahkan kebanyakan masyarakat kekurangan modal untuk memulai usaha.


Sebenarnya, memulai usaha tidak harus terlihar besar terlebih dahulu. Usaha bisa kita awali dengan usaha modal kecil. Bisnis kecil. Keuntungan dari usaha modal kecil adalah kamu bisa belajar dari pengalaman berbisnis dengan modal kecil.


Namun, yang sangat perlu kamu perhatikan adalah TARGET yang jelas. Kebanyakan usaha akan bangkrut karena targetnya tidak jelas dan kurang menyasar. Perusahaan tidak tahu apa yang akan mereka raih, apa yang perlu pengembangan, lalu apa yang perlu pengurangan. Kamu harus tahu kebutuhan bisnismu.


Maka, kita harus menyusun strategi dengan target – target yang akan coba kita raih. Buatlah target jangka dekat, target jangka menengah, dan target jangka panjang kamu. Bermula dari usaha kecil lambat laun usahamu akan berkembang. Tentu dengan strategi yang tepat.



Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing


Dalam berbisnis, kita tidak akan pernah bisa menghindarkan diri dari persaingan. Para pesaing pasti akan selalu ada, sebab manusia berjuang memenuhi kebutuhan dengan cara bersaing atau berkompetisi. Meskipun demikian, namun kita jangan sampai minder apalagi putus asa dengan pesaing – pesaing kita. Pantang menyerah.


Banyaknya persaingan dalam berbisnis biasanya terjadi pada bisnis yang sedang trend. Setiap daerah, setiap tempat memiliki trend - nya masing – masing. Trend bisnis ini akan mengundang para usahawan untuk bersaing mendirikan usaha yang sejenis. Jika seperti itu, kamu perlu sebuah inovasi – inovasi dalam bisnismu.


Jika kamu agak risih dengan pesaing – pesaing bisnis tersebut, cobalah beberapa ide bisnis kecil yang belum banyak pesaingnya. Sebab, banyak juga seorang pengusaha yang cara memulai bisnis kecilnya dengan usaha yang minim pesaing.


Berikut contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing :


1. Penerjemah


Tidak semua orang bisa berbahasa asing. Jika kamu mempunyai kemampuang berbahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Arab, dll, kamu bisa banget menjadi seorang penerjemah. Peluang usaha ini besar karena banyak perusahaan atau individu yang membutuhkan jasa para penerjemah.


Selain itu, pasar mahasiswa juga sering membutuhkan jasa seorang penerjemah. Banyak tugas, skripsi, tesis, hingga disertasi yang harus membuat sebuah tulisan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Peluang ini bisa sekali kamu ambil.


Jasa penerjemah tidak membutuhkan biaya yang besar, memang ini adalah usaha modal kecil. Kamu hanya mengandalkan kemampuan berbahasa asing saja. Sebagai pelengkap tentu kamu perlu alat ketik seperti laptop atau komputer.


Jasa penerjemah sebenarnya merupakan usaha yang menjanjikan. Meskipun usaha modal kecil, tetapi keuntungan dari jasa penerjemah terbilang besar lho. Sebab target pasar kamu pastinya orang yang berduit. Bisa dari perusahaan – perusahaan ekspor – impor, atau lingkungan kampus seorang bergelar Doktor bahkan Profesor.


Selain bisa kamu jadikan usaha tetap, jasa penerjemah juga bisa menjadi usaha sampingan. Sebab, peluang usaha ini tidak memiliki waktu yang tetap. Kamu bisa mengerjakannya saat waktu yang luang, tanpa menyita banyak waktu di jam – jam sibuk.



2. Cuci Motor


Peluang usaha selanjutnya adalah jasa cuci motor. Membuka usaha cuci motor sebenarnya tidak begitu rumit. Apalagi jika kamu memiliki lahan sendiri, usaha ini sangat mudah kamu mulai. Kamu bisa memanfaatkan rumah di pinggir jalan yang tidak harus luas untuk memulai usaja cuci motor.


Usaha ini bisa kamu mulai ketika musim – musim hujan. Musim yang seringkali membuat pengendara motor berurusan dengan air kotor dan lumpur di jalanan. Meskipun di musim kemarau pun juga banyak pemilik motor yang ingin selalu menginginkan motornya bersih. Jadi, ini merupakan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil.


Untuk memulia bisnis cuci motor, kamu perlu tahu standar kebersihan motor dan cara membersihkannya. Kamu bisa belajar dari jasa cuci motor yang sudah ada dengan mengamatinya terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa melihat di youtube cara membersihkan motor pasti sangat banyak sekali tutorial – tutorialnya.


Usahakan mencari tempat yang strategis. Carilah lokasi usaha yang banyak kendaraan bermotor. Selain itu pertimbangkanlah para pesaingnya, utamakan mencari tempat usaha yang tidak ada pesaing, tapi memiliki potensi pengguna jasa cuci motor ini.


3. Info Jual Beli Properti


Hampir setiap hari, pasti ada saja iklan penjualan rumah, ruko, apartemen, atau gedung perkantoran/ pabrik. Kenapa? Sebab permintaan dari pembelian ini sangat tinggi. Tentu saja ini menjadi peluang bisnis dan usaha yang menjanjikan.


Terkadang banyak orang yang kesulitan mencari rumah, tanah, dan ruang usaha untuk menyewanya. Tidak jarang orang mencari – cari informasi mengenai penjualan dan penyewaan tanah atau rumah tersebut. Maka di sinilah peluang bisnis.


Kamu bisa mendirikan ide bisnis kecil ini dengan menyediakan informasi mengenai tempat, harga dan fasilitasnya. Informasi tersebut sangat penting bagi konsumen yang ingin mencari tempat usaha atau rumah idaman.


Pesaing dari bisnis ini juga tidak banyak. Masih sedikit sekali informasi yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya. Kita bisa mensurvei beberapa kawasan perumahan, apartemen, dan pusat pertokoan untuk mendapatkan informasi tentang properti ini. Tinggal bagaimana bisa bekerja ulet dan sabar.



Wirausaha Ide Bisnis Rumahan

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment