Iklan Header

Jika kamu masih sekolah, sebenarnya berbisnis tidak perlu menunggu lulus sekolah terlebih dahulu. Kamu bisa memulai bisnis dari bangku sekolah. Kamu bisa memulai dengan ide bisnis kecil – kecilan yang tidak membutuhkan modal besar.


Berbisnis bisa kita mulai kapan saja. Selama kita sudah dewasa, tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan kedewasaan kita sudah memiliki syarat untuk menjadi seorang wirausaha. Jadi, seorang wirausaha tidak harus menunggu berumur 30 –an atau 40 –an. Kita bisa memulai bisnis bahkan dari umur belasan tahun.


Ide ide bisnis saat ini sudah sangat beragam. Bisnis dengan usaha modal kecil hingga modal besar bisa menjadi alternatif dalam berbisnis. Namun, banyak orang yang berkata dengan modal kecil, maka hasil yang kamu dapatkan juga kecil. Begitupun sebaliknya, dengan modal besar, maka hasil yang kamu peroleh juga besar.


Bagi seorang pelajar, memang sebagian besar waktu yang mereka miliki untuk proses belajar di sekolah. Namun, jika kamu bisa mengelola waktumu dengan baik dan rapi, kamu bisa menjadi seorang pelajar yang sukses berwirausaha juga lho.


Apalagi saat ini sudah zaman online, semua sudah terhubunga secara online. Termasuk bisnis dengan bisnis online. Banyak sekali alternatif ide ide bisnis yang bisa kamu tiru. Meskipun berstatus seorang pelajar, namun pelajar sangat bisa sekali memulai usaha dengan berbisnis online.


ide-bisnis-online-pelajar

Bisnis untuk Pelajar Tanpa Modal


Dalam berbisnis, apakah selalu harus memiliki modal besar? Ternyata tidak selalu demikian. Meskipun modal sesuatu yang penting, akan tetapi “modal” ini bisa kamu negosiasikan dengan pebisnis lain. Kamu harus memupuk sebuah kepercayaan dalam berbisnis.


Bagi umat Islam, tentu mengenal bagaiman Nabi Muhammad SAW memulai berbisnis hanya dengan kepercayaan dari pebisnis sukses lainnya, yaitu Khadijah binti Khuwailid. Saat itu seorang Khadijah belum menjadi istri beliau, baru sekedar orang yang kagum dengan kejujuran Muhammad.


Kepercayaan adalah modal yang paling berharga dalam usaha. Lantas bagaimana kriteria bisnis kepercayaan ini. Kriterianya seperti : pebisnis harus jujur dengan produknya, cerdas menentukan strategi pasar, serta komunikatif dalam menyampaikan pesan produknya. Jangan sampai ada yang tertutupi kekurangannya.


Bisakah seorang pelajar memulai bisnis tanpa modal? Tentu jawabannya bisa saja. Modal yang saya maksud di sini adalah uang dan sarana prasarana. Ternyata ada juga yang sukses berbisnis hanya dengan kepercayaan di antara produsen dan penjual (distributor). Kamu bisa bernegosiasi dengan produsen untuk menjualkan barangnya secara online dengan modal kepercayaan.



Jualan Apa yang Laris untuk Pelajar?


Kalau kita bicara jualan apa yang laris? Maka, jawabannya bisa kamu tanyakan ke lingkungan sekitar kita. Maksudnya, masyarakat di sekitar kamu pasti akan memenuhi kebutuhannya masing – masing. Maka, jualan yang laris adalah jualan yang menyediakan kebutuhan masyarakat sekitar kita.


Jika kamu seorang pelajar, kamu perlu mengadakan riset kecil – kecilan di lingkungan sekolah dan masyarakat tempat tinggal kamu. Coba kamu cari tahu kebutuhan teman – teman sekolah, kebutuhan teman sepermainan, dan kebutuhan masyarakat di desa kamu. Riset itu akan memberikan ide bisnis yang bisa kamu terapkan.


Kamu bisa memulai bisnis dengan usaha kecil online terlebih dahulu. Jangan paksakan kamu harus menyewa toko atau ruko di pinggir jalan. Bisnis bisa kamu mulai dengan usaha modal kecil terlebih dahulu. Kamu bisa menerapkan menjual produk bisnis online.


Contoh bisnis online yang bisa kamu terapkan meskipun kamu masih menjadi seorang pelajar SMP atau SMA adalah jualan sepatu. Sepatu menjadi kebutuhan bagi teman – teman kamu di sekolah, bahkan guru – guru kamu pun memerlukan sepatu untuk mengajar. Jadi, sepatu bisa menjadi produk bisnis online yang menjanjikan. Atau kamu memiliki ide bisnis lain?


Jika kamu sudah menemukan ide bisnis untuk pelajar SMP atau SMA, kamu bisa menjalankan bisnismu di sekolah, di rumah, dan secara online. Akan tetapi, jika kamu menjalankan bisnismu di sekolah, jangan sampai menyita waktumu dalam belajar di sekolah. Kamu harus pintar – pintar membagi waktu untuk mengelola bisnis kamu.



Contoh Ide Bisnis untuk Pelajar SMP dan SMA


Pelajar SMP maupun SMA sekarang ini sudah sangat mudah mendapatkan fasilitas yang menunjang pendidikan. Jika kesulita mengerjakan dan menjawab soal – soal pelajaran sudah ada handphone dan internet untuk menjawab soal. Selain itu, sudah ada perangkat komputer atau laptop untuk memudahkan belajar.


Selain sebagai penunjang belajar, perangkat komputer atau laptop juga bisa kamu manfaatkan untuk memulai usaha lho. Ada ide ide bisnis yang bisa seorang pelajar lakukan dalam memulai ide bisnis. Bisnis yang tentunya tidak memerlukan modal besar.


Berikut contoh ide bisnis untuk pelajar SMP dan SMA :


1. Usaha Desain Grafis

Bisnis desain grafis merupakan usaha di bidang jasa yang menawarkan desain untuk keperluan barang cetakan. Produk akhir dari usaha desain grafis ini antara lain : brosur, kalender, kartu nama, kop surat, logo, poster, kartu pos, souvenir, koran,majalah, buku, dan masih banyak lagi yang lain.


Desain grafis menjadi cara untuk menyampaikan pesan yang di kemas dalam tata letak tulisan maupun foto, gambar, atau ilustrasi. Dalam mengerjakan desain, kamu tidak membutuhkan modal besar, hanya melalui laptop atau komputer yang terinstal softwere desain grafis.


Desain grafis sangat bermanfaat bagi suatu perusahaan yang akan mempromosikan produk mereka. Oleh sebab itu, hampir semua bidang kegiatan sebenarnya membutuhkan jasa desain grafis. Desain grafis juga bisa menjadi ide bisnis besar, tentu dengan modal besar. Sebagai contoh perusahaan penerbitan.


Perusahaan penerbitan banyak menggunakan jasa desain grafis, sebab secara biaya lebih efektif jika mengalihkan pekerjaan kepada pengusaha desain grafis (freelance) dari pada harus merekrut seorang karyawan khusus desain grafis.


Dalam perkembangannya, dunia desain grafis semkain berkembang tidak hanya untuk kebutuhan barang cetakan. Tetapi sudah merambah ke beberapa bentuk barang seperti, neonboard, spanduk, banner, pecah belah, perca, plastic dan sebagainya. Bahkan saat ini juga sudah banyak yang menekuni desain grafis untuk produk online, yang biasa disebut desainer website.



2. Usaha Pengadaan Naskah (Writer)


Bagi sebagian orang, bisnis ini masih belum begitu familiar. Sebab memang bisnis pengadaan naskah ini belum lama berkembang. Perkembangan bisnis ini mulai berkembang ketika internet dan bisnis informasi terlahir. Meskipun demikian, bisnis ini termasuk bisnis yang menjanjikan lho.


Bagi seorang pelajar, tentu kamu masih belajar tentang tata bahasa dari pelajaran bahasa di sekolahmu. Nah, usaha pengadaan naskah ini berkaitan dengan penulisan artikel dengan bahasa yang baik. Maka, usaha ini termasuk bisnis online untuk pelajar tanpa modal. Kamu hanya mengandalkan kemampuan membuat sebuah tulisan yang baik.


Tulisan yang kamu buat, bisa berupa berita, opini, artikel, ulasan, atau skrip. Bahkan usaha ini juga menjangkau sebuah naskah skenario sinetron di televisi atau bahkan naskah skenario sebuah film. Luar biasa kan. Pembuat naskah ini juga biasa mebuatkan sebuah biografi seseorang yang ingin populer untuk mendapatkan bayaran.


Tulisan – tulisan tersebut sebagai naskah yang bisa kamu kirimkan ke media massa cetak atau online. Media massa yang biasa membayar naskah untuk mereka terbitkan seperti Koran, majalah, buku, dan bulletin). Selain itu, media elektronik seperti radio dan TV juga bisa menggunakan jasa penulisan naskah.


Apalagi di era globalisasi dan internet ini, media online sangat membutuhkan jasa writer atau penulis naskah. Kita bisa melihat berita di sebuah website dan blog. Seorang writer juga bisa menjual tulisannya kepada website atau kepada seorang blogger. Bisnis ini akan terus berkembang selama internet masih ada.


Itulah ide ide bisnis untuk pelajara SMP dan SMA, atau bahkan seorang Mahasiswa. Bisnis tersebut di atas termasuk ide bisnis online modal kecil. Selamat mencoba berbisnis online.



Wirausaha Ide Bisnis Rumahan

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment