Iklan Header

Bagi kamu, seorang pelajar yang baru saja lulus sekolah atau mahasiswa yang baru menyelesaikan kuliah. Mungkin terbesit dalam pikiran kamu, untuk memulai sebuah bisnis yang mudah kamu kerjakan. Tidak ada salahnya kamu baca artikel mengenai ide bisnis rumahan ini.


Ide bisnis bisa kamu dapatkan dari berbagai referensi di sekitar kamu. Untuk seorang pemula, memulai bisnis akan terasa begitu berat. Maka kita perlu memulai bisnis dari yang mudah terlebih dahulu. Bagaimana bisnis yang mudah itu?


Jawabannya tentu berbeda – beda setiap orang. Tapi yang pasti, bisnis yang mudah adalah bisnis yang bisa dikerjakan bagi seorang pemula sekalipun. Usaha apa yang bagus untuk pemula? Bisa jadi, bisnis yang mudah bagi pemula itu, karena kita hanya memanfaatkan modal di sekitar kita saja.


Salah satu modal yang kita miliki dan kebanyakan orang punyai adalah rumah. Selain sebagai tempat berteduh dan beristirahat, rumah bisa juga lho kamu jadikan sebagai tempat berbisnis yang mudah. Bisnis rumahan yang mudah dijalankan bagi kamu seorang pemula sekalipun.


bisnis-rumahan

Usaha Rumahan Apa yang Bagus?


Dalam menemukan sebuah ide bisnis yang menjanjikan, kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum menggeluti bisnis rumahan. Pertama, kamu harus mencintai bisnismu terlebih dahulu. Tentu kita menginginkan bisnis yang sesuai passion kita, maka cari bisnis yang sesuai minat kita.


Kedua, apakah bisnis tersebut memiliki kontuinitas jangka panjang? Bisa jadi kamu memiliki sebuah bisnis yang sesuai dengan hobi kita, akan tetapi bisnis tersebut hanya sekedar trend sesaat dengan jangka waktu yang hanya beberapa bulan saja. Bisnis tersebut tidak akan berjalan lama.


Ketiga, kemampuan finansial kamu. Jika kita bicara bisnis rumahan, maka sudah pasti tempat usaha yang kita pergunakan adalah rumah. Tinggal bisnis yang sesuai minat dan potensi keberlanjutan bisnis tersebut, lalu modal kita cukup atau tidak untuk membuka bisnis rumahan yang mudah?


Keempat, perdalam ilmu tentang bisnis yang kamu geluti. Untuk menjalankan sebuah bisnis, akan mudah kamu kerjakan jika kamu mengetahui segala ilmunya. Kamu harus belajar tentang bisnis ide bisnis yang kamu minati. Kalau bisa kamu sudah sangat ahli di bidang tersebut.


Dan kelima, hal yang juga sangat penting untuk menentukan usaha rumahan apa yang bagus bagi kamu adalah kamu harus tahu kemungkin – kemungkinan perubahan selera pasar. Pasar adalah hal utama dalam berbisnis, seorang konsumen akan rela mengeluarkan uang mereka untuk memenuhi kebutuhannya. Maka, pastikan bisnis rumahan yang kamu mulai adalah ide bisnis menjanjikan dengan mempertimbangkan kelima hal di atas.



Ide Bisnis Rumahan di Desa


Kegiatan ekonomi memang terjadi dimanapun, termasuk di pedesaan. Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi juga terjadi di desa. Jika kamu bertempat tinggal di desa, sebenarnya ada beberapa peluang bisnis yang mudah kamu jalankan.


Meskipun tidak sepadat di daerah perkotaan, daerah pedesaan juga memiliki peluang bisnis yang menjanjikan. Sebab masyarakat di desa juga perlu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Sebut saja keperluan sehari – hari, sembako, kuliner, hingga telekomunikasi.


Bagi kamu yang baru lulus sekolah, ada beberapa peluang bisnis menjanjikan yang bisa kamu jalankan di desa. Dengan melihat keperluan dan kebutuhan masyarakat di sekitarmu. Kamu bisa menjadikannya ide bisnis yang menjanjikan.


Kamu juga tidak perlu ambil pusing dengan menyewa toko atau ruko, sebab sudah ada rumahmu yang bisa kamu jadikan tempat usaha. Ya, bisnis rumahan yang mudah kamu jalankan di desa, tanpa menyewa toko lagi.


Ada beberapa ide bisnis rumahan menjanjikan yang bisa kamu jadikan referensi bisnis. Sebut saja konter pengisian pulsa, reparasi handphone. Kamu juga bisa membuka usaha kuliner seperti warung nasi goreng, sate ayam, mie ayam, bakso, dll. Selain itu, kamu juga bisa menyulap rumahmu menjadi tempat jualan.



Jualan Apa di Rumah yang Laris?


Jika kamu berniat untuk jualan, terkadang terbesit pertanyaan jualan apa ya yang laris? Sebagaimana yang sudah saya tuliskan di atas. Kita bisa menjual sesuatu yang memang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar rumah kita.


Kamu bisa membuka warung sembako, untuk keperluan sehari – hari masyarakat desa. Kamu juga bisa merenovasi rumahmu sebagai konter pengisian pulsa dan reparasi handphone. Jika kamu bisa memasak makanan kesukaan masyarakat desa dengan rasa yang yahud, kamu bisa banget membuka usaha kuliner.


Kamu hanya perlu melakukan riset kecil – kecilan, tentang kebutuhan masyarakat di sekitar rumahmu untuk kamu jadikan ide bisnis menjanjikan. Sebab kebutuhan kebanyakan masyarakat sekitarmu menjadi jawaban atas ide bisnismu.



Ide Bisnis Rumahan yang Sukses


Untuk memulai bisnis biasanya berawal dari semangat menggebu untuk berwirausaha. Namun, tidak banyak yang tetap konsisten dengan usahanya. Padahal baru beberapa bulan bahkan minggu mencoba peruntungan usahanya, namun sudah pesimis lalu gulung tikar.


Sebenarnya memulai bisnis itu mudah, yang sulit adalah menjaga kontinuitasnya alias keberlanjutan bisnis kita. Kunci bisnis bisa sukses berada di ISTIQOMAH dan PANTANG MENYERAH. Senantiasa bersabar dengan usaha kita, terus lakukan evaluasi untuk mencari kepuasan konsumen.


Usaha rumahan jika kamu tekuni dengan istiqomah dan evaluasi bisa menjadi bisnis menjanjikan. Berikut ini contoh usaha rumahan yang sukses. Kamu bisa menjadikannya sebagai alternatif untuk menentukan ide bisnismu.



Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan


Contoh ide bisnis yang bisa kamu kerjakan di rumah dan menjanjikan seperti berikut :


Reparasi Komputer


Saat ini, komputer dan laptop bukan menjadi barang yang mewah lagi. Setiap pelajar dan mahasiswa sudah banyak yang menggunakan komputer dan laptop sebagai media belajar. Jadi, kepemilikan terhadap komputer dan laptop sudah sangat banyak di masyarakat.


Meskipun demikian, tidak banyak orang yang mempunyai komputer dan laptop yang tahu akan perangkat di dalamnya. Maka, reparasi komputer menjadi salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Kamu bisa mengambil kursus tentang reparasi komputer sebelum memulai usaha ini.


Target pasar dari ide usaha ini adalah perusahaan kecil yang belum mempunyai pegawai di bidang IT. Seorang individu, pelajar dan mahasiswa juga bisa menjadi target pasar yang menjanjikan. Kamu perlu promosi di daerah sekitar sekolah atau kampus.


Kursus Memasak


Mengapa kursus memasak layak masuk ke dalam usaha yang menjanjikan? Saat ini, banyak seorang perempuan yang jarang bisa memasak, banyak anak perempuan yang kurang bisa memasak. Biasanya ketika beranjak dewasa, atas tuntutan untuk berkeluarga, maka seorang anak perempuan butuh kursus memasak ini.


Ada banyak alasan mengapa ide bisnis ini sangat menjanjikan seperti berikut :


  1. Banyak orang yang hobi memasak, namun merasa tidak puas dengan buku resep yang ada. Mereka butuh praktik langsung untuk mengetahui dan merasakan memasak secara real atas dampingan guru memasak atau koki.

  2. Dengan mengikuti kursus memasak, mereka mendapat kesempatan bertemu dengan banyak teman dan mendapat banyak relasi.

  3. Makin banyak pelajar setelah lulus ingin mempunyai penghasilan tambahan dengan membuat dan menjual kue.

  4. Semakin banyak orang yang menyadari bahwa usaha kuliner ini bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan, tapi terkadang mereka tidak tahu cara memulainya.

  5. Menumbuhkan keberanian dan motivasi seseorang yang suka memasak untuk mulai membuka usaha di bidang boga.

Bisnis Katering


Usaha katering adalah usaha yang popular di bidang boga. Terkadang kita melihat aneka makanan enak yang tersaji dengan menarik dalam media sosial. Saat ini, usaha boga khususnya katering mulai menerapkan online. Kamu bisa membuat ide bisnis rumahan online dengan menjual aneka makanan.


Usaha katering sangat cocok bagi kamu yang suka sekali memasak, menghabiskan waktu berjam – jam untuk bereksperimen dengan resepmu sendiri. Setelah merasa menemukan resep yang terbaik, kamu tinggal mengembangkan dan mempromosikan hasil masakanmu.


Ada bermacam – macam tingkatan dalam usaha kuliner ini, tetapi biasanya dimulai dari usaha rumahan terlebih dahulu. Usaha katering rumahan adalah usaha jasa boga yang melayani pesanan sampai dengan seratus orang.


Sebagai seorang pemula, untuk menghabiskan waktu bagi lulusan pelajara dan mahasiswa, kamu bisa menjalankan usaha ini sendirian atau bersama temanmu. Sebaiknya kamu mulai melayani dan menerima pesanan secara bertahap.


Usaha Jasa Kursus Menjahit


Industri pakaian (garmen) merupakan industri terbesar kedua setelah industri makanan. Setiap orang pasti ingin terlihat modis dengan gaya trend terkini. Semua orang tidak ingin terlihat ketinggalan zaman dengan apa yang dia kenakan. Hal ini menjadi potensi bisnis di bidang pakaian, termasuk kursus menjahit.


Setelah berkembangnya era digital, banyak sekali penjual dan pembeli online. Tidak sedikit transaksi online berhubungan dengan pakaian, entah kemeja, celana, rok, dress, jilbab, dan masih banyak yang lainnya.


Jika kamu masih menganggur setelah lulus sekolah, dan memiliki kemampuan menjahit, kamu bisa mengasah kemampuan menjahitmu. Kamu bisa mengembangkan beberapa pola jahitan, dengan mengikuti mode terkini. Setelah itu, kamu bisa membuka jasa kursus menjahit.



Ide Bisnis Rumahan yang Mudah


Pengecer (Retailer) Baju


Bagi kamu yang masih pemula, rintisah usaha bisa kamu lakukan dengan berjualan. Sebenarnya, banyak sekali barang yang bisa kamu jual. Seperti yang saya sebutkan di atas, industri terbesar kedua setelah kuliner adalah pakaian. Kamu bisa memulai usaha dengan berjualan baju.


Saat ini masih banyak peluang tentang penjualan baju secara eceran. Kamu hanya tinggal membeli baju – baju dengan partai banyak atau grosir bisa di produsen langsung atau dari pasar garmen (pakaian). Jika kamu membeli pakaian secara grosir (lusinan) akan mendapatkan harga yang lebih murah, lalu kamu jual secara ecer.


Untuk penjualannya, kamu bisa membuat akun di webstore macam tokopedia, lazada, shopee, dll. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti facebook, instagram, twitter untuk mempromosikan jualan kamu.


Jika kamu menghendaki jualan online, hal yang perlu kamu siapkan adalah alat transaksi. Kamu perlu membuat rekening di bank untuk memudahkan dalam kegiatan transaksi barang dan uang. Kamu bisa memulai dengan 1 rekening terlebih dahulu. Setelah agak maju kamu bisa membuat rekening di beda bank untuk alternatif bagi konsumen dalam bertransaksi.


Usaha Tanaman Obat


Usaha tanaman obat sebenarnya semudah usaha tanaman hias. Keduanya membutuhakan ketekunan dan kecintaan terhadap tanaman. Perbedaanya hanya pada kegunaan tanamannya saja. Tanaman hias hanya untuk pajangan dan dekorasi taman. Namun, tanaman obat senantiasa diambil khasiatnya, maka tanaman obat akan selalu berkurang.


Tanaman obat bisa kamu jadikan alternatif bisnis karena hal – hal berikut ini :

  1. Kesadaran akan tanaman yang bisa mengobati penyakit.
  2. Orang – orang sudah mulai berfikir mengkonsumsi obat alami, dari pada obat kimia.
  3. Belum banyak pesaing, jadi masih banyak peluang untuk bisnis ini.

Jenis tanaman yang bisa kamu jadikan obat antara lain :

  1. Sirih dan sirih merah,
  2. Kumis kucing,
  3. Tapak dara
  4. Lengkuas merah,
  5. Lavender,
  6. Jahe, Kunyit, Serai, Kencur, Meniran,
  7. Sambiloto,
  8. Kaki kuda (pegagan),
  9. Mahkota dewa
  10. Jeruk nipis, dll.

Demikian beberapa ide bisnis yang mudah dan menjanjikan yang bisa kamu jadikan alternatif usaha. Apalagi bagi kamu yang masih pemula, atau baru lulus dari sekolah dan kuliah. Kamu bisa mencoba beberapa referensi ide usaha di atas. Semoga berhasil.


Wirausaha Bisnis Online

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment