Iklan Header

Ide bisnis online. Saat ini menjadi sebuah era digital dan serba online. Maka tidak heran banyak sekali ide jualan online yang berkembang di masyarakat. Bisnis onlie seolah sudah menjamur di masyarakat, seperti ide jualan makanan online hingga ide bisnis online shop.


Bisnis online ternyata bisa dilakukan oleh banyak orang, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga, atau bahkan seorang karyawan yang menginginkan usaha sampingan. Ide bisnis online untuk pemula, ternyata juga bisa dijalankan asalkan dia benar – benar berusaha dari nol disertai fokus dan konsisten.


Ide usaha online bisa kita jumpai dari banyak hal. Kamu bisa riset dari media sosial facebook, instagram, twitter, dll. Kamu bisa perhatikan bagaimana teman – teman di media sosial. Bagaimana pola hidup mereka? Apa kebutuhan mereka? Apa yang sering mereka cari? Itu semua menjadi target pasar kamu.


Dengan mengetahui kebutuhan pasar (teman – teman media sosial), kamu bisa jadikan ide jualan barang online lho. Misalkan, banyak teman – teman di medsosmu yang bingung mencari makanan untuk keperluan arisan mereka. Itu bisa menjadi inspirasi jualan makanan online kamu.


bisnis-online

Ide Bisnis Online untuk Pelajar dan Mahasiswa


Bisnis online memiliki beberapa kelebihan dari pada bisnis offline. Dengan bisnis online kamu tidak perlu menyiapkan tempat usaha sebagai memajang barangmu, jika kamu jualan. Kamu hanya perlu memposting barang jualanmu di media sosial atau di market place, supaya pasar tahu apa yang kamu jual. Jadi, pelajar dan mahasiwa sangat mudah melakukan bisnis online.


Jika kamu tidak menggunakan toko offline, berarti kamu tidak perlu mengeluarkan modal lebih untuk menyewa tempat atau toko sebagai tempat jualan. Selain itu, kamu juga tidak perlu menyetok barang yang banyak layaknya toko – toko offline. Jika ada yang berminat terhadap barang jualan yang kamu posting di media sosial, kamu baru membeli barang tersebut untuk dijual lagi ke teman kamu.


Sebenarnya bisnis online tidak hanya berjualan barang secara online saja. Jika kamu seorang pelajar atau mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis, atau desain website, itu adalah nilai plus yang perlu kalian kembangkan. Kamu bisa menghasilkan uang dengan skill-mu itu.


Sebaga pelajar dan mahasiswa beberapa pilihan ide bisnis bisa kamu pertimbangkan. Ide bisnis onlie untuk pelajar dan mahasiswa seperti desain website, pengembangan situs website, web store, atau aplikasi sistem informasi.



Bisnis Online yang Cocok untuk Pemula


Saat ini, hampir semua orang terhubung dengn internet. Generasi muda hingga tua sudah banyak yang tahu bagaimana cara online di internet. Tapi, kebanyakan dari mereka hanya menggunakan internet untuk mencari hiburan semata.


Sebenarnya, kalau kita lihat dari sisi ekonomi, jika kita hanya pergunakan pulsa, kuota, dan waktu hanya untuk melihat hiburan di internet, sepertinya kurang menguntungkan. Kita harus bisa berpikir produktif dari pada konsumtif. Lantas, bisnis online apa yang cocok untuk pemula?


Dengan perangkat hp android, sebenarnya kamu bisa menghasilkan uang di internet. Sekalipun kamu seorang pemula yang baru mempunyai niatan terjun di bisnis online. Seorang pemula atau orang awam tentang dunia bisnis online, bisa menjalankan bisnis online dengan proses yang panjang. Nikmati saja!



Mencoba adalah Kuncinya


Proses belajar dari nol hingga benar – benar bisa memang memiliki waktu yang sangat panjang dan berliku. Kamu harus meluangkan waktu, tenaga, pikiran untuk menguasai ilmu dalam bisnis online. Kamu harus bisa membagi waktu untuk belajar dan terus belajar.


Putuskanlah terlebih dahulu bisnis apa yang cocok dan sesuai passionmu. Setelah itu perdalam ilmu tentang bisnis tersebut hingga kamu benar – benar mahir dalam bisnis tersebut. Try and Error sudah biasa terjadi. Jangan takut gagal, karena kegagalan adalah awal dari kesuksesan. Tidak ada pebisnis yang sukses tanpa kegagalan.


Jika kamu seorang ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan kamu bisa menjalankan ide bisnis jualan online. Kira kira, ide jualan online apa? Sudah sangat banyak ide jualan online yang bisa kamu lakukan. Ada banyak sekali barang – barang yang bisa dijual lewat online.


Namun, banyak juga usaha online yang gagal dan tidak terkelola dengan baik. Hal tersebut karena kebanyakan pengusaha online tidak serius dengan usahanya. Banyak pelaku usaha online yang semangat di awal saja, tapi di akhir – akhir bosan juga dan meninggalkan usahanya. Jadi, kamu harus benar – benar fokus dengan usaha online-mu ya.


Ada beberapa ide bisnis online yang cocok untuk pemula. Kamu hanya perlu berusaha saja. Fokus satu bisnis dahulu, baru perdalam ilmunya, lalu kamu akan jadi professional dalam bisnis tersebut.



Berbagai Ide Bisnis Online


Ide bisnis online seberanya ada banyak, terutama jualan online. Kamu bisa mencari ide jualan online di media sosial atau marketplace. Cari barang yang sekiranya laku dan banyak orang mencarinya. Kamu bisa berjualan online makanan, baju, dress, tas, sepatu, dll. Namun, jika kamu malu atau belum siap mental untuk berjualan, kamu bisa mencoba beberapa hal di bawah ini. Kira – kira, apa bisnis online untuk pelajar? Baca beberapa die bisnis di bawah ini.


Ide Bisnis Online : Desain Web


Usaha desain web adalah pembuatan pesan atau informasi yang diaplikasikan ke dalam bentuk situs internet. Seorang desainer website bekerja dengan cara mendesain tampilan web sesuai dengan konsep pesan atau informasi yang diinginan klien.


Klien atau konsumen yang menggunakan jasa kamu sangat beragam. Konsumen kamu bisa saja perorangan atau bahkan sebuah perusahaan. Mereka biasanya ingin mempromosikan barang produk atau jasa dengan berbagai tujuan. Jadi, para klien tersebut membutuhkan bantuan seorang desainer web untuk merancang sebuah website yang mereka inginkan.


Namun, bisnis desain web ini harus bekerja sama dengan analisis sistem informasi, programmer atau pengembang situs. Jika kamu bisa menguasai ilmu – ilmu tersebut, maka itu akan menjadi nilai plus buat kamu. Seorang klien membutuhkan desain yang dapat diaplikasikan dalam jaringan situs web.


Ide Bisnis Onlie : Aplikasi Sistem Informasi


Bisnis ini bergerak di bidan layanan pembuatan sistem informasi sesuai dengan kebutuhan klien. Pangsa pasar dari bisnis ini biasanya adalah sebuah perusahaan. Perusahaan yang profesional akan membutuhkan jasa pembuat aplikasi sistem informasi ini.


Sebuah perusaaan di bidang apapun, pasti membutuhkan informasi. Informasi tersebut merupakan jalan untuk memperoleh kemajuan bisnis mereka. Jenis informasi yang digali juga beragam, bisa informasi yang ada di dalam perusahaan tersebut atau dari luar perusahaan. Informasi dari dalam perusahaan seperti data personalia, keuangan, dan logistik. Sedangkan informasi dari luar seperti informasi tentang pasar.


Aplikasi sistem informasi ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan. Sebab, dengan adanya aplikasi ini akan menjadi solusi bagi perusahaan memperoleh informasi, menganalisis, dan menampilkan hasil yang sangat berguna.


Aplikasi sistem informasi ini berbentuk softwate komputer. Biasanya software ini membantu menjalankan pekerjaan yang sama atau berulang – ulang, serta membutuhan ketelitian. Penggunaan software ini akan lebih memudahkan pekerjaan dalam waktu yang singkat (efektif dan efisien).


Contoh dari software aplikasi sistem informasi seperti software penghitungan stok untuk toko, software penyimpanan data, software sistem administrasi bank, dan masih banyak yang lainnya.


Klien atau konsumen bisnis Aplikasi Sistem Informasi ini seperti perusahaan dari berbagai bidang usaha (toko, perusahaan distribusi, bank, asuransi, akuntan, bisa juga perusahaan komunikasi yang mau membuat games online atau handphone.


Pengembangan situs website


Jika kamu senang dan sering mengakses internet, kenapa tidak mencoba bisnis pengembangan situs website? Bisnis ini bisa kamu jadikan ide usaha yang menjanjikan. Pengembangan situs website adalah usaha yang bergerak di bidang penyusunan dan perencanaan sebuah situs web.


Untuk menjalankan bisnis ini, kamu memang harus menguasai berbagai bidang ilmu seperti desain, programmer, komunikasi, pemasaran, dan content. Memang kamu membutuhkan ilmu yang professional untuk menjalankan bisnis ini. Namun, jika kamu serius dan tak muda putus asa, sebenarnya kamu bisa belajar ilmu – ilmu tersebut secara otodidak dari internet.


Usaha ini sebenarnya tidak membutuhkan modal yang besar. Sebab, kamu hanya mengandalkan kemampuanmu. Kamu bisa mengasah kemampuan dengan belajar dan terus belajar. Ada banyak sekali tutorial tentang situs web yang ada di google atau di youtube yang bisa kamu pelajari. Modal yang harus kamu usahakan cukup akses internet yang lancar untuk mendukung proses pengerjaan web.


Web Store


Bisnis web store adalah bisnis yang menjual berbagai macam produk dengan hanya memajang gambar produk lalu menawarkan barang tersebut kepada pembeli dengan atau tanpa harus menyetok barang dagangan. Walaupun namanya ada kata store atau toko, namun bisnis ini tidak memerlukan tempat nyata atau ruko sebagai tempat usaha. Kamu hanya perlu website bahkan blog gratisan di internet sebagai tempat memajang gambar produkmu.


Karena bisnis ini tidak membutuhkan tempat nyata seperti toko atau ruko, maka modal yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Meskipun demikian, konsumen web store ini sangatlah luas, bisa dari dalam negeri hingga ke luar negeri. Dengan demikian, kamu harus menguasai berbagai macam kurir dalam mengantar barang daganganmu.


Kamu bisa mengelola sendiri web store ini jika kamu memiliki waktu yang cukup luang. Namun, jika bisnis kamu sudah maju dan banyak kostumernya, kamu pun bisa menggaji karyawan dengan tugas – tugas tertentu, seperti upload gambar ke internet, kulakan barang dagangan, mengantar barang kepada pelanggan, dll.


Keuntungan yang diperoleh dari bisnis web store ini adalah dari penambahan harga jual sebenarnya dari tangan pertama atau grosir. Jadi, kamu membeli barang dari produsen atau grosir dengan harga yang agak rendah, lalu kamu posting gambar produk tersebut di web store dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual.


Mungkin kali ini cukup ini dulu yang bisa saya sampaikan mengenai ide bisnis online. Kamu bisa mencoba ide – ide tersebut sesuai dengan passion kamu. Ketika memulai bisnis online yang terpenting adalah fokus dan pantang menyerah. Semoga sukses dengan bisnismu ya. Wassalam.



Wirausaha Ide Bisnis

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment