Iklan Header

Bagaimana mendapatkan ide bisnis? Manusia merupakan makhluk ekonomi yang harus memenuhi kebutuhan hidup. Salah satu cara memenuhi kebutuhan hidup manusia dengan wirausaha. Namun, kebanyakan manusia bingung menemukan ide wirausaha yang cocok dengannya.


Saat ini sudah banyak sekali pebisnis membuka usaha dalam rangka memenuhi kebutuhan ekonomi. Bagi seorang entrepreneur terkadang bingung mau membuka bisnis apa, sebab sudah ada banyak sekali jenis bisnis. Kadang kita berpikir untuk menentukan ide bisnis yang belum ada.


ide-bisnis

Cara Mendapatkan Ide Bisnis


Kita bisa memunculkan ide bisnis yang orisinil khas kita sendiri. Biasanya, bisnis orisinil seperti ini harus berasal dari ide bisnis menarik. Sehingga, pasar sebagai konsumen bisnis baru ini menaruh perhatian kepada bisnis kita.


Sebenarnya, ide bisnis bisa kita contek dari para pebisnis yang sudah sukses. Kita hanya perlu ATM. Amati. Tiru. Dan Modifikasi. Kita pilih salah satu pebisnis yang sukses, lalu tiru bagaimana dia menjalankan bisnisnya. Kemudian, yang terpenting modifikasi sesuai dengan ciri khas kita.


Selain itu, banyak ide bisnis yang bisa kita ambil dari lingkungan sekitar kita. Sebagaimana ide bisnis dari masalah masyarakat. Misalnya, banyak warga di masyarakat lingkungan kita banyak sekali anak-anak usia sekolah. Sedangkan orangtua bingung dengan tugas sekolah anak-anak mereka. Sehingga, kita bisa membuat ide bisnis bimbingan belajar.


Kita juga bisa menemukan ide berwirausaha dari keluarga atau teman sekitar kita. Misalnya, Bapak kamu seorang pemborong konstruksi bangunan. Kamu bisa membuat ide bisnis membuat toko bangunan. Sebab, konstruksi pasti memerlukan bahan bangunan, dan Bapak kamu bisa mengambil bahan bangunan dari toko anaknya sendiri.


Hal yang perlu kamu perhatikan dalam menemukan ide berbisnis, sehingga membuat kita tidak mudah bosan dengan usaha kita sendiri adalah ide bisnis tersebut realistis atau kamu bisa mempraktekkan bisnis dengan mudah. Jangan sampai kita membangun bisnis tapi tidak sesuai dengan kemampuan kita.


Cara mendapatkan ide usaha ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Salah satu cara mendapatkan ide usaha adalah dengan membaca beberapa ide dan peluang bisnis dari berbagai sumber. Kamu bisa membaca ide – ide bisnis di bawah ini.



Ide Bisnis


Berikut beberapa ide usaha dan peluang usaha yang bisa kamu praktikkan. Semoga bisa membantu calon – calon wirausaha dalam berbisnis. Kamu bisa memilih salah satu atau dua atau beberapa, tapi yang terpenting kamu harus konsisten menjalankannya.


Fotografi : Cetak Foto Digital


Bagi kamu yang suka dengan dunia fotografi dan memiliki dana yang minim untuk membuka usaha, kamu bisa mencoba ide dan peluang bisnis cetak foto digital. Tidak perlu khawatir dengan besaran modal untuk berwirausaha, sebab bisnis ini bisa kamu lakukan dengan modal yang rendah atau kalau kamu punya modal lebih bisa juga hingga milyaran.


Jasa cetak foto digital menjadi peluang ide usaha inovatif di era digital. . Kalau kita amati, sekarang ini sudah menjadi era digital di berbagai bidang, termasuk hasil fotografi.


Bisnis cetak foto merupakan jenis usaha jasa dengan memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mencetak hasil pemotretan. Kamu bisa menghubungi teman-teman di media sosial untuk menawarkan jasa cetak foto mereka.


Fotografi : Studio Foto


Ide bisnis bisa kita munculkan dari aktivitas keseharian kita, termasuk hobi kita. Jika kamu hobi fotografi, kenapa tidak memanfaatkan perlengkapan fotografimu untuk menghasilkan uang? Kamu bisa membuat studio fotomu sendiri.


Studio foto ini juga termasuk jenis usaha jasa kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan berupa pemotretan di dalam ruangan atau studio. Ada berbagai keperluan bagi masyarakat yang memerlukan jasa foto studio ini. Sebut saja foto untuk keperluan wisuda, pernikahan atau prewedding, foto untuk keperluan mendaftar haji, passport, dan masih banyak yang lainnya.


Jasa Video Shooting - Editing – Transfer VCD / DVD


Jasa video shooting – editing - dan transfer VCD / DVD ini menjadi ide bisnis yang menarik dan memiliki peluang yang besar. Sebab, setiap orang pasti ingin mengabadikan momen – momen penting dalam hidupnya dengan cara direkam. Berbagai macam momen, seperti pernikahan, ulang tahun, khitanan, seminar, peluncuran produk, dan masih banyak lagi.


Kebanyakan orang akan mengabadikan momen – momen bahagianya dalam sebuah foto dan kelak di suatu hari kita bisa mengenang kembali dengan melhat video tersebut. Maka, hal tersebut menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.


Jasa Penerbitan


Saat ini, penerbitan buku masih menjadi salah satu ide bisnis yang menarik. Walaupun, saat ini sudah berkembang era digital dan sera online, akan tetapi masih banyak yang berminat mencari serta membaca buku bacaan cetak.


Ada beberapa faktor yang mendukung, kenapa seseorang masih setia dengan buku cetak dari pada buku elektronik. Salah satu faktor adalah buku bacaan cetak lebih nyata dan lebih nyaman untuk membacanya. Jika kita bandingkan antara buku cetak, buku elektronik yang terpapar radiasi cahaya ponsel atau perangkat elektronik, membuat mata lebih cepat capek dan mengantuk.


Ide usaha dan peluang usaha penerbitan meliputi beberapa hal diantaranya penyuntingan, desain, cetak dan distribusi. Sedangkan untuk karya dari tulisan yang akan dicetak berasal dari penulis buku sendiri. Paling tidak kamu bisa mencetak hasil karyamu sendiri yang berupa tulisan fiksi maupun non fiksi, atau karya tulisa teman - temanmu.


Digital Printing


Pernah melihat gelas bergambar? Atau kaos hasil printing? Itu salah satu ide usaha inovatif di era digital. Usaha digital printing saat ini masih banyak diminati. Meskipun sudah banyak yang melakukan usaha ini, akan tetapi peluang bisnis ini masih sangat luas. Hal yang harus diperhatikan terutama bisnis baru di bidang digital printing adalah harga yang bersaing, kualitas, variasi dan pelayanan yang memuaskan.


Usaha digital printing adalah segala macam usaha mencetak dengan menggunakan teknologi digital. Lingkup kerja digital printing mulai dari mendesain hingga mencetak kedalam media. Media yang digunakan cetak juga beragama, tidak hanya di kertas saja, kamu juga bisa mencetak di plastic, kaca, kain, bahkan mug.


Namun, yang perlu diperhatikan usaha digital printing ini adalah biasanya usaha ini hanya bergerak di satu media cetak saja. Misalnya, hanya mencetak di kain saja, atau mencetak di gelas saja. Sebab hal tersebut berkaitan dengan peralatan cetak (printer) yang dimiliki pengusaha tersebut. Tertarik?


Usaha Percetakan


Saat ini memang sudah memasuki era digital dan serba online. Akan tetapi, masih banyak juga yang menggunakan jasa percetakan. Sebut saja pembuatan kartu nama, undangan, leaflet, poster, booklet, buletin,notes, tabloid, majalah, dan buku.


Bisnis percetakan tergantung dari peralatan cetak yang kamu miliki. Kamu juga membutuhkan tenaga operator dan desain grafis. Kapasitas peralatan cetak yang kamu miliki akan mempengaruhi kemampuan usaha kamu dalam meneriman orderan percetakan.


Sebenarnya masih banyak sekali ide – ide usaha yang lain, tetapi untuk artikel saya ini, saya cukupkan dahulu. Semoga kesempatan selanjutnya masih ada waktu untuk melanjutkannya. Wassalam.



Wirausaha Ide Bisnis Online

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment