Iklan Header

Manusia memilik kebutuhan yang beragam. Untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia, maka memerlukan alat pemenuh kebutuhan. Alat pemenuh kebutuhan manusia akan sangat beragam. Hal tersebut disebabkan banyaknya kebutuhan manusia yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.


Adapun wujud kebutuhan merupakan benda yang sudah diolah menjadi sesuatu yang bernilai dalam memuaskan kebutuhan manusia. Selain benda, alat pemuas kebutuhan manusia juga dapat berupa jasa.


alat-pemenuh-kebutuhan

Adapun macam-macam alat pemenuh kebutuhan manusia, sebagai berikut :


1. Alat Pemenuh Kebutuhan menurut Hubungan dengan Barang Lain

Berdasarkan hubungannya dengan barang lain, maka alat pemenuh kebutuhan ini terkadang tidak dapat digunakan sendiri untuk memenuhi kebutuhannya, melainkan membutuhakan barang lain agar dapat digunakan. Adapun alat pemenuh kebutuhan berdasarkan hubungannya dengan barang lain dapat dibedakan menjadi dua, sebagai berikut :


  1. Barang Substitusi
  2. Barang substitusi adalah barang yang dalam penggunaannya saling dapat menggantikan dengan barang lain dengan syarat barang tersebut memiliki kegunaan yang sama. Contoh barang substitusi antara lain : gas menggantikan minyak tanah sebagai bahan bakar, nasi digantikan dengan singkong, dll.


  3. Barang Komplementer
  4. Barang komplementer adalah barang yang penggunaannya dapat saling melengkapi satu sama lain karena bila tidak ada salah satu, maka barang tersebut kurang bermanfaat atau bahkan tidak bermanfaat sama sekali. Contoh barang komplementer seperti : mobil dengan bensi, jarum dengan benang, kompor dengan gas, dll.


2. Alat Pemenuh Kebutuhan menurut Fungsinya

Alat pemenuh kebutuhan berdasarkan fungsinya ataupun tujuan penggunaannya dibedakan menjadi dua, sebagai berikut :


  1. Barang Konsumsi
  2. Barang konsumsi adalah barang yang langsung dapat memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi disebut juga barang siap pakai, misalnya sepatu, baju, kaus, televisi, dll.


  3. Barang Produksi
  4. Barang produksi adalah barang yang tidak langsung memenuhi kebutuhan manusia atau konsumen, tetapi merupakan alat pembantu dalam proses produksi. Misalnya mesin produksi, gedung, bangunan pabrik, dan bahan baku.


3. Alat Pemenuh Kebutuhan menurut Cara Pengerjaannya

Berdasarkan cara pengerjaannya tidak semua barang dapat digunakan secara langsung sebagai alat pemenuh kebutuhan. Dimana ada beberapa barang yang perlu diproses terlebih dahulu agar dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Adapun berdasarkan cara pengerjaannya, terdapat tiga barang yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan, sebagai berikut :


  1. Barang Mentah
  2. Barang mentah adalah barang yang belum siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan, tetapi harus diproses terlebih dahulu. Barang mentah digunakan sebagai bahan baku atau bahan dasar untuk diproses menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Contoh barang mentah seperti : kapas, getah karet, dan kayu.


  3. Barang Setengah Jadi
  4. Barang setengah jadi adalah barang yang masih memerlukan proses produksi untuk dijadikan bahan siap pakai atau bahan jadi. Contoh barang setengah jadi, seperti : benang untuk membuat kain, kain untuk membuat pakaian, kulit untuk membuat tas, dll.


  5. Barang Jadi
  6. Barang jadi adalah barang yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan merupakan hasil akhir dari proses produksi. Contoh : buku, tas, baju, dll.


4. Alat Pemenuh Kebutuhan berdasarkan Cara Memperoleh (Kelangkaan)

Alat pemenuh kebutuhan ada yang dapat diperoleh secara gratis karena tersedia di alam, namun ada juga yang membutuhkan pengorbanan terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Berdasarkan cara memperolehnya, alat pemenuh kebutuhan dapat dibedakan menjadi tiga, sebagai berikut :

  1. Barang Ekonomi
  2. Barang ekonomi adalah semua barang yang keberadaanya terbatas, sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik. Contoh : untuk memperoleh beras, pakaian dan perabot rumah tangga umumnya orang harus membelinya dengan menggunakan uang.


  3. Barang Bebas
  4. Barang bebas adalah barang yang tersedia dalam jumlah berlimpah melebihi jumlah yang dibutuhkan masyarakat, sehingga bisa didapatkan tanpa pengorbanan. Contohnya : menurut kelangkaannya angin yang bertiup setiap hari termasuk barang bebas.


  5. Barang Illith
  6. Barang illith adalah barang yang jika jumlahnya berlebihan akan merugikan bahkan membahayakan kehidupan manusia. Contohnya, air jika jumlahnya sedikit bisa digunakan untuk minum, mencuci, dan lain sebagainya. Namun, jika jumlah air sangat banyak akan menyebabkan banjir yang merugikan banyak orang. Contoh lain adalah api.


5. Alat Pemenuh Kebutuhan menurut Wujudnya

Alat pemenuh kebutuhan juga dapat dibedakan berdasarka wujudnya, yaitu benda konkret dan abstrak. Berikut penjelasannya


  1. Barang Berwujud (Konkret)
  2. Barang konkret adalah alat pemenuh kebutuhan yang dapat dilihat, diraba, dan dirasakan manfaatnya. Contohnya meja, kursi, sepatu, tas, dll.


  3. Barang tidak Berwujud (Abstrak)
  4. Barang tidak berwujud atau abstrak adalah alat pemenuh kebutuhan yang hanya dapat dirasakan manfaatnya tanpa terlihat dengan mata manusia. Contoh : murotal qur'an, musik, dll.


6. Alat Pemenuh Kebutuhan berdasarkan Tingkat Pemakaiannya

Alat pemenuh kebutuhan yang berupa barang dapat dibedakan menurut tingkat pemakaiannya. Hal tersebut disebabkan karena barang dapat digunakan berulang kali atau hanya digunakan sekali saja. Berdasarkan tingkat pemakaiannya, alat pemenuh kebutuhan dapat digolongkan menjadi :


  1. Benda Tahan Lama
  2. Benda tahan lama adalah benda yang dapat dipergunakan berulang kali dan tidak habis sekali pakai. Contohnya seperti pakaian, mesin, hp, laptop, dll.


  3. Benda Tidak Tahan Lama
  4. Benda tidak tahan lama adalah benda yang hanya dapat dipergunakan satu kali saja atau benda yang habis pakai. Misalnya makanan, minuman, tisu, dll.


7. Alat Pemenuh Kebutuhan berdasarkan Segi Jaminannya

Alat pemenuh kebutuhan berupa barang juga dapat dijadikan jaminan dalam melakukan berbagai kegiatan. Adapun menurut segi jaminannya, maka alat pemenuh kebutuhan dapat dibedakan menjadi :


  1. Barang Bergerak
  2. Barang bergerak adalah barang yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman atau kredit jangka pendek. Barang yang dimaksud bergerak karena dapat dipindah-pindahkan dengan mudah. Misalnya, mobil, perhiasan, dan barang elektronik.


  3. Barang Tidak Bergerak
  4. Barang tidak bergerak adalah barang yang digunakan sebagai jamimnan untuk memperoleh pinjaman atau kredit jangka panjang. Barang tersebut disebut tidak bergerak sebab tidak mudah memindahkan tempatnya. Contohnya saja seperti tanah dan rumah.


Latihan Soal dan Pembahasannya


Apakah yang dimaksud dengan barang ekonomi?

Jawab : Barang ekonomi adalah semua barang yang keberadaannya terbatas, sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik.

Bahasan Sebelumnya :

Bahasan Selanjutnya :
Tindakan Ekonomi--->

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment