Iklan Header

Manusia dalam memenuhi kebutuhan dan menjaga kelangsungan hidupnya harus melakukan berbagai tindakan yang akan memberikan kesejahteraan dan kemakmuran bagi kehidupannya. Tindakan ekonomi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Apakah yang dimaksud dengan tindakan ekonomi? Lanjutin baca penjelasan di bawah ini ya..


tindakan-ekonomi

Pengertian Tindakan Ekonomi

Tindakan yang dilakukan manusia setiap harinya, belum tentu merupakan tindakan ekonomi. Tindakan ekonomi hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan saja.

Tindakan Ekonomi adalah tindakan yang dilakukan oleh manusia dalam rangka memenuhi berbagai kebutuhannya dengan memanfaatkan sumber-sumber pemenuhan kebutuhan yang terbatas sebaik dan sehemat mungkin.

Tindakan ekonomi memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah :

  • Untuk dapat menentukan benda atau jasa sebagai alat pemenuh kebutuhan.
  • Dapat membedakan kualitas barang.
  • Dapat menentukan kebutuhan yang harus diutamakan
  • Dapat memprediksi untung dan rugi.

Tindakan ekonomi dilakukan karena manusia ingin mencukupi semua kebutuhannya sehingga menjadi sejahtera atau makmur. Ukuran kesejahteraan secara ekonomi bisa disamakan dengan terpenuhinya kebutuhan materiil (fisik). Tindakan ekonomi yang dilakukan secara terus-menerus (setiap hari) oleh masyarakat ini akhirnya menjadi suatu aktivitas yang disebut tindakan ekonomi.


Tindakan ekonomi dilakukan karena adanya keterbatasan sarana pemenuhan kebutuhan dan manusia ingin mencukupi semua kebutuhannya demi mencapai kesejahteraan dan kemakmuran.


Macam Tindakan Ekonomi

Keterbatasan alat pemenuh kebutuhan, manusia harus memilih kebutuhan mana yang pemenuhannya harus didahulukan serta kebutuhan mana yang sesuai dengan kemampuannya. Oleh karena itu, tindakan ekonomi dapat dibedakan menjadi sebagai berikut :


1. Tindakan Ekonomi Rasional

Manusia memiliki akal yang dapat digunakan untuk menentukan tindakan yang akan dilakukannya. Dengan akal, manusia mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya. Artinya, manusia yang berakal selalu bertindak berdasarkan rasio (pemikiran yang sehat). Setiap tindakan ekonomi rasional dilandasi dengan pilihan yang paling menguntungkan.


Jadi, Tindakan Ekonomi Rasional adalah tindakan ekonomi yang didasarkan pada pertimbangan akal sehat.

Adapun tindakan ekonomi rasional memiliki beberapa ciri-ciri, sebagai berikut :

  • Tindakan ekonomi itu tidak memperoleh kepuasan maksimal dengan pengorbanan minimal.
  • Tindakan ekonomi itu didorong oleh suatu kepentingan.

Contoh tindakan rasional seperti berikut. Rudi ingin membuka toko sembako karena di daerahnya belum ada toko yang menjual sembako, sehingga warga di sekitarnya harus pergi ke pasar untuk membeli sembako. Tindakan yang dilakukan oleh Rudi merupakan salah satu contoh tindakan rasional. Hal tersebut dikarenakan dengan tidak adanya toko yang menjual barang yang sama, maka pembeli akan membeli di toko Rudi dan ia akan mendapat penghasilan tambahan dari toko tersebut untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.


2. Tindakan Ekonomi Irasional

Salah satu ciri-ciri manusia adalah sifatnya yang tidak pernah puas, sehingga kebanyakan orang tidak dapat membedakan yang mana keinginan dan yang mana kebutuhan. Mereka selali mengira bahwa kenginan dan kebutuhan merupakan hal yang sama, sehingga menyebabkan manusia sering melakukan tindakan ekonomi yang irasional.


Tindakan Ekonomi Irasional adalah setiap melakukan tindakan ekonomi yang dilakukan menurut perkiraannya menguntungkan, tetapi pada kenyataanya malah tidak menguntungkan.

Contoh tindakan ekonomi irasional seperti berikut. Untuk menghilangkan rasa jenuh bersekolah, pada akhir pekan, Dwi bermain game online di warnet. Maka, setiap hari Sabtu dan Minggu dia selalu pergi ke warnet untuk bermain game. Padahal, untuk bermain game Dwi harus membayar dengan uang yang dia sisihkan dari uang saku, tapi lama-kelamaan uang sakunya tidak cukup dan mengambil uang tabungannya. Akibatnya, uang tabungan Dwi habis dan dia tidak mendapatkan kebutuhan apapun. Tindakan Dwi tersebut termasuk tindakan ekonomi irasional.


Latihan Soal dan Pembahasannya

Mengapa menusia melakukan tindakan ekonomi?

Jawaban : Tindakan ekonomi dilakukan karena adanya keterbatasan sarana pemenuhan kebutuhan dan manusia ingin mencukupi semua kebutuhannya sehingga menjadi sejahtera dan makmur.

Bahasan Sebelumnya :

Bahasan Selanjutnya :
Motif Ekonomi--->

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment