Iklan Header

Assalamu'alaikum.
Pasti sudah pada tahu ya?
Kapan hari kemerdekaan indonesia?
Ya, 17 Agustus 1945.
Tapi, tahu gak gaes? mengapa bangsa indonesia perlu melakukan proklamasi kemerdekaan?
Jadi gini gaes, jika suatu negara benar-benar dikatakan berdaulat, perlu adanya pengakuan dari negara atau organisasi lain. Jadi gak sembarangan negara bisa memproklamasikan kemerdekaannya secara sembarangan.

Negara dikatakan "merdeka" terlebih dahulu harus mampu melewati dua tahapan penting, yaitu unsur deklarasi dan pengakuan. Jadi, negara yang ingin merdeka harus melakukan proklamasi kemerdekaannya yang ditandai dengan adanya tempat (wilayah), warga, dan pemerintahan. Selanjutnya, harus ada negara lain yang mengakui bahwa negara tersebut memang benar-benar sebuah negara. Pengakuan bisa berupa bentuk kerjasama bilateral (hubungan antar dua negara), atau perjanjian.

Pentingkah pengakuan kemerdekaan dari negara lain?
Sangat penting gaes. Contohnya gini, jika kita mau mengadakan kegiatan bakti sosial di sekolah, walaupun tempatnya sudah ada, peserta bakti sosial sudah terkumpul, pantia juga sudah kerja keras mempersiapkan semuanya, Namun, kepala sekolah tidak mengakui bahwa itu kegiatan dari sekolah, maka kegiatan tersebut tidak akan bisa berjalan.

Sama halnya dengan negara, jika negara tersebut merasa sudah merdeka, akan tetapi tidak ada satupun negara-negara di dunia mengakuinya, maka negara tersebut belum bisa disebut sebagai negara.

Di zaman dahulu, kasus tersebut juga pernah dialami Rasulullah salallahu'alaihi wassalam ketika peristiwa Hudaibiyah. Peristiwa Perjanjian Hudaibiyah adalah peristiwa dilaksanakannya perjanjian antara Muslim Madinah dengan kaum Quraisy. Pada awalnya Rasulullah salallahu'alaihi wassalam sudah melaksanakan sebuah proklamasi pembentukan negara Madinah dalam Piagam Madinah. Kemudian disusul dengan adanya perjanjian hudaibiyah, maka secara tidak langsung kamu Quraisy mengakui bahwa Madinah adalah sebuah negara.
Walaupun, isi perjanjian dari kedua belah pihak saling menentang.

Nah, Negara Indonesia juga telah melewati dua syarat di atas. Pertama, melaksanakan proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Kemudian disusul pengakuan dari negara lain.

negara-dan-organisasi-pertama-yang-mengakui-kemerdekaan-indonesia


Lalu, kira-kira negara mana yang pertama mengakui Indonesia?
Pada awal kemerdekaan Indonesia, kebanyak negara yang mengakui Indonesia adalah sebuah negara berasal dari Timur Tengah. Negara-negara tersebut adalah :

1. Mesir

Sebenarnya, sebelum Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia. Salah seorang Syekh dari Palestina pernah mengakui kemerdekaan Indonesia atas dasar pernyataan janji yang diberikan Jenderal Kunaiki Koiso, Perdana Menteri Jepang untuk kemerdekaan Indoensia. Syekh tersebut adalah Muhammad Amin Al-Husaini. Bisa dibilang Syekh Muhammad Amin Al-Husaini adalah orang pertama yang mengakui kedaulatan Indonesia, walaupun Indonesia belum memproklamasikan kemerdekaannya. Pernyataan Syekh Muhammad Amin Al-Husaini terhadap kedaulatan Indonesia, dinyatakan pada tanggal 6 September 1944 (sebelum hari kemerdekaan Indonesia).

Selanjutnya, barulah negara Mesir mendukung pernyataan Syekh Muhammad Amin Al-Husaini tersebut. Mesir mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 22 Maret 1946, Sekjen Kemlu Mesir menyatakan,
"Dari saat ini juga, Pemerintah Mesir menganggap warga Indonesia di Mesir tidak ada hubungan lagi dengan Perwakilan Belanda. Semua urusan yang menyangkut warga negara Indonesia itu, Pemerintah Mesir akan menghubungi Panitia".

Berdasarkan pernyataan tersebut, memiliki arti diantaranya :
  1. Pengakuan secara de facto bahwa warga Indonesia di Mesir diberi kebebasan mutlak dan tidak dalam perwalian Belanda,
  2. Perwakilan Indonesia saat itu dilimpahkan kepada Panitia Pusat Pembela Kemerdekaan Indonesia secara de facto,
  3. Mesir mengakui secara de facto kedaulatan Indonesia


Akhirnya, keputusan tersebut menjadikan organisasi Liga Arab yang diikuti negara-negara di Timur Tengah mengakui kedaulatan Indonesia. Maka, organisasi pertama kali yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Liga Arab. Sehingga negara-negara yang masuk dalam Liga Arab satu persatu mulai mengakui kemerdekaan Indonesia, diantaranya :

2. Arab Saudi

3. Lebanon

4. Syiria

5. Irak

6. Iran

8. Yaman

9. Afganistan

10. Turki

Selain negara-negara Timur Tengah, negara yang mengakui kedaulatan Indonesia di awal kemerdekaan adalah :

11. India

India mengakui kedaulatan Indonesia ditandai dengan dikeluarkannya bantuan beras oleh Indonesia kepada negara India yang sedang mengalami kelaparan. Padahal, saat itu Indonesia sendiri juga butuh persedian beras yang banyak. Dengan adanya hubungan bilateral (Indonesia-India), maka secara tidak langsung India mengakui kedaulatan Indonesia.

Ketika mengetahui bantuan beras dari Indonesia dikirimkan ke India, pemerintahan Belanda yang saat itu menjajah Indonesia sangat marah dan memprotes keras tindakan Indonesia, sehingga blokade yang dilakukan oleh Belanda terhadap aktivitas ekonomi Indonesia semakin diperketat.

12. Australia

Australia merupakan negara dekat Indonesia. Australia sendiri mendukung Indonesia (terutama buruh dermaga) untuk memboikot pasukan Belanda yang berada di Australia.

13. Vatikan

Vatikan merupakan negara kecil di Eropa, tepatnya di Italia. Negara ini adalah negara pertama dari Eropa yang mengakui kedaulatan Indonesia. Pemerintah Vatikan menganggap, Indonesia memiliki penduduk yang beragama kristen, sehingga menganggap Indonesia adalah saudara mereka.

Meskipun banyak sekali negara-negara Islam di Timur Tengah yang mengawali pengakuan kemerdekaan Indoenesia, akan tetapi kemerdekaan berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pikiran,serta kemerdekaan beragama dan berkepercayaan di indonesia masih dijunjung tinggi hingga sekarang.

Jadi, itulah gaes.
Negara-negara dan organisasi yang paling awal mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.

Terimakasih.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment