Iklan Header

Assalamu'alaikum, teman-teman. Kembali lagi dengan saya. Kali ini saya akan membagikan kunci jawaban dan pembahasan dari latihan soal ulangan harian bab 1 kelas 9 mata pelajaran IPS tentang Interaksi Keruangan Negara-Negara Asia dan Benua Lainnya.


Dengan adanya latihan soal ini diharapkan kamu bisa belajar secara mandiri dengan mengerjakan soal-soal latihan disertai dengan kunci jawaban dan pembahasannya.


Sebelum melihat kunci jawaban dan pembahasannya, upayakan kamu sudah menyelesaikan semua pertanyaan dengan kemampuanmu sendiri. Setelah selesai mengerjakan, kamu bisa melihat kunci jawaban dan pembahasannya. Langsung saja monggo dipelajari.


kelas-9-mata-pelajaran-ips-bab-1

Soal : Soal Ulangan Harian IPS BAB 1 Kelas 9


PEMBAHASAN


1. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Pangea atau Pangaea adalah Super Benua yang ada selama era akhir Paleozoikum dan awal Mesozoikum, terbentuknya sekitar 300 juta tahun yang lalu dan mulai retak sekitar 200 juta tahun yang lalu, sebelum komponen benua dipisahkan menjadi konfigurasi mereka saat ini. Pangea dikelilingi oleh Superlautan yang bernama Panthalassa.


2. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Benua Asia mempunyai perbedaan iklim yang ekstrem. Ada wilayah yang beriklim panas terik, tetapi ada juga yang beriklim sangat dingin (wilayah Arktik). Ada yang beriklim huja deras akibat pengaruh muson, tetapi ada yang beriklim sangat kering, seperti di Basin Tarim.


3. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Bentang alam gunung dan pegunungan yang ada di kawasan Asia adalah suatu rangkaian jalur gunung berapi. Kondisi tersebut mengakibatkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara rawan terjadi bencana vulkanisme.


4. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Jika dibandingkan dengan benua lain, Benua Australia memiliki topografi paling rata. Perubahan ketinggian tempat tidak terjadi sampai jarak ratusan kilometer. Sebagian besar bentang alam benua adalah plato rendah. Di sisi barat dan timur terdapat dataran rendah pantai.


5. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Kawasan Benua Asia yang mengandalkan pertanian sebagai salah satu komoditas ekonomi penting adalah Asia Timur, Asia Tenggara, dan Asia Tengah.


6. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Berdasarkan letak lintangnya, Benua Asia dilalui garus khatulistiwa (0 derajat) di bagian Tenggara (Indonesia) dan garis balik Utara pada lintang 23 derajat LU. Kondisi ini menyebabkan benua ini memiliki variasi iklim berikut ini.

  1. Iklim monsun tropis, terjadi di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.
  2. Iklim subtropis, terjadi di kawasan Asia Tengah dan Asia Timur.
  3. Iklim gurun, terjadi di kawasan Asia Barat, Asia Tengah dan Asia Timur.
  4. Iklim dingin, terjadi di kawasan Siberia (Asia Utara).

7. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Negara Jepang merupakan salah satu negara maju yang berada di Benua Asia. Beberapa faktor yang menjadikan Jepang dikelompokkan sebagai negara maju, yaitu :

  1. Angka pertumbuhan penduduk rendah.
  2. Kegiatan ekonomi berfokus pada kegiatan industri dan jasa.
  3. Angka harapan hidup tinggi.
  4. Kualitas sumber daya manusia tinggi.
  5. Pertumbuhan ekonomi tinggi.

8. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Samudra Arktik adalah Samudra yang terletak di Kutub Utara.


9. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Samudra Hindia adalah samudra yang terletak di antara Benua Afrika, Asia, dan Australia.


10. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Ras-ras yang dominan, misalnya di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara didominasi oleh Ras Mongoloid (berkulit kuning), di wilayah Asia Utara dan Asia Tengah (Asia-Rusia) didominasi oleh Ras Kaukasoid atau Europoid (berkulit putih), dan di wilayah Asia Barat dan Asia Selatan terdapat Ras Negroid (berkulit hitam).


11. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Karakteristik benua Asia sebagai berikut :

  1. Benua paling luas di dunia
  2. Benua dengan populasi terbanyak di dunia.
  3. Benua yang paling tinggi di dunia.
  4. Benua yang memiliki dataran tertinggi di dunia.
  5. Benua yang memiliki titik terendah di daratan
  6. Terdapat banyak gurun pasir
  7. Asia tempat lahirnya agama besar

12. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Benua Australia mempunyai ciri-ciri khas yaitu :

  1. Merupakan benua terkecil diantara 5 benua yang dihuni manusia.
  2. Penduduk asli Australia yaitu suku Aborigin, yang terkenal dengan senjata boomerang.
  3. Pada pantai timur Australia, terdapat karang penghalang terbesar dan terpanjang di dunia yaitu The Great Barrier Reef.
  4. Benua dengan fauna yang khas dan unik yang berbeda dari benua lain, seperti fauna berkantung (kangguru, sehingga benua ini disebut sebagai benua kangguru), platypus, koala, wombat, wallaby, dingo dan lainnya.

13. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Mesir adalah negara di Benua Afrika yang paling maju sektor industrinya.


14. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Gurun Pasir Gobi terletak di kawasan Asia Timur yang tepatnya berada di Republik Tiongkok dan bagian selatan Mongolia.


15. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Ras Negroid adalah istilah yang pernah dipakai dulu untuk menunjukkan fenotipe umum dari sebagian besar penghuni benua Afrika di sebelah selatan gurun Sahara. Keturunan mereka banyak mendiami Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa dan Timur Tengah.


16. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Australia dan Indonesia adalah negara yang bertetangga, tetapi geografi dan geologinya sangat berlawanan. Australia pada umumnya adalah benua yang rata. Benua tersebut relatif stabil, dan menurut sejarahnya tidak pernah mengalami ledakan gunung api, aktifitas gempa bumi yang terbatas dan tercatat tidak pernah mengalami angin topan tsunami.


17. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Wilayah bagian utara Benua Asia mencakup sebagian besar Siberia dan wilayah Asia Tengah sebelah barat, adalah dataran rendah yang berupa stepa, tundra, dan gurun pasir.


18. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Benua Asia merupakan benua yang memiliki penduduk yang terdiri atas multiras, jumlah penduduk terbanyak di dunia, tempat lahirnya agama-agama besar (Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu, serta mayoritas penduduknya masih mengandalkan sektor pertanian.


19. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Kutub Utara merupakan lautan yang tertutupi es sehingga tidak digolongkan sebagai benua.


20. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Salah satu dataran tinggi di Eropa adalah dataran tinggi Skotlandia yang terletak di negara Inggris.


21. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Interaksi antarruang adalah cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya dan keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya.


22. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Negara berkembang adalah negara yang ciri-cirinya, antara lain pertanian tradisional merupakan faktor produksi primer, industri belum berkembang, dan sebagainya.


23. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Hutan hujan tropis adalah bioma berupa hutan yang selalu basah atau lembap, yang dapat ditemui di wilayah sekitar khatulistiwa; yakni kurang lebih pada lintang 0 - 10 derajat ke utara dan ke selatan garis khatulistiwa.


24. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Suku aborigin (atau yang lebih dikenal dengan indigineus Australia, adalah masyarakat pertama yang ada di Australia sebelum orang kulit putih datang dan mendiami Australia. Mereka memiliki ciri-ciri yang relatif sama dengan masyarakat Papua di Indonesia (seperti kulit, rambut, perhiasan tubuh).


25. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Sabana yang ada di tanah tinggi Brasil disebut dengan campos. Campos adalah padang rumput di Brasil bagian timur. Tumbuhan di padang rumput ini didominasi oleh rumput dari spesies Calea lutea.


26. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Umumnya negara maju memiliki jumlah penduduk yang rendah sehingga banyak industri di negara maju yang kekurangan tenaga kerja. Bahkan harus mengandalkan tenaga kerja dari luar negeri. Namun, hal ini mulai teratasi dengan penggunaan mesin-mesin pada industri yang membuat kebutuhan akan tenaga kerja menjadi berkurang.


27. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Gunung Fuji adalah gunung tertinggi di Jepang, terletak di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Gunung Fuji terletak dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Fuji dikelilingi oleh tiga kota yaitu Gotemba (timur), Fuji-Yoshida (utara) dan Fujinomiya (barat daya). Gunung setinggi 3.776 m ini dikelilingi juga oleh lima danau yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji.


28. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Meskipun Australia adalah negara yang amat luas dengan daerah daratan yang besarnya empat kali Indonesia, tidak banyak daerah yang cocok untuk daerah hunian. Daerah-daerah yang paling sesuai untuk hunian adalah daerah pantai yang iklimnya nyaman dan curah hujannya cukup. Oleh karena itu, kepadatan dan persebaran penduduknya sangat tidak merata.


29. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Republik Angola adalah sebuah negara yang terletak di Afrika bagian barat daya.


30. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Salah satu faktor penyebab gurun di Australia adalah karena letaknya berada pada zona turunnya massa udara (zona subsidensi). Zona tersebut berada sekitar 30 LU atau 30 LS. Jika udara yang naik akan mengalami proses pembentukan awan, maka udara uang turun justru sebaliknya.


31. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Penguin merupakan satu-satunya satwa besar yang bisa bertahan hidup di musim dingin. Penguin mampu hidup di Benua Antartika.


32. Jawaban : A

PEMABAHASAN :

Penyebaran penduduk di Afrika sangat tidak merata, ada daerah yang sangat padat dan ada daerah yang sangat jarang. Lembah Sungai Nil merupakan wilayah yang paling padat penduduknya hal ini dikarenakan Lembah Sungai Nil merupakan daerah yang sangat subur.


33. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Bentang alam yang merupakan keistimewaan Benua Amerika antara lain :

  1. Benua Amerika adalah benua yang berbentuk meridian (memanjang dari Utara-Selatan).
  2. Benua Amerika memiliki air terjun tertinggi, yaitu air terjun Angel (1.000 m) di Venezuela.
  3. Benua Amerika memiliki gunung api aktif tertinggi, yaitu Gunung Ojos de Salado (6.908 m).

34. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Adapun dampak interaksi antara desa dan kota sebagai berikut :

  1. Semakin beragamnya orientasi mata pencaharian.
  2. Semakin meningkatnya produktivitas pertanian.
  3. Semakin banyaknya sarana transportasi antara desa dan kota.
  4. Budaya kota biasanya masuk ke desa, baik dalam cara berpakaian, bahasa dan seni yang tidak sesuai dengan budaya desa.
  5. Berkembangnya media massa membuat warga desa memiliki kesadaran berpolitik yang makin meningkat.
  6. Makin banyaknya guru dan sekolah yang dibangun di desa.

35. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Negara berkembang secara berkala akan memperpanjang transaksi peminjaman modal terhadap negara maju. Hal tersebut, merupakan contoh negara berkembang terhadap negara maju.


36. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Kawasan Timur Tengah meliputi negara-negara yang berada di wilayah Asia barat daya dan Afrika bagian utara. Sebagian besar wilayah ini memiliki kondisi lahan yang kering dan tandus. Namun, negara-negara di kawasan ini umumnya memiliki cadangan minyak yang sangat besar. Hal ini disebabkan oleh proses geologis yang terjadi di kawasan ini, di mana sebagian besar batuan yang berada di sana adalah batuan karbonat yang tersusun dari hasil sedimentasi sisa-sisa hewan laut. Sisa-sisa hewan laut ini mengelami proses menjadi minyak bumi karena mendapatkan tekanan tinggi dan panas dari dalam bumi. Cadangan minyak bumi yang tinggi menjadikan sebagian besar negara di kawasan Timur Tegah memiliki pendapatan yang tinggi. Jawaban yang paling tepat adalah C.


37. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Samudra Arktik memiliki karakteristik sebagai berikut :

  1. Mempunyai suhu permukaan paling dingin dibandingkan samudra-samudra yang lain.
  2. Seluruh wilayah berada di garis lintang utara.
  3. Satu-satunya samudra yang tidak dilalui garis khatulistiwa.
  4. Samudra yang tidak ada batasannya.

38. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Benua Asia dan Eropa adalah benua yang terhubung lewat darat dan keduanya membentuk suatu benua raksasa yang disebut sebagai Eurasia. Batas antara Asia dan Eropa sangat kabur sehingga beberapa negara seperti Turki terkadang dapat dimasukkan ke Asia maupun Eropa. Beberapa bentang alam yang sering dipaakai untuk memisahkan kedua benua tersebut adalah Selat Dardanella, Laut Marmara, Selat Bosporus, Laut Hitam, Pegunungan Kaukasus, Laut Kaspia, Sungai Ural (atau Sungai Embra), dan Pegunungan Ural hingga Novaya Zemlya. Selain berbatasan langsung dengan Benua Eropa, Benua Asia juga memiliki batas langsung dengan Benua Afrika yang memiliki perbatasan darat dan bertemu di sekiar Terusan Suez.


39. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Dataran tinggi Tibet, atau dikenal sebagai Dataran Tinggi Qinghai-Tibet (Qingzang) adalah dataran yang sangat di Asia Timur yang meliputi sebagian besar Daerah Otonomi Tibet dan Provinsi Qinghai di Republik Rakyat Tiongkok, serta Provinsi Ladakh di Kashmir. Dataran tinggi ini luasnya 2,5 juta kilometer), dengan ketinggian rata-rata 4.500 di atas permukaan laut. Sebagian dataran tinggi terbesar yang letaknya tertinggi di dunia, kawasan dataran tinggi Tibet mendapat julukan sebagai "atap dunia". Sebagai perbandingan, luas dataran tinggi ini kira-kira sama besarnya dengan 4 kali luas negara bagian Texas atau Prancis.


40. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Negara yang diberi tanda hitam aalah negara Mesir dan Kongo.



Kembali ke Soal :


Soal Latihan Selanjutnya :
Latihan Soal PTS Semester 1 IPS Kelas 9--->

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment