Iklan Header

Assalamu'alaikum, teman-teman. Semoga sehat selalu. Kali ini saya akan membagikan pembahasan dan kunci jawaban dari Latihan Soal Ulangan Harian BAB 1 Kelas 8 Materi Pelajarann IPS yang sudah saya bagikan beberapa minggu yang lalu.


Soal latihan ini diharapkan bisa menjadi latihan soal untuk menghadapi ulangan harian BAB 1 Materi Pelajaran IPS di Kelas 8 tentang Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN. Jadi, usahakan kamu mengerjakan soal-soalnya dengan kemampuannya sendiri, setelah selesai, kamu bisa mengoreksi hasil pekerjaanmu dengan melihat kunci jawaban dan pembahasannya di bawah ini. Langsung saja monggo dipelajari.


kelas-8-mata-pelajaran-ips-bab-1

Soal : Ulangan Harian IPS BAB 1 Kelas 8

PEMBAHASAN


1. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Indonesia memiliki laut yang luas dan garis pantai yang panjang di Asia Tenggara. Potensi ikan di Indonesia cukup banyak. Di samping itu, ditemukan pula berbagai jenis bahan tambang di dasar laut. Di sepanjang pesisir juga terdapat kekayaan alam berupa terumbu karang, rumput laut, dan keindahan alam yang dapat dikembangkan untuk kepentingan pariwisata. Lebih Lengkapnya-->


2. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Myanmar dikenal sebagai negara di Asia Tenggara yang terletak paling utara serta sebagai batas astronomis wilayah Asia Tenggara. Myanmar memiliki rentang astronomis garis lintang antara 11 LU - 28 LU di mana wilayah Myanmar telah memasuki rentang daerah subtropis.


3. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Sebagian besar wilayah Myanmar berupa dataran tinggi dan pegunungan yang merupakan bagian dari daerah Pegunungan Mediterania. Gunung yang tinggi di bagian ini adalah Gunung Saramati (3.826 m). Di sebelah barat Pegunungan Arakan Yoman, di sepanjang Teluk Benggala terdapat jalur lahan sempit yang dialiri sungai yang bermata air dari Pegunungan Arakan.


4. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Laos merupakan satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut. Negara ini populer dengan sebutan The land locked country, yaitu tanah yang terkunci karena terkepung oleh lima negara.


5. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Berdasarkan bentuk secara geografis, negara-negara ASEAN memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Compact, yaitu berbentuk hampir seperti lingkaran. Contohnya Kamboja.
  2. Fragmented, yaitu berbentuk kepulauan yang terpisah-pisah. Contohnya Indonesia
  3. Elongated, yaitu bentuk memanjang. Contohnya Vietnam.
  4. Protruded, yaitu bentuknya lebih kompleks dan beragam, biasanya terdapat "tangan: yang memanjang. Contohnya Thailand dan Myanmar.

6. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Bentang air kawasan Asia Tenggara adalah Laut Andaman, Teluk Siam, Teluk Tonkin, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Filipina, laut-laut di Indonesia, Samudra-Hindia, dan Samudra Pasifik.


7. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Thailand merupakan negara penghasil beras nomor satu di dunia. Selain beras, hasil pertanian Thailand meliputi jagung, ketela, karet, kayu jati, tebu, dan yute.Daerah pertanian utama dibangun di kawasan aliran Sungai Chao Phraya.


8. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Wilayah Semenanjung Thailand merupakan daratan sempit. Bagian paling sempit dinamakan Tanah Genting Kra yang membatasi areal Laut Cina dan Teluk Siam dengan Samudra Hindia di selatan Malaka.


9. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Sungai Mekong adalah sungai terpanjang di Asia Tenggara (4.160 km). Sungai yang berhulu di wilaya Tiongkok ini melintasi beberapa negara di Asia Tenggara, yaitu Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.


10. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Secara astronomis Kawasan Asia Tenggara terletak antara 26 LU - 11 LS dan 92 BT - 141 BT. Jadi, sebagian besar negara-negara ASEAN berada di belahan bumi bagian utara.

11. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Sebagian besar penduduk Thailand menganut agama Buddha yang tempat ibadahnya disebut pagoda. Thailand sering disebut "Negeri Seribu Pagoda" karena banyaknya pagoda sebagai tempat ibadah. Thailand menjadi pusat agama Buddha di kawasan Asia Tenggara.


12. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Dataran barat yang mempunyai perairan laut dangkal disebut Dangkalan Sunda. Perairan laut dangkal ini meliputi Selat Malaka bagian selatan, Laut Cina Selatan bagian ujung selatan, Selat Karimata, Selat Gaspar. Selat Bangka, Selat Sunda, dan Laut Jawa. Di perairan ini pula terletak tiga pulau yang besar, yaitu Pulau Sumatra, Pulau Jawa, dan Pulau Kalimantan, beserta pulau-pulau kecil di sekitarnya.


13. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Berdasarkan letak geografisnya, Filipina berbatasan dengan Samudra Pasifik di sebelah utara dan timur, berbatasan dengan Laut Cina Selatan di sebelah barat, dan berbatasan dengan Laut Sulawesi di sebelah selatan. Artinya, Filipina tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lain.


14. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Sebagian besar penduduk Filipina tinggal di Pulau Luzon, Cebu, dan Mindanao. Tercatat ada delapan suku bangsa di Filipina, yakni Illocano, Tagalog, Bicolano, Hiligaynon, Ilongo, Samariono, Cebuano, dan Marano.


15. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Singapura adalah negara kepulauan dengan luas 697,1 km persegi. Luasnya hampir sama dengan Kota Jakarta (664 km persegi). Untuk memperluas wilayah, pemerintah Singapura melakukan pengurukan pantai dengan pasir. Singapura memiliki beberapa pulau kecil yang lain, seperti Pulau Tekong, Pulau Ubin, dan Pulau Sentosa.


16. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Pegunungan muda merupakan pegunungan yang masih dinamis. Oleh karena itu, di kawasan Pegunungan Muda Mediterania dan Sirkum Pasifik terdapat banyak gunung api aktif, khususnya di Indonesia dan Filipina.


17. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Bagian timur Myanmar terdiri atas Dataran Tinggi Shan yang berbentuk huruf V memanjang ke selatan menuju rangkaian Pegunungan Dawna dan Pegunungan Tenasserim. Dataran tinggi dan pegunungan ini merupakan perbatasan antara Myanmar dan Thailand.


18. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Mekong adalah salah satu sungai utama di dunia serta merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia, dan ke-10 terbesar dalam volume (melepas 475 km persegi air setiap tahunnya). Sungai Mekong mengisi wilayah seluas 795.000 km persegi dari Tibet mengalir melalui Tiongkok Provinsi Yunnan, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam.


19. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Pulau Sipadan dan Ligitan yang seharusnya milik Indonesia diklaim oleh Malaysia. Mahkamah Internasional mengabulkan klaim Malaysia tersebut. Pengaruh putusan Mahkamah Internasional menjadi pelajaran agar Indonesia lebih tertib dan tegas dalam melakukan inventarisasi batas wilayah, terutama di pulau-pulau terluar.


20. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Iklim monsun tropis terdapat di wilayah Kamboja, Laos, Vietnam, Thailand (kecuali semenanjung), Myanmar, Filipina (kecuali Pulau Mindanao), serta Bali, Nusa Tenggara, dan sebagian Jawa Timur (Indonesia).


21. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Setidaknya empat dari sepuluh negara ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Myanmar pernah mengalami kejadian gempa yang merenggut korban jiwa sangat banyak. Sebagian besar korban diakibatkan tsunami yang terjadi setelah gempa berlangsung. Sedangkan negara Brunei Darussalam jarang ditemui gempa yang menyebabkan banyak korban jiwa.


22. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Indonesia dan Filipina merupakan negara sebagai pengirim pekerja migran (sending country) terbesar di ASEAN. Beberapa kasus pekerja migran yang menjadi perhatian negara-negara ASEAN, antara lain kerja paksa tenaga asing dengan biaya murah dan perdagangan pekerja rumah tangga migran.


23. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Orang Laos banyak tinggal di dataran rendah di pinggiran sungai. Orang Meo dan Yao, keturunan dari Tiongkok bagian selatan, banyak tinggal di daerah pegunungan dan memanfaatkan lahan untuk pertanian dengan sistem tebang bakar.


24. Jawaban : D

PEMBAHASAN :

Konflik antara Thailand dan Kamboja karena memperebutkan kompleks Candi Preah Vihear. Candi ini berada di pegunungan yang menjadi perbatasan antara Thailand dan Kamboja. Sebenarnya konflik ini telah diselesaikan melalui Mahkamah Internasional. Candi tersebut diserahkan kepada Kamboja pada tahun 1962. Namun, kedua belah pihak masih sama-sama menyatakan kepemilikan kawasan sekitar candi. Bahkan pasukan dari kedua negara terlibat dalam serentetan pertempuran kecil.


25. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Pesatnya laju globalisasi meningkatkan jumlah pekerja migran dari berbagai negara. Banyak pekerja migran ini memerlukan aturan perlindungan hak dan kewajiban yang selayaknya disepakati oleh negara-negara asal dan negara-negara tujuan. Indonesia dan Filipina merupakan negara sebagai pengirim pekerja migran (sending country) terbesar di ASEAN.


26. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Beberapa bentuk kerja sama di bidang sosial negara-negara anggota ASEAN sebagai berikut :

  1. Bidang pembangunan sosial dengan menekankan kesejahteraan golongan berpendapatan rendah, perluasan kesempatan kerja, serta pembayaran (upah) yang wajar.
  2. Membantu kaum wanita dan pemuda dalam usaha-usaha pembangunan.
  3. Menanggulangi masalah kependudukan dengan bekerja sama dengan badan-badan internasional yang bersangkutan.
  4. Pengembangan sumber daya manusia.
  5. Peningkatan kesejahteraan
  6. Program peningkatan kesehatan (makanan dan obat-obatan).
  7. Peningkatan kerja sama mencegah dan memberantas narkotika dan obat terlarang.

27. Jawaban : C

PEMBAHASAN :

Kerja sama politik negara-negara ASEAN ditujukan untuk menciptakan keamanan, stabilitas, dan perdamaian antarnegara di ASEAN. Salah satu prestasi yang cukup penting dari ASEAN adalah lahirnya Deklarasi ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom, and Neutrality) yang dicanangkan tanggal 27 November 1971.


28. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Kerja sama ASEAN di bidang budaya ditangani oleh dua Komite Tetap, yaitu Komite Kebudayaan dan Penerangan (Committee on Culture and Information / COCI) serta Komite Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Committee on Science and Technology/ COST).


29. Jawaban : B

PEMBAHASAN :

Kegiatan perdagangan merupakan kegiatan utama yang dapat mendatangkan devisa terbesar bagi Singapura. Hal ini disebabkan oleh beberapa macam, yaitu letaknya sangat strategis, memiliki fasilitas pelabuhan yang modern dan terbesar di kawasan Asia Tenggara, serta mempunyai pelabuhan transit.


30. Jawaban : A

PEMBAHASAN :

Komoditas ekspor Thailand terdiri atas hasil pertanian dan industri. Berbagai barang komoditas ekspor Thailand, yaitu beras, tepung, tapioka, karet, kayu, berbagai jenis ikan laut, tembaga dan timah.



Kembali ke Soal :


Soal Latihan Selanjutnya :
Latihan Soal PTS Semester 1 IPS Kelas 8--->

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment