Iklan Header

Topografi adalah gambaran tinggi rendahnya permukaan bumi. Karena permukaan bumi yang Allah Subhanahu wa Ta'ala tidaklah selalu datar. Ada daerah yang tinggi ada daerah yang rendah. Semua keadaan tersebut memiliki keunggulan masing-masing dan saling mempengaruhi satu sama lain. Lalu mana benua berikut yang memiliki topografi relatif rata?


topografi benua di dunia



1. Asia


Tidak ada satu ciri tunggal yang bisa mewakili wilayah Asia yang begitu luas. Bentang alam yang paling menonjol adalah pegunungan besar yang terbentang dari dataran tinggi Pamir Asia Tengah. Pegunungan ini memanjang ke arah timur hingga China dan ke barat mencapai Turki.


Bagi para pendaki, yang paling terkenal dari pegunungan tersebut adalah Himalaya. Puncak-puncaknya yang menjulang memiliki satu puncak yang tertinggi, yakni Gunung Everest (8.850 m), yang merupakan gunung tertinggi di dunia.


Bentang alam Asia lainnya adalah Hindu Kush yang memanjang ke arah barat dari dataran tinggi Pamir melalui Afghanistan; Tien Shan dan Altai yang masuk ke China dan Asia Utara; serta Karakoram dan Altyn Tagh yang bertetangga dekat dengan Himalaya.


Yang masih berhubungan dengan barisan pegunungan tersebut adalah dataran tinggi besar Mongolia, Xizang (Tibet), dan India. Xizang, daerah otonom China, kadang-kadang disebut sebagai “atap dunia.” Dataran tinggi ini memiliki ketinggian lebih dari 4.800 m.


Semakin ke utara, wilayah Asia semakin berwarna dengan banyaknya gurun, stepa, hutan gelap, dan tundra beku. Wilayah Asia Utara meliputi hampir sepertiga luas benua, dikenal sebagai Siberia.


Dari sekian banyak daerah gurun di Asia, yang terbesar adalah Gobi di Mongolia, Nafud dan Rub’ al- Khali di Asia Barat Daya, Kara Kum dan Kyzyl Kum di Asia Tengah, Takla Makan di Cina, dan Thar di India dan Pakistan. Gurun Gobi terkenal di kalangan paleontologis karena disana terdapat banyak kerangka dinosaurus.


Secara geologi, Benua Asia merupakan satu-satunya benua di dunia yang merupakan tempat bertemunya tiga jalur pegunungan besar, yaitu Pegunungan Muda Sirkum Pasifik, Pegunungan Muda Sirkum Mediterania, dan Pegunungan Australia.


topografi-asia-himalaya


Berdasarkan bentuk muka bumi, keadaan di Benua Asia dibedakan menjadi 4 bagian :


a. Pegunungan Lipatan Muda (Sirkum) 


Bentang alam yang membujur dari Laut Tengah hingga ke Turki ini bersambung ke Pegunungan Kaukasus yang membujur hingga ke Iran dan India, kemudian bercabang menjadi 3, yakni Pegunungan Tian, Pegunungan Kunlun (keduanya berada di Tiongkok), dan Pegunungan Karakoram di Semenanjung Malaya. Ujung dari pegunungan lipatan muda ini berada di Laut Banda.


b. Plato (Dataran Tinggi) 


Datarann tinggi atau plato ini terdiri atas Plato Arab di bagian timur Asia Barat serta Plato Dekka di India.


c. Dataran Rendah 


Dataran rendah di bagian utara yang meliputi kawasan Siberia dan Turan di Rusia.


d. Daerah Aliran Sungai 


Sungai-sungai di Benua Asia antara lain Tigris, Eufrat, Indus, Gangga, Irawadi, Brahmaputra, Mekong, Yang Tse, dan Huang Ho.


Di Benua Asia terdapat topografi yang bervariasi dengan titik tertinggi dan terendah di dunia. Titik tertinggi terdapat di Pegunungan Himalaya, tepatnya adalah Gunung Everest. Adapun titik terendah adalah Laut Mati di Yordania.


2. Amerika


Secara geologi Benua Amerika terbagi menjadi 2 bagian. Bagian barat atau Pantai Pasifik merupakan Pegunungan Muda Sirkum Pasifik, yaitu pegunungan batu yang terletak di utara dan Cordilleras Los Andes di selatan. Sedangkan bagian pantai timur Benua Amerika dapat kita jumpai kelompok pegunungan tua.


Benua Amerika memiliki topografi yang bervariasi dengan adanya pegunungan, daratan tinggi, daratan rendah, dan sungai. Berikut penjelasannya :


a. Pegunungan


Pegununugan Rocky dan Pegunungan Andes menjadi pegunungan utama yang ada di Benua Amerika. Di Alaska, puncak tertinggi pegunungan berada di dekat pantai. Bahkan, sepertiga dari wilayah Amerika Utara ditutupi oleh pegunungan.


Di Amerika, terdapat puncak tertinggi, yaitu Gunung Aconcagua (Argentina) 6.960 mdpl, Gunung Bonete (Bolivia) 6.870 mdpl, Gunung Tupungato (Argentina) 6.800 mdpl, Gunung Mercedario (Argentina) 6.770 mdpl, Gunung Huan Carau (Peru) 6.723 mdpl.


aconcagua

Di antara dereta pegunungan dan gunung tersebut juga terdapat lembah dan sungai seperti The Great Basin yang terletak di antara Pegunungan Rocky denggan Andes. Ada juga Danau Garam Besar, Sungai Colorado, dan Grand Canyon.


Pegunungan lain yang berada di Amerika adalah Pegunungan Sierra Madre Barat dan Pegunungan Sierra Madre Timur yang terletak di Meksiko. Lembah pegununugan tersebut menjadi wilayah bayangan hujan.


b. Dataran Tinggi dan Dataran Rendah


Dataran Tinggi Guyana di perbatasan Guyana-Surinama dan Dataran Tinggi Mattogrosso di Brasil. Selain itu, di kawasan Amerika Tengah juga terdapat Plato Tengah Meksiko yang bentuknya semakin melandai ke arah utara serta Dataran Tinggi Colorado (Amerika Utara).


Dataran rendah terdapat di Amerika Utara bagian tengah di kawasan Kanada, bagian tengah Amerika Serikat bernama Great Plain di lembah Sungai Missisippi, serta Dataran Tinggi Anahuac di Meksiko.


Sementara itu, di Amerika Selatan dataran rendahnya terdapat di lembah Sungai Amazon (Brasil), Grand Chaco, dan lembah Sungai Parana di Argentina. Titik terendah di Benua Amerika berada di Death Valley (86 mdpl).


c. Gurun


Gurun yang terdapat di Benua Amerika< yaitu Gurun Great Basin, Gurun Mojave, Gurun Sonara, dan Gurun Chihuahua yang semuanya berada di wilayah Benua Amerika bagian Utara.


Adapun gurun yang berada di wilayah Benua Amerika bagian Selatan, yaitu Gurun Atacama di Chili (140.000 km2) yang merupakan gurun terkering di dunia dan Gurun Patagonia di perbatasan Chili-Argentina (673.000 km2). Gurun Benua Amerika umumnya pegunungan yang tandus.


d. Danau


Benua Amerika juga memiliki benyak danau besar, seperti Danau Superior yang merupakan danau terluas ke-2 di dunia, Danau Huron, Danau Michigan, Danau Great Bear, Danau Great Slave, Danau Erie, Danau Winnipeg, dan Danau Ontario. Danau-danau tersebut berada di Benua Amerika bagian utara.


Sedangkan di bagian selatan hanya kita jumpai beberapa danau kecil, seperti Danau Titicaca, Danau Paopo, Danau Sao Paolo, dan Danau Reprosa De Furnas.


e. Sungai


Benua Amerika juga memiliki sungai utama, yaitu Sungai Mississippi, Sungai Ohio, dan Sungai Missouri yang terletak di Amerika Utara. Ada juga Sungai Arkansas dan Red River atau Sungai Merah.


Di Amerika Selatan terdapat Sungai Amazon. Sungai Amazon adalah sungai terpanjang ke-2 di dunia yang terletak di negara Brazil.


Adanya bentang alam yang bervariasi di Benua Amerika menjadikan benua merah ini memiliki topografi yang juga bervariasi serta tidak begitu datar dengan titik tertinggi di Gunung Aconcagua (Argentina) dan titik terandah di Death Valley.


3. Afrika


Benua Afrika memiliki beragam bentang alam yang membuat topografinya bervariasi yaitu sebagai berikut :


a. Kawasan Pegunungan


Di Afrika terdapat beberapa pegunungan seperti Pegunungan Atlas di utara dan Pegunungan Drakens di selatan.


Gunung tertinggi di Afrika adalah Gunung Kilimanjaro (6.010 mdpl) terdapat di Tanzania. Selain itu terdapat Gunung Kenya, Gunung Marrah, Gunung Ruwensori, dan Gunung Elgon.


kilimanjaro


b. Kawasan Plato (Dataran Tinggi) 


Plato di Afrika terdiri atas Plato Fauta Jallon di bagian barat serta Plato Jos, Adamaous, Banga, Kata, Tibesi, dan Kamerun.


c. Wilayah Great Rift Valley (Lembah Retak Besar) 


Lembah Retakan Besar ini memanjang dari Anatolia hingga ke Danau Malawi melewati Lembah Yordan, Laut Mati, Danau Turkana dan Danau Victoria.


d. Kawasan Ledok atau Basin 


Basin di Afrika membentuk daerah aliran sungai, rawa, serta gurun, seperti Basin Niger, Kongo, Kalahari, dan Chad.


e. Dataran Pantai di luar lingkup Plato.


f. Gurun Pasir di bagian utara dan bagian selatan.


Di Afrika bagian utara terdapat Gurun Sahara dan Gurun Libia, sedangkan di bagian selatan terdapat Gurun Kalahari dan Gurun Namib.


g. Sungai dan Danau


Sungai besar yang mengalir di wilayah Afrika adalah Sungai Nil yang alirannya terpanjang di dunia (6.690 km), Sungai Kongo, Sungai Niger, Sungai Limpopo, Sungai Zambezi, dan Sungai Orange.


Danua-danau di Afrika meliputi Danau Victoria, Danau Tanganyika, Danau Nyasa, Danau Chad, dan Danau Nasser.


Dengan adanya bentang alam tersebut, maka Benua Afrika juga memiliki bentuk topografi yang bervariasi dan cenderung tidak datar.


4. Eropa


Kondisi geologi Eropa sangat kompleks sehingga terdapat Dataran Tinggi Scottish hingga Dataran Rendah di Hungaria. Bagian paling datar di Eropa berada di antara Pegunungan Eropa Selatan hingga ke Irlandia dan ke timur hingga Pegunungan Ural.


Keadaan alam Eropa beragam karena termasuk dalam rangkaian Pegunungan Sirkum Mediterania. Puncak tertinggi adalah Gunung Elbrus (5.633 mdpl) dan titik terendahnya adalah Laut Kaspia yang berada pada kedalaman -28 mdpl.


elbrus


Secara garis besar, bentang alam Benua Eropa dapat kita kelompokkan menjadi :


a. Pegunungan Tinggi Selatan


Bagian selatan Benua Eropa didominasi oleh Pegunungan Alpen dengan puncaknya Mount Blanc (4.813 mdpl). Pegunungan ini membentang dari Spanyol sampai Pegunungan Kaukasus.

Rangkaian Pegunungan Alpen meliputi Pegunungan Pyrena antara Spanyol dan Prancis, Pegunungan Ural antara Eropa dan Asia, serta Pegunungan Kaukasus antara Laut Hitam dan Laut Kaspia.


b. Dataran Rendah Tengah


Sebagian besar bentang alam Eropa merupakan dataran rendah yang terletak meluas dari Lembah Garone di Prancis sampai Pegunungan Ural di Asia Timur. Negara-negara Eropa yang terletak di dataran rendah ini adalah Prancis, Belanda, Luksemburg, Belgia, Jerman, Polandia, dan Rusia.


c. Dataran Tinggi (Plato) Tengah


Plato ini terletak di antara dataran rendah tengah dan Pegunungan Alpen di bagian selatan. Kawsan yang terletak di wilayah ini adalah Dataran Tinggi Masetp (Spanyol), Masif Tengah (Prancis), Ardenes (Belgia), dan Vosges (Prancis).


d. Plato (Dataran Tinggi) Barat Laut


Kawasan ini membentang dari Prancis bagian barat melalui Kepulauan Inggris, Skandinavia (Norwegia dan Skotlandia). Rangkaian pegunungan yang terdapat di Eropa merupakan sumber mata air bagi sungai-sungai besar yang mengalir di daratan Eropa.


Berdasarkan arah aliran dan tempat bermuaranya, sungai-sungai besar di Eropa dapat kita kelompokkan menjadi :


  1. Muara ke Laut Tengah, yaitu Sungai Ebre (Spanyol), Sungai Rhone (Prancis), dan Sungai Po (Italia).
  2. Bermuara ke arah barat (Samudra Atlantik), yaitu Sungai Seine, Rhein, Loire (Prancis), dan Sungai Guadiana (Portugal).
  3. Sungai-sungai yang bermuara ke Laut Utara, yaitu Sungai Wesser dan Sungai Elbe (Jerman), Sungai Oder, serta Sungai Vistula (Polandia).
  4. Sungai yang bermuara ke Laut Kaspia, yaitu Sungai Volga (sungai terpanjang di Eropa).
  5. Bermuara ke Laut Hitam, yaitu Sungai Donau (Rumania).


Bentang alam di Benua Eropa tersebut, menjadikan Eropa memiliki bentuk topografi yang bervariasi dan cenderung tidak datar.


5. Australia


Kondisi fisik geologi Australia dapat kita bedakan menjadi tiga bagian utama, yaitu :


a. Wilayah Timur


Daerah Australia di bagian timur merupakan barisan pegunungan yang memanjang dari Tanjung York di utara sampai Pulau Tasmania. Pegunungan ini disebut Pegunungan Pemisah Besar (Great Dividing Range).


gurun-australia

Rangkaian pegunungan tersebut terdiri atas Pegunungan New England Range dan Pegunungan Alpen Australia di sebelah selatan. Puncak terringginya adalah Gunung Kosciusco (2.230 m) di sebelah dataran pantai yang menyempit.


b. Wilayah Barat


Bagian barat Australia merupakan dataran tinggi (plato) yang memiliki julukan "Perisai Australia". Sebagian besar wilayah barat dan tengah merupakan gurun pasir, yaitu Gurun Victoria dan Gurun Gibson.


Di pedalaman ke arah utara terdapat Pegunungan Mac Donnel dan ke arah selatan terdapat Pegunungan Musgrave.


c. Wilayah antara Barisan Pegunungan Timur dan Pegunungan Plato Barat


Di antara Barisan Pegunungan Timur dan Pegunungan Plato Barat terdapat Lembah Murray-Darling dan Dataran Rendah Danau Eyre (danau terbesar di Australia). Lembah Murray-Darling teraliri Sungai Darling, Murray, Murrmbidgee, dan Swan. Di cekungan Sungai Murray (ledok/ basin) ini juga terdapat sumber air artesis.


Meskipun terdapat beberapa pegunungan di barat, timur dan selatan, bentang alam di Benua Australia termasuk memiliki bentuk topografi yang datar sebab sebagian besar wilayahnya berupa gurun pasir yang relatif datar.


Jika kita bandingkan ke-5 benua di atas, maka benua yang memiliki bentuk topografi yang relatif rata adalah Benua Australia. Bagaimana menurutmu?


Kerjakan : Latihan Soal Kelas 9 Mapel IPS Ulangan BAB 1

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment