Iklan Header

    Ada beberapa bukti arkeologi berikut ini menunjukkan adanya pengaruh hindu-budha di indonesia. Berikut penjelasannya lebih rincinya.


    Pada kesempatan kali ini saya menyebutkan 4 bukti arkeologi yang berada di Indonesia dan menjadi sumber sejarah yang bernilai sampai saat ini. Pesan informasi dari bukti tersebut bisa menjadi sumber sejarah dan bisa kita pelajari untuk masa yang akan datang.


    bukti-arkeologi-hindu-budha


    Berikut beberapa bukti arkeologi yang menunjukkan adanya pengaruh Hindu-Budha di Indonesia :


    1. Candi


    Apa yang dimaksud dengan candi?


    Candi sebagai bangunan tempat beribadah dari warisan periode lalu dari agama Hindu-Budha. Istilah candi bukan hanya dipakai oleh warga untuk menyebutkan tempat beribadah saja, tapi sebagai istana, pemandian/petirtaan, gapura, dan lain-lain.


    Apa kegunaan candi?


    Kata "candi" merujuk pada beragam jenis wujud dan peranan bangunan, seperti tempat melaksanakan ibadah, pusat edukasi agama, tempat menaruh abu mayat beberapa raja, tempat penyembahan atau tempat bersemayam dewa, petirtaan (pemandian) dan gapura.


    Apa manfaat candi pada masa sekarang?


    Sampai sekarang, mayoritas candi di Indonesia tetap terawat dan menjadi cagar budaya serta objek rekreasi yang bisa memberi pembelajaran untuk warga. Tidak hanya itu, beberapa candi yang lain juga sering menjadi tempat beribadah untuk warga yang beragama Hindu dan Budha.


    Apa saja nama nama candi Hindu yang ada di Indonesia?


    Ada banyak candi yang ada di Indonesia. Ada candi Hindu dan candi Buddha yang agak berbeda. Candi Hindu di Indonesia antara lain :


    1. Candi Asu Sengi - Magelang, Jawa Tengah
    2. Umbul - Magelang, Jawa Tengah
    3. Klero - Semarang, Jawa Tengah
    4. Pringapus - Temanggung, Jawa Tengah
    5. Ngempon - Semarang, Jawa Tengah
    6. Candi Prambanan - Sleman, Yogyakarta
    7. Dieng - Wonosobo, Jawa Tengah.
    8. Yupa


    candi


    2. Yupa


    Apa Isi dari prasasti Yupa adalah?


    Prasasti Yupa yang diketemukan pertama kalinya atau dengan nama lain Muarakaman I, terbagi dalam 12 baris di salah satu sisinya. Prasasti ini berisikan riwayat Raja Mulawarman. Tidak hanya itu, di sana juga menyebtkan upacara selamatan oleh Raja Mulawarman.


    Apa fungsi dari prasasti Yupa?


    Yupa memiliki 3 peranan khusus, yakni sebagai prasasti, tiang pengikat hewan untuk upacara korban keagamaan, dan simbol kebesaran raja. Pakar riwayat mempercayai jika pada tulisan yang tercantum di yupa, Raja Kudungga berasal asli dari Indonesia.


    Apa itu Yupa dalam Kerajaan Kutai?


    Yupa berasal dari Kerajaan Kutai di daerah Muara Kaman, Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur, yang terbuat kurang lebih tahun 350-400 masehi. Yupa ialah prasasti pertama dari Kerajaan Kutai, sekalian jadi bukti jika sempat ada kerajaan Hindu di Kalimantan.


    Apa isi prasasti Yupa yang bercerita tentang kehebatan Raja Aswawarman?


    Sang Maharaja Kundungga, yang sangat mulia, memiliki putra yang mashur, Sang Aswawarman namanya, yang seperti Sang Ansuman (dewa Matahari) menumbuhkan keluarga yang paling mulia. Sang Aswawarman memiliki putra tiga, seperti api (yang suci) tiga.


    yupa


    3. Prasasti


    Prasasti itu apa artinya?


    Benda bersejarah ini sebagai pernyataan yang terukirkan pada batu, logam, daun tal (rontal atau lontar) dan kayu, serta bahan yang lain. Benda ini menjadi hak spesial yang dikeluarkan oleh raja atau petinggi kerajaan semenjak era kelima M dan sebagai keputusan yang mengikat.


    Apa yang tertulis dalam prasasti?


    Umumnya, prasasti berisi keputusan berkenaan penentuan desa suatu wilayah kependudukan. Isi prasasti yaitu bisa berbentuk kasus pengadilan, terutamanya kasus perdata, sebagai pertanda kemenangan, hutang piutang, sumpah, penentuan wilayah, sumpah, dan lain-lain.


    Apa saja prasasti Indonesia yang berbahasa sunda?


    Ada beberapa prasasti di Indonesia yang memiliki kandungan bahasa sunda, antara lain :

    1. Prasasti Rumatak, Gempar Hanjuang, dusun Rawagirang, Singaparna, Tasikmalaya, Jawa Barat ~ 1111.
    2. Astana Besar, Kawali, Ciamis, Jawa Barat ~ 1350.
    3. Batutulis, Bogor ~ 1533.
    4. Kebantenan, Bekasi, Jawa Barat ~ 1521.
    5. Galuh, Galuh, Ciamis, Jawa Barat ~ 1470.


    Apa fungsi dari prasasti?


    Peranan prasasti ialah seperti berikut : Sebagai penghormatan ke dewa, baik pada agama Hindu atau Budha. Ciri-ciri prasasti semacam ini umumnya ada kata "Ong" seterusnya "nama dewanya" dalam agama itu.


    Dari mana asal prasasti?


    Secara etimologi, istilah prasasti sebagai kata resapan dari istilah dengan bahasa kuno Jawa-Bali ꦥꦿꦱꦱ꧀ꦠꦶ (prasasti) dan (pracasti) yang mempunyai makna "piagam" atau "document", istilah ini berasal dari kata dengan bahasa Sanskrit प्रशस्ती (prashasti) yang bermakna sebagai "sanjungan".


    prasasti


    4. Arca Dewa


    Apa itu arca Wisnu?


    Arca Dewa Wisnu ini sebagai satu diantara koleksi yang sudah lama masuk ke koleksi BPCB DIY, persisnya tahun 1975. Arca ini terbuat dari batu andesit dan datang dari Kompleks Candi Prambanan. Ukuran dari arca ini ialah 64,5 cm, tebal 25 cm, dan lebarnya 41 cm. Arca ini tertera nomor inventaris BG.


    Siapa dewa tertinggi dalam agama Hindu?


    Agama Hindu mengenali Trimurti sebagai satu kesatuan tiga dewa paling tinggi di atas dewa-dewa yang lain. Dewa Trimurti terdiri dari Dewa Brahma sebagai pembuat, Dewa Wisnu sebagai pemelihara, dan Dewa Siwa sebagai pembinasa atau penghancur.


    Dewa Wisnu agama apa?


    Dalam tuntunan agama Hindu, Wisnu (Dewanagari: विष्णु ; Viṣṇu) (Sri Wisnu atau Nārāyana) ialah Dewa yang bertitel sebagai shtiti (pemelihara) yang bekerja memelihara dan membuat perlindungan semua ciptaan Brahman (Tuhan Yang Maha Esa).


    Arca Siwa diketemukan di mana?


    Arca Dewa Siwa Diketemukan di Sawah Boyolali.


    Dewa Siwa ialah dewa apa?


    Dewa Siwa adalah dewa Trimurti dalam agama Hindu, sebagai dewa penghancur semesta alam. Dalam kitab Mahabharata bercerita kesuksesan Dewa Siwa dalam memusnahkan makhluk-makhluk jahat yang tinggal di Tripura, maka dari itu Siwa kerap bernamakan dengan "Mahadewa", yakni dewa paling tinggi dari beberapa dewa.


    arca


    Demikian, beberapa bukti arkeologi berikut ini menunjukkan adanya pengaruh hindu-budha di indonesia yang saya rangkum berdasarkan pertanyaan yang sering muncul terkait bukti-bukti tersebut. Bukti-bukit di atas berupa candi, yupa, prasasti, dan arca dewa menjadi bukti yang nyata ada sampai hari ini. Sebenarnya masih ada bukti-bukti yang lain, kalau kamu tahu kamu bisa komentar di bawah ya.


    Kerjakan : Latihan Soal Kelas 10 Mapel Sejarah Indonesia Ulangan Harian BAB 3

    Post a Comment