Iklan Header

    Apa tempat suci di india yang sering diziarahi oleh umat hindu? Umat Hindu rupanya mempunyai sebuah tempat suci di India yang dapat menjadi tempat lawatan saat sebelum mereka wafat. Tempat suci ini ibarat Ka'bah di Mekah, Arab Saudi bagi Umat Islam untuk melaksanakan ibadah Haji dan Umroh.


    Umat Hindu memercayai beberapa keyakinan pada tempat suci ini. Salah satunya kepercayaan mereka ialah apabila dapat mati di kota suci itu, maka mereka akan berenkarnasi secara mudah. Hal itu menurut kepercayaan umat Hindu.


    Pada tempat suci umat Hindu ini, ada sungai yang mereka menganggapnya suci. Sungai yang keramat dengan beragam ritual keagamaan yang kerap terlihat di sungai itu. Tempat suci dan sungai ini berada pada sebuah tempat yang sering diziarahi oleh umat hindu.


    tempat suci di india


    Tempat suci apa yang sering diziarahi oleh umat hindu? Jawabnya ialah Kota Benares dengan Sungai Gangga yang mereka anggap suci.


    1. Sungai Gangga


    Mengapa Sungai Gangga disucikan?


    Datang dari Himalaya, Gangga adalah salah satu sungai besar di dunia. Umat Hindu menganggap keramat dan meyakini jika mandi di Sungai Gangga akan membersihkan dosa-dosa mereka dan memakai airnya untuk ritual keagamaan.


    Apa kelebihan Sungai Gangga?


    Semenjak jaman dulu, Sungai Gangga menjadi sungai paling suci dalam agama Hindu. Sungai ini seperti Dewi Gangga dan umat hindu percaya jika mandi di sungai tersebut akan membawa peruntungan, menghapus dosa seorang dan memberikan fasilitas moksa (pembebasan dari perputaran hidup dan mati).


    Bagaimana keyakinan yang berkembang di lembah Sungai Gangga?


    Di Lembah Sungai Gangga, kebudayaan Hindu berkembang dan penduduknya menyembah dewa-dewa. Tiga dewa yang paling terkenal ialah Dewa Brahma (pembuat alam), Dewa Wisnu (pemelihara alam), dan Dewa Syiwa (penghancur alam).


    sungai gangga


    2. Kota Benares (Varanasi)


    Untuk umat Hindu, Varanasi atau Benares adalah kota paling suci di dunia. Saat para pangeran Pandawa, lima protagonis dari epik India kuno Mahabharata, memenangi sebuah perang mematikan dengan menantang ponakan mereka, mereka mengerjakan perjalanan ke Kashi, terkenal sebagai Benares atau Varanasi, untuk membayar dosa-dosa periode perang mereka.


    Beberapa orang yang mencari moksha (pembebasan) sudah melaksanakan perjalanan ke kota India utara ini sepanjang berabad-abad. Kitab suci Hindu menjelaskan jika mati pada tempat itu lalu kremasi di sepanjang pinggir sungai Gangga yang suci memungkinkannya untuk memutuskan perputaran kelahiran kembali dan memperoleh keselamatan.


    Di Benares terdapat pondok-pondok penginapan, dengan sebutan rumah keselamatan. Pondok-pondok tersebut berdiri di kota dengan biaya dari organisasi amal dan kumpulan swasta. Tujuan pondok tersebut untuk secara eksklusif melayani kashivasis, (wanita dan pria yang tiba untuk tinggal dan mati) - di Kashi.


    Kashivasis membayar sumbangan sekitaran 100.000 rupee (sekitaran Rp 20,4 juta) tergantung pada kekuatan individu mereka, dan tersedia kamar di pondok penginapan, tempat mereka akan tinggal sampai kematian tiba.


    Beberapa tamu membayar 20 rupee (Rp 4.000) setiap hari untuk ongkos listrik, dan berharap menghabiskan waktu mereka menyembah dewa. Ada sebuah kuil kecil pada tempat di mana bhajan dan kirtan, berupa nyanyian sanjungan yang berlangsung tiap hari.


    Di sana mereka tidak boleh bermain kartu, menikmati kegiatan seksual, dan makan daging, telur, bawang dan bawang putih, makanan yang dianggap tidak murni oleh sekte Hindu tertentu.


    varanasi


    FAQ


    Apa nama kota suci agama Hindu dan Buddha?


    Keutamaan Varanasi untuk umat Hindu dan Buddha seperti Mekkah untuk umat Islam. Di kota berikut ada lembah Sungai Gangga, sungai suci umat Hindu. Dan Sarnath, salah satunya tempat suci umat Buddha. Varanasi sebagai kota kuno berumur lebih dari 2000 tahun yang hidup sampai sekarang.


    Benares tempat apa?


    Varanasi (bahasa Hindi: वाराणसी), juga disebut dengan  Benares, Banaras, atau Benaras (bahasa Hindi: बनारस), atau Kashi atau Kasi (bahasa Hindi: काशी), ialah kota suci agama Hindu di pinggir sungai Ganga yang berada di negara bagian Uttar Pradesh di India sisi utara.


    Bagaimana kota Benares dipandang sebagai kota suci bagi umat Hindu di India?


    Karena umat Hindu menganggap kota Benares sebagai tempat bersemayamnya Dewa Siwa.


    Jadi, tempat suci di india yang masih sering diziarahi oleh umat hindu adalah Kota Benares atau Varanasi.


    Kerjakan : Latihan Soal Kelas 10 Sejarah Indonesia PAS Semester 1

    Post a Comment