Iklan Header

    Pemandangan Laut Indah dan Wisata Pantai dalam Muka Bumi Perairan di Indonesia.

    Pemandangan laut indah di Indonesia. Pemandangan laut yang indah sangat banyak kita temui di bumi Indonesia. Bahkan dari ujung barat Pulau Sumatra hingga Pulau Papua semuanya memiliki pemandangan laut yang indah.


    Wisata Indonesia memang sangatlah menawan. Ada wisata darat yang mempesona hingga wisata pantai dan laut yang memanjakan mata. Semuanya ada di Indonesia. Beruntung dan bersyukurlah kita hidup di Indonesia yang amazing ini.


    Banyak turis domestik dan non domestik yang berkunjung ke Indonesia untuk menikmati wisata Indonesia. Banyak sekali wisata yang bisa kita kunjungi di Indonesia. Salah satu destinasi yang terkenal hingga manca negara adalah wisata pantai di Bali, khususnya wisata Kuta di Bali.


    bentuk-muka-bumi-di-perairan-indonesia

    Bentuk Muka Bumi di Perairan Indonesia


    Indonesia merupakan negara kepulauan yang besar. Banyak sekali pulau – pulau yang tersebar di Indonesia, dari pulau besar hingga pulau – pulau kecil. Hal tersebut memberikan Indonesia kaya akan pemandangan laut yang indah.


    Selain pemandangan laut indahnya, Indonesia juga memiliki banyak sekali bentuk muka bumi perairan yang tidak kalah indah. Banyak juga bentuk muka bumi berupa wisata pantai di Indonesia, seperti pantai – pantai terbaik di Bali, Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatra, Sulawesi hingga Papua.


    Tentu bentuk muka bumi perairan di Indonesia masih banyak lagi. Berikut beberapa bentuk muka bumi perairan di Indonesia yang tidak kalah luar biasanya :


    1. Pantai


    Pantai adalah dataran yang berbatasan dengan laut dengan berbagai manfaat. Daerah pantai dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk tempat pariwisata, perikanan, dan sebagai hutan bakau/ mangrove.


    Wisata Pantai


    Wisata pantai menjadi salah satu destinasi andalan bagi beberapa daerah di Indonesia. Banyak yang memanfaatkan waktu luang atau week end untuk sekedar refreshing di daerah pantai. Ketika berada di pantai membuat seseorang merasa rileks dan tenang. Sehingga, sangat cocok untuk meregangkan otot setelah seminggu bekerja.


    Nama Pantai Pantai Terkenal di Indonesia


    Pantai di Indonesia sangatlah banyak sekali dan indah-indah. Jika kita sebutkan satu per satu, mungkin kita tidak akan hafal. Pantai-pantai di Indonesia selain diminati oleh turis domestik (dalam negeri), juga diminati oleh turis asing (luar negeri) lho. Sebut saja :

    • Pantai Klayar di Pacitan,
    • Pantai Menganti dan Suwuk di Kebumen,
    • Pantai Parangtritis, Pantai Indrayanti, Pantai Ngrawe di Yogyakarta,
    • Pantai Jetis di Cilacap,
    • Pantai Senggigi di Pulau Lombok,
    • Pantai Pangandaran di Pangandaran, banyak yang menyebut sebagai pantai terindah di Pulau Jawa,
    • Pantai Pandawa, Pantai Dreamland, Pantai Sanur, Pantai Kuta di Bali,
    • Pantai Bunaken di Taman Nasional Bunaken,
    • Pantai Raja Ampat di Papua, dll


    Wisata Pantai di Bali terutama Wisata Kuta


    Salah satu pantai yang menjadi andalan bagi negara Indonesia adalah pantai kuta di Bali. Pantai yang terletak di Kecamatan Kuta, sebelah selatan Denpasar, Bali. Pantai ini terkenal dengan keindahan pemandangannya, apalagi ketika sunset. Saking indahnya pantai ini memiliki julukan sebagai Pantai Matahari Terbenam.


    Namun, tahukan kamu bagaimana pantai Kuta bisa terkenal? Pada awalnya pantai ini adalah sebuah pelabuhan dagang. Saat itu para pedagang dari luar negri banyak melakukan transaksi di pantai di Bali ini. Tepatnya pada abad ke-19, seorang pedagang bernama Mads Lange dari Denmark mendirikan tempat perdagangan di pantai ini.


    Jika kita bandingkan dengan pantai lain di Pulau Bali, pantai Kuta memiliki pemandangan laut yang indah. Pantai ini memiliki pasir putih sebagai daya tarik tersendiri. Kebanyakan turis mancanegara yang berkunjung ke sana untuk berjemur di terik matahari pantai Kuta. Selain itu, ada juga yang melakukan olahraga selancar di pantai ini.



    2. Sungai


    Sungai-sungai di Indonesia sangat bermancam-macam, sungai-sungai besar biasanya terdapat di pulau yang besar pula, seperti di Pulau Jawa, Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua. Sungai besar ini kebanyakan memiliki arus yang kuat, sehingga dimanfaatkan sebagai tempat pembangkit listrik dan sarana kebutuhan hidup penduduk.


    Selain itu, sungai di beberapa tempat di Indonesia dijadikan sarana transportasi air, bahkan ada pula yang menjadikan sungai sebagai pasar. Ada beberapa pasar apung di Indonesia yang memanfaatkan sungai.


    Salah satunya adalah Pasar Apung Lok Baintan di Kalimantan Selatan. Pasar apung ini berada di Sungai Martapura. Maka pasar ini juga disebut Pasar Apung Sungai Martapura. Selain Pasar apung sungai Martapura, ada juga pasar apung Muara Kuin di Banjarmasin yang berada di aliran Sungai Kuin dan Sungai Barito. Lalu ada juga Pasar Apung Sentul, Bogor yang berada di Sungai Cikeas.


    3. Danau


    Danau adalah genangan air yang amat luas yang dikelilingi daratan. Danau di Indonesia juga bermancam-macam. Ada yang terbentuk karena memang memiliki topografi cekung, ada juga yang terbentuk karena hasil aktivitas gunung berapi. Salah satu danau yang terkenal di Indonesia adalah Danau Toba.


    Danau Toba terletak di daerah provinsi Sumatera Utara. Danau Toba memiliki ukuran panjang sekitar 100 kilometer, lebar sekitar 30 kilometer, dan kedalaman hingga 1.600 meter. Dengan luasnya tersebut, danau toba merupakan danau terbesar di dunia yang ke 2, setelah danau Victoria di Afrika.


    Danau Toba menurut terjadinya termasuk danau vulkanik, karena terbentuk karena hasil aktivitas Gunung Toba di masa lampau. Selain itu, danau toba juga dikenal sebagai danau tektonik, ada bagian patahan yang saat ini menjadi bagian danau tersebut yaitu Patahan Besar Sumatera (Great Sumatran Fault).


    4. Selat


    Selat adalah perairan atau laut sempit yang menghubungkan dua buah pulau. Indonesia mempunyai banyak sekali selat. Kira-kira kenapa Indonesia memiliki banyak selat? Ya, karena Indonesia adalah negara berbentuk kepulauan/ banyak sekali pulau.


    Beberapa selat di Indonesia antara lain, Selat Malaka (menghubungkan Pulau Sumatra dan Malaysia), Selat Sunda (menghubungkan pulau Jawa dengan Pulau Sumatra), Selat Makassar (menghubungkan Pulau Kalimantan dengan Sulawesi), dll. Kamu tahu tidak selat antara pulau Jawa dengan Bali disebut selat apa? Jawabanya adalah Selat Bali.


    5. Laut


    Laut adalah perairan yang sangat luas. Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas sehingga disebut sebagai negara maritim. Sudah tidak asing lagi bahwa Indonesia memiliki pemandangan laut yang indah.


    Jika kita lihat dari atas permukaan laut, air laut terbentang luas dengan berbagai ombak. Namun, jika kita melihat ke dalam air laut hingga ke dasar laut kita akan menemukan topografi dasar laut. Topografi dasar laut juga memiliki penamaan tersendiri, sebagai berikut :


    bentuk-muka-bumi-dasar-laut

    Sumber : ilmugeografi


    1. Continental Shelf / Landas Kontinen

    Landas Kontinen adalah relief dasar laut paling tepi dengan daratan yang semakin ke arah laut akan semakin turun secara landai. Kemiringan ke arah laut tidak lebih dari 1 derajat. Kedalaman landas kontinen diantara 0-200 meter.


    2. Continental Slope/ Lereng Benua

    Lereng benua adalah relief dasar laut yang lebih curam dibandingkan dengan landas kontinen. Sudut kemiringannya diantara 1-5 derajat. Kedalaman landas benua berkisar antara 200-2.000 meter.


    3. Daratan Abisal

    Daratan abisal adalah dasar laut atau samudra dengan kedalaman kurang dari 3.000 meter.


    4. Lubuk Laut/ Basin

    Lubuk laut adalah cekungan dasar laut. Lubuk laut terjadi karena daya ingresi atau daratan yang mengalami penurunan di dasar laut. Ingresi sendiri diakibatkan oleh tekanan dari dalam bumi. Tekanan tersebut memberikan tarikan secara horizontal ke dalam bumi, sehingga mengakibatkan bumi terlipat ke bawah.


    5. Palung Laut/ Trog

    Palung laut adalah lembah/ jurang dasar laut yang semakin kebawah semakin sempit dan gelap. Palung laut terjadi juga karena daya ingresi bumi yang terjadi berkali-kali dalam waktu yang lama, lebih lama dari pada lubuk laut.


    6. Punggung Laut

    Punggung laut adalah pegunungan yang ada di dalam laut. Panjang punggung laut bisa mencapai ribuan kilometer. Bentuknya bisa dibedakan menjadi dua, yaitu rise dan ridge. Rise adalah punggung laut yang memiliki bentuk yang lebih landai. Sementara Ridge adalah punggung laut yang lebih curam. Beberapa punggung laut, puncaknya bisa terlihat dari permukaan laut yang membentuk deretan kepulauan.


    7. Gunung Laut

    Gunung laut adalah gunung yang berada di tengah-tengah laut. Gunung ini berada pada kedalaman antara 1.000 meter hingga 4.000 meter dari permukaan laut. Beberapa gunung laut memiliki kaki di dasar laut dan puncaknya di atas permukaan laut.


    Gunung laut juga ada yang aktif mengeluarkan erupsi. Salah satu gunung laut yang terkenal di Indonesia adalah Gunung Krakatau.


    Muka Bumi Indonesia Potensi Maritim Indonesia

    Post a Comment