Iklan Header

Rumpun IPS-Assalamu'alaikum, teman-teman. Kembali lagi. Kali ini saya akan melanjutkan materi kelas 7, masih tentang keadaan fisik wilayah Indonesia. Kali ini kita akan membahasa tentang Keadaan fisik wilayah Indonesia di daerah perairan.

Sebagaimana yang kita ketahui tentang kekayaan Indonesia, Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa sekali. Selain memiliki tempat yang strategis, Indonesia menyimpan banyak kekayaan bentuk muka bumi, salah satunya di daerah perairan. Daerah perairan Indonesia terdiri dari sungai, danau, selat, pantai, hingga laut. Semuanya ada di bumi Indonesia ini.

bentuk-muka-bumi-di-perairan-indonesia

Bentuk Muka Bumi di Perairan Indonesia


1. Pantai

Pantai adalah dataran yang berbatasan dengan laut dengan berbagai manfaat. Daerah pantai dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk tempat pariwisata, perikanan, dan sebagai hutan bakau/ mangrove.


Pantai di Indonesia sangatlah banyak sekali dan indah-indah. Jika kita sebutkan satu per satu, mungkin kita tidak akan hafal. Pantai-pantai di Indonesia selain diminati oleh turis domestik (dalam negeri), juga diminati oleh turis asing (luar negeri) lho. Sebut saja pantai Pandawa di Bali, pantai Klayar di Pacitan, pantai Menganti dan Suwuk di Kebumen, pantai Parangtritis, pantai Indrayanti, pantai Ngrawe di Yogyakarta, pantai Jetis di Cilacap, dan lain sebagainya.



2. Sungai

Sungai-sungai di Indonesia sangat bermancam-macam, sungai-sungai besar biasanya terdapat di pulau yang besar pula, seperti di Pulau Jawa, Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua. Sungai besar ini kebanyakan memiliki arus yang kuat, sehingga dimanfaatkan sebagai tempat pembangkit listrik dan sarana kebutuhan hidup penduduk. Selain itu, sungai di beberapa tempat di Indonesia dijadikan sarana transportasi air, bahkan ada pula yang menjadikan sungai sebagai pasar.


sungai-river


Ada beberapa pasar apung di Indonesia yang memanfaatkan sungai. Salah satunya adalah Pasar Apung Lok Baintan di Kalimantan Selatan. Pasar apung ini berada di Sungai Martapura. Maka pasar ini juga disebut Pasar Apung Sungai Martapura.


Selain Pasar apung sungai Martapura, ada juga pasar apung Muara Kuin di Banjarmasin yang berada di aliran Sungai Kuin dan Sungai Barito. Lalu ada juga Pasar Apung Sentul, Bogor yang berada di Sungai Cikeas.



3. Danau

Danau adalah genangan air yang amat luas yang dikelilingi daratan. Danau di Indonesia juga bermancam-macam. Ada yang terbentuk karena memang memiliki topografi cekung, ada juga yang terbentuk karena hasil aktivitas gunung berapi. Salah satu danau yang terkenal di Indonesia adalah Danau Toba.


Danau Toba terletak di daerah provinsi Sumatera Utara. Danau Toba memiliki ukuran panjang sekitar 100 kilometer, lebar sekitar 30 kilometer, dan kedalaman hingga 1.600 meter. Dengan luasnya tersebut, danau toba merupakan danau terbesar di dunia yang ke 2, setelah danau Victoria di Afrika.


Danau Toba menurut terjadinya termasuk danau vulkanik, karena terbentuk karena hasil aktivitas Gunung Toba di masa lampau. Selain itu, danau toba juga dikenal sebagai danau tektonik, ada bagian patahan yang saat ini menjadi bagian danau tersebut yaitu Patahan Besar Sumatera (Great Sumatran Fault).



4. Selat

Selat adalah perairan atau laut sempit yang menghubungkan dua buah pulau. Indonesia mempunyai banyak sekali selat. Kira-kira kenapa Indonesia memiliki banyak selat? Ya, karena Indonesia adalah negara berbentuk kepulauan/ banyak sekali pulau. Beberapa selat di Indonesia antara lain, Selat Malaka (menghubungkan Pulau Sumatra dan Malaysia), Selat Sunda (menghubungkan pulau Jawa dengan Pulau Sumatra), Selat Makassar (menghubungkan Pulau Kalimantan dengan Sulawesi), dll. Kamu tahu tidak selat antara pulau Jawa dengan Bali disebut selat apa? Jawabanya adalah Selat Bali.



5. Laut

Laut adalah perairan yang sangat luas. Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas sehingga disebut sebagai negara maritim. Bentuk muka bumi tidak hanya ada di darat saja lho. Tinggi rendahnya muka bumi (topografi) juga terdapat di lautan, tepatnya di dasar laut. Adapun bentuk muka bumi di laut, sebagai berikut :


bentuk-muka-bumi-dasar-laut

Sumber : ilmugeografi


  • Continental Shelf / Landas Kontinen
  • Landas Kontinen adalah relief dasar laut paling tepi dengan daratan yang semakin ke arah laut akan semakin turun secara landai. Kemiringan ke arah laut tidak lebih dari 1 derajat. Kedalaman landas kontinen diantara 0-200 meter.

  • Continental Slope/ Lereng Benua
  • Lereng benua adalah relief dasar laut yang lebih curam dibandingkan dengan landas kontinen. Sudut kemiringannya diantara 1-5 derajat. Kedalaman landas benua berkisar antara 200-2.000 meter.

  • Daratan Abisal
  • Daratan abisal adalah dasar laut atau samudra dengan kedalaman kurang dari 3.000 meter.

  • Lubuk Laut/ Basin
  • Lubuk laut adalah cekungan dasar laut. Lubuk laut terjadi karena daya ingresi atau daratan yang mengalami penurunan di dasar laut. Ingresi sendiri diakibatkan oleh tekanan dari dalam bumi. Tekanan tersebut memberikan tarikan secara horizontal ke dalam bumi, sehingga mengakibatkan bumi terlipat ke bawah.

  • Palung Laut/ Trog
  • Palung laut adalah lembah/ jurang dasar laut yang semakin kebawah semakin sempit dan gelap. Palung laut terjadi juga karena daya ingresi bumi yang terjadi berkali-kali dalam waktu yang lama, lebih lama dari pada lubuk laut.

  • Punggung Laut
  • Punggung laut adalah pegunungan yang ada di dalam laut. Panjang punggung laut bisa mencapai ribuan kilometer. Bentuknya bisa dibedakan menjadi dua, yaitu rise dan ridge. Rise adalah punggung laut yang memiliki bentuk yang lebih landai. Sementara Ridge adalah punggung laut yang lebih curam. Beberapa punggung laut, puncaknya bisa terlihat dari permukaan laut yang membentuk deretan kepulauan.

  • Gunung Laut
  • Gunung laut adalah gunung yang berada di tengah-tengah laut. Gunung ini berada pada kedalaman antara 1.000 meter hingga 4.000 meter dari permukaan laut. Beberapa gunung laut memiliki kaki di dasar laut dan puncaknya di atas permukaan laut. Gunung laut juga ada yang aktif mengeluarkan erupsi. Salah satu gunung laut yang terkenal di Indonesia adalah Gunung Krakatau.

Muka Bumi Indonesia Potensi Maritim Indonesia

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment