Iklan Header

Tahu gak berapa jumlah penduduk dunia saat ini? Di dunia, jumlah penduduk dunia sudah mencapai 7.594 milyar jiwa. Banyak banget kan. Bagaimana jika seluruh manusia di dunia ini dikumpulkan ya?? Pasti penuh sesak deh.


Di Indonesia sendiri, juga memiliki jumlah penduduk yang sangat banyak. Bahkan menjadi negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomor 4 di dunia. Meskipun jumlah penduduknya banyak, akan tetapi persebaran penduduk di indonesia belum merata lho. Berikut penjelasan tentang jumlah dan persebaran penduduk di indonesia.


jumlah-penduduk-dan-persebaran-penduduk-di-Indonesia-yang-tidak-merata

Jumlah Penduduk Indonesia

Sebelum kita mengetahui jumlah penduduk indonesia, kamu sudah paham belum apa itu penduduk? Penduduk adalah sekumpulan orang yang berada di dalam suatu wilayah dan terikat oleh aturan-aturan/ norma-norma yang berlaku serta saling berinteraksi.


Kita sudah tahu bahwa jumlah penduduk di Indonesia sangat banyak. Kira-kira berapa ya jumlah penduduk Indonesia kalau dihitung? Jumlah penduduk indonesia sebesar 268.074.600 jiwa atau 3,51% dari populasi dunia. Banyak kan.


Kamu pernah berfikir ndak, bagaimana koq pemerintah bisa tahu jumlah penduduk suatu negara? Apakah pemerintah menghitung semua orang satu per satu kayak menghitung kambing gembala? Tentu sangat ribet, dan memakan banyak waktu dan tenaga saking banyaknya orang kan??


Untuk menghitung jumlah penduduk dalam suatu negara pemerintah bisa menerapkan 3 cara. Adapun ketiga cara mengetahui jumlah penduduk, sebagai berikut :


  1. Sensus Penduduk

  2. Sensus penduduk (cacah jiwa) adalah pencatatan penduduk di suatu daerah/ negara pada kurun waktu tertentu. Di Indonesia, sensus penduduk dilakukan setiap 10 tahun sekali. Sensus penduduk biasanya dilaksanakan oleh pemerintah. Sensus penduduk dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

    a. Sensus de facto adalah penghitungan terhadap setiap penduduk yang berada di suatu wilayah ketika penghitungan sensus dilakukan.

    b. Sensus de jure adalah penghitungan terhadap penduduk yang benar-benar bertempat tinggal di wilayah yang dilaksanakan penghitungan sensus. Bagi penduduk yang hanya menumpang tidak ikut dihitungan dalam sensus.

  3. Survei Penduduk

  4. Survei penduduk adalah pencatatan penduduk di daerah tertentu saja dan biasanya untuk suatu keperluan. Survei penduduk biasanya dilakukan oleh pihak swasta untuk meneliti suatu hal.

  5. Registrasi Penduduk

  6. Registrasi adalah pecatatan data penduduk yang dilakuakn secara terus-menerus di kelurahan setempat. Registrasi penduduk biasanya mencatat perubahan jumlah penduduk seperti adanya kelahiran, kematian atau adanya migrasi (perpindahan penduduk).

Sesuai perhitungan tersebut di atas, jumlah penduduk selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Laju pertumbuhan penduduk Indonesia masih di angka 1,49%. Artinya, dalam satu tahun penduduk Indonesia bisa bertambah sekitar 4 juta jiwa.


Pertumbuhan penduduk yang begitu banyak memberikan dampak bagi Indonesia. Dampak positifnya adalah banyaknya tenaga kerja yang tersedia di Indonesia. Namun, dampak negatif dari banyaknya jumlah penduduk Indonesia lebih banyak dibandingkan dampak positifnya. Adapun dampak negatif jumlah penduduk yang banyak di Indonesia :

  • Perlu meningkatkan kebutuhan berbagai fasilitas sosial,
  • Meningkatkan persaingan kerja sedangkan lapangan kerja tidak bertambah,
  • Otomatis pengangguran juga semakin banyak,
  • Selanjutnya muncul tindak kriminalitas, akibat tidak adanya penghasilan.

Lalu, bagiaman yang harus dilakukan untuk menanggulangi masalah jumlah penduduk di Indonesia? Pemerintah Indonesia telah membuat berbagai kebijakan mengenai upaya menangani masalah kependuduk ini. Adapun kebijakan dari pemerintah :

  • Mencanangkan Keluarga Berencana (KB), yaitu program dua anak cukup,
  • Menetapkan batas bawah usia pernikahan yang diperbolehkan,
  • Membatasi pemberian tunjangan kepada anak PNS/ ABRI hanya untuk dua anak saja.

Persebaran Penduduk Indonesia


Negara Indonesia memiliki banyak sekali pulau, yaitu sebanyak 13.466 pulau. Namun, dari sekian banyak pulau, persebaran penduduk di Indonesia belum merata. Sebanyak 268.074.600 jiwa penduduk Indoensia tidak tersebar merata dari Sabang sampai Merauke.


Apa itu persebaran penduduk? Persebaran penduduk adalah bentuk penyebaran penduduk di suatu negara yang menempati wilayah-wilayah dengan merata ataupun tidak. Persebaran penduduk suatu negara berkaitan juga dengan kepadatan penduduk. Apa itu kepadatan penduduk?


Kepadatan penduduk adalah perbandingan banyaknya jumlah penduduk dengan luas daerah atau wilayah yang ditempati berdasarkan satuan luas tertentu. Kepadatan penduduk dapat dibagi menjadi :

  1. Kepadatan Penduduk Fisiologis
  2. Kepatan penduduk fisiologis adalah perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas tanah yang dapat diolah.

  3. Kepadatan Penduduk Ekonomi
  4. Kepadatan penduduk ekonomi adalah perbandingan antara jumlah penduduk dengan luas wilayah tetapi menurut kapasitas produksinya.

  5. Kepadatan Penduduk Artimatik
  6. Kepadatan penduduk aritmatik adalah perbandingan jumlah penduduk dengan luas seluruh wilayah dalam setiap kilometer persegi.

Persebaran dan kepadatan penduduk di Indonesia dipengaruhi oleh sumber daya yang dimiliki daerah atau wilayahnya. Wilayah yang memiliki sumber daya yang banyak cenderung lebih banyak pula penduduknya, bahkan bisa kelebihan penduduk (overpopulation). Namun, ada juga wilayah yang kekurangan penduduk (underpopulation).


Salah satu wilayah di Indonesia yang sangat padat penduduknya adalah di Pulau Jawa. Jika dibandingkan luas wilayah dengan jumlah penduduknya, maka Pulau Jawa termasuk overpopulation. Bayangkan saja, jumlah penduduk jawa tengah sebanyak 32,38 juta menempati daerah dengan luas 32.801 km persegi.


Pulau Jawa memiliki sumber daya alam berupa tanah yang subur. Selain itu, dengan ibu kota yang sampai saat ini masih di Jakarta yang berada di Pulau Jawa, memberikan kemudahan dari segala sisi, baik fasilitas hingga ekonomi. Maka tidak heran jika penduduk Indonesia berduyun-duyun pindah ke Pulau Jawa.


Sedangkan Wilayah di Indonesia yang kekuarangan atau jarang penduduknya berada di Maluku dan Papua. Pulau Papua yang sebenarnya merupakan pulau terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Hanya memiliki jumlah penduduk yang sedikit. Maka, persebaran penududuk Indonesia yang cenderung memusat di Pulau Jawa menjadi suatu permasalah tersendiri. Perlu adanya kebijakan untuk menangani masalah ini.


Terkait dengan permasalahan persebaran penduduk dan kepadataannya, pemerintah sudah melakukan beebrapa upaya. Adapun upaya yang dilakukan pemerintah, antara lain :

  • Program Transmigrasi (perpindahan penduduk dari wilayah padat penduduk menuju wilayah jarang penduduk).
  • Mendistribusikan perusahaan atau industri ke kawasan jarang penduduk.
  • Melengkapi sarana dan prasarana sosial masyarakat di desa, untuk mencegah urbanisasi (pindah ke kota).

Bahasan Sebelumnya :

Bahasan Selanjutnya :
Komposisi Penduduk--->

Latihan Soal :
Latihan Ulangan BAB 1 --->

Post a Comment