Iklan Header

Lanjutan Soal OSN Tingkat Kabupaten/ Kota untuk persiapan menghadapi OSN 2020 nanti. Kali ini saya akan membagikan latihan osn dari nomor 11-20. Soal berbentuk pilihan ganda. Silahkan memilih salah satu dari pilihan jawaban soal antara a, b, c, atau d. 

Usahakanlah kerjakan sesuai kemampuanmu terlebih dahulu. Baru kemudian lihatlah pembahasan dari latihan soal ini di akhir postingan. Langsung saja, monggo dipelajari.

ips-smp-osn-tingkat-kabupaten-kota-persiapan-2020-bag-2

11. Faktor yang dapat mendorong peningkatan angka kelahiran di Indonesia adalah ...

a. tingginya kesadaran melaksanakan Keluarga Berencana (KB)
b. rendahnya tingkat pendidikan penduduk
c. pemasangan alat kontrasepsi yang cocok untuk akseptor
d. dukungan tokoh masyarakat dalam pelaksanaan program KB

Jawaban : B 
Pembahasan :
Berdasarkan pilihan jawaban yang ada, jawaban B memang paling tepat, sedangkan untuk jawaban lain cenderung menekan peningkatan angka kelahiran. KB sendiri adalah singkatan dari Keluarga Berencana, suatu program dari pemerintah yang menganjurkan untuk membatasi jumlah anak hanya 2 saja. KB banyak jenis dan cara yang bisa dilakukan seperti memasang kb spiral, kb suntik 1 bulan, kb susuk, kb steril, serta kb alami dengan kb kalender.

Alasan yang lebih masuk akal dari jawaban B adalah penduduk yang memiliki pendidikan rendah cenderung lebih cepat melangsungkan perkawinan karena tidak ada ikatan pendidikan formal yang menghalangi. Sehingga nikah dini menjadi pilihan logis, padahal pernikahan dini lebih berpeluang besar untuk memiliki keturunan yang lebih banyak.

12. Angka harapan hidup diyakini sebagai indikator adanya perbaikan kehidupan di suatu negara. Faktor yang mempengaruhi peningkatan angka harapan hidup adalah ...

a. jaminan lapangan pekerjaan, kesejahteraan, dan pendidikan penduduk
b. kebijakan pemerintah tentang peningkatan kesehatan ibu dan anak
c. pendirian rumah sakit dan puskesmas dari daerah perkotaan sampai ke desa-desa
d. penurunan angka kematian pada bayi usia di bawah lima tahun melalui imunisasi

Jawaban : A
Pembahasan :
Angka harapan hidup dapat dikorelasikan dengan tingkat kesejahteraan. Semakin tinggi harapan hidup, maka kesejahteraan juga akan tinggi. Angka harapan hidup orang indonesia ditunjang oleh beberapa faktor penting seperti tersedianya pekerjaan untuk penduduk untuk medapatkan penghasilan demi memenuhi kebutuhan serta pendidikan sebagai kebutuhan penting untuk melangsungkan kehidupan.

13. Salah satu faktor yang dapat menggerakkan migrasi penduduk secara permanen adalah ...

a. mencari tambahan penghasilan di perkotaan
b. mengikuti pendidikan dan pelatihan di luar kota
c. menghindari daerah rawan bencana alam
d. memenuhi kebutuhan rekreasi & hiburan

Jawaban : C
Pembahasan :
Migrasi adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat yang lain dengan berbagai faktor. Salah satu faktor yang menyebabkan penduduk melakukan migrasi dan terus menetap di daerah tujuan karena rumah asalnya terdampak bencana alam, sehingga rusak parah atau bahkan ludes rata dengan tanah yang akhirnya tidak bisa ditempati lagi. Ancaman bencana alam di indonesia sangat banyak seperti banjir, longsor, gempa bumi, tsunami, angin puting beliung, dan lain sebagainya.

14. Kebijakan yang dianggap paling tepat untuk pemerataan pembangunan yang berbasis pada potensi lokal, yang dipadukan dengan kebijakan pemerataan penduduk di Indonesia adalah ...

a. urbanisasi
b. otonomi daerah
c. transmigrasi
d. relokasi industri

Jawaban : C
Pembahasan :
Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari permukiman yang padat penduduknya ke tempat yang lebih jarang penduduknya. Perpindahan atau migrasi tersebut biasanya membawa kebudayaan asal dan digabungkan (akulturasikan) di daerah tujuannya. Sehingga program transmigrasi artinya penting bagi pemerintah sebagai salah satu solusi tidak meratanya penduduk terutama di Pulau Jawa.

15. Faktor utama kerusakan hutan di Indonesia yang disebabkan oleh kegiatan manusia adalah ...

a. kegiatan pertambangan di daerah di daerah hutan lindung
b. ekspedisi para petualang yang tidak bertanggung jawab
c. peralihan fungsi hutan menjadi lahan perkebunan
d. penjarahan hutan oleh penduduk di sekitar hutan

Jawaban : C
Pembahasan :
Semua jawaban yang tersedia sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan hutan, namun yang dipilih haruslah faktor utama. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah fungsi hutan dialihkan menjadi lahan perkebunan. Sebab tidak hanya hutan saja yang digundul, namun fungsi penting hutan juga ikut hilang, sehingga dampaknya akan sangat terasa dengan dampak yang sangat besar, sebut saja tanah longsor, erosi dan banjir.

16. Kegiatan yang dianggap telah mendukung pembangunan berkelanjutan adalah ...

a. penggunaan AC di ruangan yang panas
b. membakar sampah yang tidak terangkut oleh petugas
c. memelihara hewan langka di rumah tempat tinggal
d. menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi

Jawaban : D
Pembahasan :
Jawaban sudah sangat jelas, dengan lebih menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi akan menekan pemakaian minyak bumi yang berstatus tidak mudah diperbaruhi. Dengan menekan pemakaian minyak bumi, maka persediaan minyak bumi masih akan tetap ada dan dapat digunakan untuk anak keturunan kita nantinya. Maka dari itu, dengan menekan minyak bumi bisa mendukung pembangunan berkelanjutan.

17. Perbedaan antara negara maju dan negara berkembang adalah ...

a. angka kelahiran di negara berkembang relatif rendah jika dibandingkan dengan negara maju
b. pertumbuhan penduduk di negara berkembang lebih rendah jika dibandingkan dengan negara maju
c. pertumbuhan ekonomi di negara berkembang lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara maju
d. pendapatan per kapita penduduk negara berkembang lebih rendah dibandingkan dengan penduduk negara maju

Jawaban : D
Pembahasan :
Pendapatan per kapita adalah pendapatan total penduduk suatu negara dibagi dengan jumlah penduduk yang ada. Semakin besar pendapatan per kapita tentu negara tersebut semakin dikatakan negara maju. Pendapatan per kapita digunakan untuk mengukur tingkat kesejahteraan negara. Pedapatan per kapita indonesia pada tahun 2019 sekitar Rp 56 juta per tahun.

18. Berikut adalah negara yang termasuk pada kelompok G8 atau  Group of Eight yang berkoalisi sejak tahun 1973 dalam menghadapi krisis minyak dunia ...

a. Arab Saudi
b. Iran
c. Italia
d. Meksiko

Jawaban : C
Pembahasan :
Kekhawatiran negara-negara Eropa terhadap ketersediaan minyak bumi di bumi mengundang pemikiran untuk bahu-membahu memecahkan masalah tersebut. Maka pada tahun 1973 negara-negara maju, tidak hanya dari Eropa membentuk suatu organisasi yang pada awalnya disebut G6 dengan beranggotakan Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Inggris dan Amerika. Setelah itu bergabunglah Kanada yang menandakan perubahan nama menjadi G7, dan terakhir berubah menjadi G8 dengan bergabungnya Rusia sebagai anggota terakhir. G8 adalah organisasi dunia yang mengusung masalah ketersediaan minyak bumi dunia.

19. Perhatikan peta wilayah Asia Tenggara berikut ini!


Simbol huruf B dan C menunjukkan perairan dan negara, yaitu ...

a. Laut Andaman dan Cina
b. Samudera Hindia dan Laos
c. Laut Cina Selatan dan Birma
d. Teluk Benggala dan Thailand

Jawaban : A
Pembahasan :
B adalah laut Andaman sedangkan C adalah daratan Cina

20. Sumber pendapatan utama negara Singapura adalah dari sektor industri jasa. Namun ada pula hasil pertanian yang cukup berkembang yaitu ...

a. padi
b. karet
c. anggrek
d. apel

Jawaban : C
Pembahasan :
Meskipun terkenal dengan industri jasa dan menjadi satu-satunya negara maju di Asia Tenggara, Singapura juga memiliki hasil pertanian yang baik dan menonjol pada hasil budidaya anggrek dan berbagai macam buah-buahan.




CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment