Iklan Header

    Ruang lingkup geografi : pelajaran kelas 10. Apa yang anda ketahui mengenai geografi? Secara sederhana geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang apapun yang ada di bumi. Jika dilihat lebih luas, bumi tidak hanya tanah saja lho. Di bumi ada air, udara, tanah, persebaran dan kegiatan manusia dan lingkungan, persebaran hewan dan tumbuhan.


    Menurut para ahli pengertian geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.


    Terus apa yang dipelajari dalam geografi? Kajian dalam geografi sangatlah luas, karena mencakup semua yang ada di bumi. Namun, untuk memudahkan, kajian dalam geografi dapat dikategorikan dalam 2 aspek. Yaitu, aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik seperti gunung, datara tinggi, sungai, laut, dll. Sedangkan aspek sosial seperti ekonomi, budaya, politik, dll.


    ruang-lingkup-geografi

    Dalam mempelajari sebuah ilmu, harus ada batasannya. Apakah kajian tersebut masuk dalam ilmu tersebut atau tidak. Ilmu geografi juga memiliki batasan-batasan yang biasa disebut dengan ruang lingkup geografi. Mungkin kalian masih ingat pelajaran IPS Kelas 7 tentang Ruang? Kalau lupa-lupa ingat bisa dibaca dulu penjelasan tentang ruang dan interaksi antar ruang.



    Macam - Macam Ruang Lingkup Geografi


    Ruang lingkup kajian geografi sangatlah luas. Ruang lingkup geografi adalah segala hal yang meliputi aspek (fisik dan sosial) dan bidang yang masuk dalam pembahasan geografi. Perlu dihafalkan gaes, berikut merupakan ruang lingkup kajian geografi adalah geografi fisik, geografi manusia (sosial) dan regional.


    1. Geografi Fisik


    Geografi fisik adalah ruang lingkup geografi yang mempelajari fenomena alam terutama yang terkait dengan segala proses fisik yang mempengaruhi kehidupan manusia termasuk ke dalam kejian geografi fisik. Simple - nya, geografi fisik hanya mempelajari alam dan sama sekali tidak menyinggung manusia. Contohnya, mempelajari fenomena erupsi gunung api, banjir, tanah longsor, dll. Catat Konsepnya : ruang lingkup geografi fisik = fenomena alam.



    2. Geografi Sosial


    Untuk geografi sosial adalah lingkupan ilmu geografi yang mempelajari tentang manusia yang berhubungan dengan lingkungannya. Jadi, dalam geografi sosial melingkupi aktivitas manusia dengan alam. Segala dampak kegiatan manusia di bumi termasuk dalam ruang lingkup geografi sosial.


    Contohnya, permukiman penduduk di dekat sumber air, jenis tanaman yang ditanam di daerah dataran tinggi, termasuk juga ruang lingkup geografi politik. Catat Konsepnya : ruang lingkup geografi sosial = aktivitas manusia terhadap lingkungan.



    3. Geografi Regional


    Sedangkan geografi regional adalah lingkupan ilmu geografi yang lebih spesifik di suatu tempat. Karena setiap daerah memiliki krakteristik yang berbeda-beda, ruang lingkup regional juga akan berbeda-beda di setiap daerah, meskipun memiliki fenomena fisik yang sama.


    Contoh, tanaman sayuran yang ditanam di dataran tinggi Dieng berbeda dengan dataran tinggi Bukit Barisan, Bengkulu. Untuk lebih memudahkan dalam membedakan ruang lingkup ini, jika disebutkan nama daerahnya, maka ruang lingkup tersebut adalah ruang lingkup regional. Catat Konsepnya : ruang lingkup geografi regional = menyebutkan daerah tertentu


    Dalam buku The Scope of Geography, Rhoad Murphey juga menyebutkan tiga ruang lingkup geografi, yaitu :


    1. Persebaran dan keterkaitan penduduk di muka Bumi dengan sejumlah aspek-aspek keruangan dan bagaimana manusia memanfaatkannya (Ruang Lingkup Geografi Fisik/Hubungan Keruangan).

    2. Interaksi antara manusia dengan lingkungan fisik yang merupakan salah satu bagian dari keragaman wilayah (Ruang Lingkup Geografi Sosial).

    3. Kerangka kerja regional dan analisis terhadap region-region khusus (Ruang Lingkup Geografi Regional).

    Jadi, itulah konsep mudah menghafal Materi dan Pembahasan Geografi tentang Ruang Lingkup Geografi. Setelah mempelajari ruang lingkup geografi, kamu bisa latihan soal geografi kelas 10 di blog ini juga lho.


    Bentuk Fisik Indonesia Interaksi Antar Ruang

    Post a Comment