Iklan Header

Apa pendapatmu tentang ruang? Apakah tempat yang tertutupi oleh tembok dan dinding? Atau bagaimana?


Oke, mungkin pandangan awal kita, ruang ya seperti ruang kelas, ruang guru, ruang tamu, ruang belajar, ruang kerja, ruang rindu (cie.. :D).


Kebanyakan kita beranggapan ruang seperti tempat tertutup oleh dinding. Memang benar itu termasuk ruang. Namun, dalam ilmu geografi, makna dari "ruang" lebih luas lagi.


Ruang memiliki hubungan dengan lingkungan kita hidup. Kita hidup dalam sebuah ruang-ruang. Ruang-ruang ini berbeda-beda, namun akan saling mempengaruhi. Lalu, pengertian ruang itu apa?

Pengertian Ruang

Manusia hidup di mukan bumi dan melakukan aktivitasnya. Aktivitas manusia ini memerlukan interaksi dengan ruang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Ruang itu sebenarnya apa? Apa definisi ruang? Secara sederhana arti ruang sebagai berikut, ruang adalah (dalam ips) seluruh permukaan bumi yang merupakan tempat hidup makhluk ciptaan-Nya, termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia.


Ada beberapa pendapat mengenai konsep ruang menurut beberapa ahli:

  1. Jayadinata : ruang adalah seluruh permukaan bumi yang merupakan lapisan biosfer, tempat hidup tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia.
  2. Samadi : ruang merupakan tempat bagi komponen-komponen lingkungan hidup dalam melakukan setiap proses, yaitu saling memengaruhi (interaksi), saling berhubungan (interelasi), dan saling ketergantungan (interdependensi).
  3. Sumaatmadja : ruang adalah tempat di permukaan bumi, baik secara keseluruhan maupun hanya sebagian.
  4. UU No.26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, ruang adalah wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi sebagai satu kesatuan wilayah, tepat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan dan memelihara kelangsungan hidupnya.

Pengertian Interaksi Antarruang

Apa yang dimaksud dengan interaksi? Kamu tahu apa itu interaksi? Interaksi adalah suatu hubungan saling memengaruhi antara satu komponen dengan komponen lain. Interaksi yang dilakukan akan menimbulkan hubungan timbal balik diantara keduanya.


Bentuk kegiatan interaksi, bisa interaksi manusia dengan lingkungan dan manusia dengan manusia lainnya. Sebagai contoh interaksi manusia dengan lingkungan, petani sayur yang memanfaatkan lahan subur di daerah dataran tinggi untuk menanam sayuran.


Lalu apa yang dimaksud dengan interaksi antar ruang? Kamu bisa menjelaskan pengertian interaksi antar ruang? Interaksi antar ruang adalah suatu cara mengelola ruang-ruang berdasarkan potensi dan permasalahannya serta keterkaitan suatu ruang dengan ruang-ruang yang ada di sekitarnya.


Interaksi antar ruang bisa disebut sebagai interaksi antar kesatuan berbagai komunitas dengan lingkungan. Contoh berikut merupakan bentuk kegiatan interaksi keruangan yaitu :

  1. Perbedaan kondisi antara daerah pedesaan dan perkotaan akan berakibat terjadinya arus urbanisas.
  2. Kegiatan penebangan hutan di daerah tropis dapat berpengaruh pada perubahan iklim dunia.

Contoh interaksi antar ruang pertama di atas, menjelaskan dampak dari interaksi keruangan di daerah tempat tinggal kalian (misalnya di desa dengan di kota).


Sedangkan contoh kedua, menjelaskan interaksi yang terjadi antara manusia dengan lingkungan alamnya. Kira-kira apa saja akibat negatif manusia terhadap lingkungan alamnya, kamu bisa menjelaskan? Tentu saja, lingkungan alam akan semakin berkurang bahkan bisa habis sumber dayanya, jika terus-menerus digunakan, tanpa ada upaya berkelanjutan.


Dengan contoh di atas, kamu pasti bisa menuliskan interaksi manusia dengan alam di lingkungan pedesaan. Kira-kira seperti apa? Masyarakat di pedesaan masih mengandalkan sektor pertanian sebagai upaya memenuhi kebutuhan hidup. Para petani memanfaatkan alam di lingkungan pedesaan berupa tanah yang subur, sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.


Bagaimana jika menyebutkan contoh interaksi manusia dengan alam di sekitar aliran sungai? Kamu bisa menyebutkan? Contoh interaksi manusia dengan alam di sekitar aliran sungai adalah misalnya memanfaatkan derasnya aliran sungai untuk keperluan pembangkit listrik mandiri di desa. Atau mungkin pemanfaatkan aliran sungai untuk keperluan irigasi di sawah. Ada juga yang memanfaatkan aliran sungai untuk mencari ikan, menambak dan budidaya ikan.


Ada beberapa kondisi saling bergantung yang diperlukan untuk terjadinya interaksi keruangan, antara lain:

  1. Saling Melengkapi (complementarity),
  2. Kondisi saling melengkapi terjadi jika ada wilayah yang berbeda komoditas yang dihasilkannya. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

    saling-melengkapi

    Wilayah B merupakan penghasil ikan, sedangkan wilayah A merupakan penghasil sayuran. Wilayah B membutuhkan sayuran, begitupula wilayah A membutuhkan ikan. Jika masing-masing memiliki kelebihan (surplus), maka wilayah B melakukan interaksi dengan wilyah A melalui aktivitas perdagangan atau jual beli.
  3. Kesempatan Antara (intervening opportuniy), dan
  4. Kesempatan antara adalah suatu lokasi yang menawarkan alternatif lebih baik sebagai tempat asal maupun tempat tujuan. Jika seseorang akan membeli suatu barang, maka ia akan memperhatikan faktor jarak dan hanya untuk memperoleh barang tersebut. Coba perhatikan gambar berikut.

    kesempatan-antara


    Wilayah A biasanya membeli ikan ke wilayah B, namun kemudian diketahui ada wilayah C yang juga penghasil ikan. Karena wilayah C jaraknya lebih dekat dan ongkos transportasinya lebih murah, para pembeli ikan dari wilayah A akan beralih membeli ikan ke wilayah C. Akibatnya, interaksi antara wilayah A dengan B melemah.
  5. Keadaan Dapat Diserahkan/ Dipindahkan (transferability)
  6. Kemudahan transfer dan biaya yang diperlukan sangat tergantung pada ketersediaan infrastuktur (sarana dan prasarana) yang menghubungkan daerah asal dan daerah tujuan. Jika jalan yang menghubungkan antara dua wilayah rusak bahkan tidak bisa dilewati, maka memerlukan jalan lain yang lebih jauh, sehingga ongkos kirim jadi lebih mahal. Perhatikan gambar berikut.

    keadaan-dapat-dipindahkan



    Misalnya, ada seseorang yang ingin menjual sayuran dari wilayah A ke wilayah C. Namun, dikarenakan jalan menuju ke wilayah C mengalami kerusakan, maka penjual tersebut memilih menjual ke wilayah B.

Bahasan Selanjutnya :
Luas dan Letak Indonesia--->

Latihan Soal :
Latihan Ulangan BAB 1 --->

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment