Iklan Header

    Benda jenis chopper tergolong kepada kapak perimbas - Orang-orang jaman dahulu sebelum menemukan pemanfaatan logam untuk berbagai keperluan, mereka menggunakan alat yang terbuat dari batu. Salah satu alat yang menjadi andalan adalah kapak perimbas. Kapak perimbas menjadi alat yang digunakan untuk merimbas kayu, memahat tulang, dan dapat juga digunakan sebagai senjata. 


    Kapak perimbas tidak memiliki tangkai dan digenggam langsung dengan tangan. Alat ini ditemukan di beberapa daerah di Indonesia dan China. Fungsi praktis dari kapak perimbas adalah untuk menumbuk tanaman, memotong daging buruan, menjadi pisau, dan menumbuk serat pepohonan. Pembuatan kapak perimbas dilakukan dengan meruncingkan batu pada satu sisi agar menjadi tajam, sedangkan bagian lain sebagai pegangan.


    kapak-perimbas


    ‌Apa itu perimbas?


    Perimbas adalah alat dari zaman Paleolitikum yang digunakan oleh manusia purba untuk membantu dalam pembuatan alat-alat serpih dan pekerjaan berat seperti pemecah tulang. Perimbas berbentuk seperti setrika dan digunakan dengan cara digenggam tanpa tangkai, memiliki satu sisi yang melebar dasar dan dua sisi vertikal bertemu di bagian tengah atas. Perimbas dibuat dari bahan seperti batu, tulang, dan kayu.


    kapak-perimbas


    ‌Siapa yang menemukan kapak perimbas?


    Paleontolog Jerman-Belanda Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald menemukan beberapa hasil teknologi bebatuan, termasuk kapak perimbas, di Sungai Baksoka dekat Punung, Pacitan, Jawa Timur.


    Baca juga : Bukti Teknologi Bangunan Candi


    Tradisi kapak perimbas yang tersebar di kawasan Asia Timur telah diteliti oleh para ahli pada tahun 1937 hingga 1938, tepatnya di daerah Burma dan Jawa. Beberapa tokoh yang terlibat seperti Helmutt de Terra, Hallam L. Movius Jr, dan Teilhard de Chardin. 


    Hasil penelitian menunjukkan bahwa persebaran kapak perimbas sudah diketahui pada beberapa wilayah, seperti Birma (lembah Irrawadi), China (Chou Kou Tien, Kwangsi, lembah Yangtze), Pakistan (Punjab) dan Indonesia (Pacitan).


    kapak-perimbas


    ‌Kapan ditemukan kapak perimbas?


    Penggunaan dari kapak perimbas memang diperkirakan sudah ada sejak zaman  Paleolitikum (Masa awal zaman Batu). Namun, penemuan kapak perimbas di Indonesia dimulai sekitar masa Holosen dan diduga diciptakan oleh manusia Pithecanthropus.


    Hal tersebut didukung dengan bukti nyata penemuan kapak perimbas lllllllldi negeri Cina, tepatnya di Chou-kou-tien dan ditemukan bersamaan dengan fosil-fosil Pithecantropus pekinensis.


    Ciri-Ciri Umum pada Kapak Perimbas


    Ciri-ciri umum pada kapak perimbas adalah pemangkasan dilakukan pada satu permukaan saja, tajamannya berbentuk konveks (cembung), kulit batu masih melekat pada sebagian besar permukaan batunya dan tajamannya kadang lurus apabila melalui pemangkasan salah satu sisi pinggiran batu. Alat-alat serpih yang berbentuk sederhana juga merupakan unsur penting dalam kompleks kapak perimbas.


    ‌Apa itu Chopper dalam sejarah?


    Chopper adalah sebutan lain untuk kapak perimbas, sebuah alat yang tidak memiliki tangkai dan digunakan dengan cara menggenggam langsung dengan tangan. Fungsinya berkaitan dengan memotong, merimbas, dan memahat bahan seperti kayu atau tulang, serta dapat dijadikan sebagai senjata.


    Alat ini ditemukan di berbagai daerah, seperti Gombong (Jawa Tengah), Kapak Sumatra selatan (Lahat), Sukabumi (Jawa Barat), dan Goa Choukoutieen (Beijing). Dalam pembuatannya, kapak perimbas dibuat dengan meruncingkan satu sisi permukaan batu agar menjadi tajam, sedangkan bagian lain dijadikan pegangan yang nyaman untuk telapak tangan pengguna.

    Post a Comment