Iklan Header

Integrasi ekonomi dunia yang mendorong adanya globalisasi dibuktikan dengan adanya beberapa hal. Kamu bisa baca selengkapnya di bawah ini. 


Integrasi ekonomi dunia ialah proses yang menyambungkan beberapa negara dari penjuru dunia lewat perdagangan, investasi, dan arus penghasilan. Ini bisa terlaksana lewat beragam langkah, seperti kesepakatan perdagangan bebas, kerja sama ekonomi regional, dan organisasi ekonomi global seperti World Trade Organization (WTO).


integrasi ekonomi global


‌Integrasi Ekonomi Dunia


Integrasi ekonomi bisa membawa manfaat seperti kemajuan ekonomi yang semakin tinggi, penganekaragaman export, dan akses pasar yang bertambah luas. Tetapi, integrasi ekonomi juga dapat memunculkan permasalahan seperti kompetisi yang kurang sehat dan pengangguran.


Integrasi ekonomi dunia bisa kita bagi menjadi dua tipe khusus yaitu : 


1. Integrasi horizontal


Integrasi horizontal mengikutsertakan kerja sama di antara beberapa negara yang ada di tingkat yang sama di dalam pembangunan ekonomi.


2. Integrasi vertikal


Sementara integrasi vertikal mengikutsertakan kerja sama di antara beberapa negara yang ada di tingkat yang lain dalam pembangunan ekonomi.


Contoh Integrasi Ekonomi Dunia


Integrasi Ekonomi Global yang ada saat ini terdapat beberapa contoh, seperti :


  1. Uni Eropa (UE) adalah organisasi ekonomi regional yang terbagi dalam beberapa negara Eropa yang bekerja sama di dalam sektor perdagangan, investasi, dan peraturan pajak.
  2. ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) ialah organisasi ekonomi regional di Asia Tenggara yang fokus pada kerja sama perdagangan dan investasi.
  3. Trans-Pacific Partnership (TPP) ialah kesepakatan perdagangan bebas yang diberi tanda tangan oleh beberapa negara di penjuru dunia, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang.
  4. World Trade Organization (WTO) ialah organisasi ekonomi global yang dibuat untuk mengatur perdagangan antara negara dan penjamin tindakan yang adil untuk semua anggotanya.
  5. North American Free Trade Agreement (NAFTA) ialah kesepakatan perdagangan bebas di antara Amerika Utara, yang menyambungkan Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.
  6. ASEAN Free Trade Tempat (AFTA) ialah kesepakatan perdagangan bebas di antara beberapa negara ASEAN yang mempunyai tujuan untuk tingkatkan perdagangan dan investasi di teritori Asia Tenggara.


Baca juga : Riset Pasar dan Pemasaran


Efek Samping Integrasi Ekonomi


Integrasi ekonomi dunia dapat memunculkan beberapa permasalahan, misalnya:


  1. Kompetisi yang kurang sehat antara negara, yang bisa mengakibatkan pengangguran dan pengurangan standard hidup di beberapa negara yang kurang maju.
  2. Kerugian lingkungan dan hak-hak pekerja karena perusahaan bisa berpindah ke beberapa negara dengan peraturan yang lebih longgar.
  3. Kemampuan ekonomi yang tidak imbang antara negara bisa mengakibatkan beberapa negara kurang maju kehilangan kontrol atas ekonomi mereka.
  4. Meski begitu, integrasi ekonomi dunia menjadi alat yang efisien untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi global jika penerapannya secara adil dan bertanggungjawab.


‌Aspek Pendorong Integrasi Ekonomi Internasional 


Aspek yang menggerakkan integrasi ekonomi internasional bisa kita bagi menjadi beberapa kelompok, seperti:


  1. Ekonomi: Kemajuan ekonomi yang konstan dan peningkatan keinginan global untuk produk dan jasa dari beberapa negara yang lain, memungkinkannya beberapa negara untuk meningkatkan export dan investasi luar negeri.
  2. Tehnologi: Perubahan tehnologi, seperti internet dan transportasi, membuat perdagangan dan investasi antara negara lebih gampang dan efektif.
  3. Politik: Peraturan politik yang memberikan keuntungan perdagangan internasional, seperti kesepakatan perdagangan bebas, bisa menggerakkan beberapa negara untuk tingkatkan kerja sama ekonomi.
  4. Demografi: Peralihan demografi, seperti perkembangan warga dan peralihan dalam susunan umur, bisa memengaruhi keinginan dan suplai produk dan jasa yang lain.
  5. Lingkungan: Peralihan lingkungan, seperti peralihan cuaca dan pendayagunaan sumber daya alam, bisa memengaruhi opsi produk dan jasa yang diperlukan dan diharapkan oleh beberapa negara.


Baca juga : Ekonomi Kreatif


‌Hubungan antara Pergerakan Sumberdaya Internasional dan Integrasi Ekonomi Global


Gerakan sumberdaya internasional dan integrasi ekonomi global sama-sama berkaitan dan memengaruhi keduanya. Integrasi ekonomi global memungkinkan gerakan sumberdaya internasional yang semakin besar serta lebih efektif, sementara gerakan sumberdaya internasional bisa tingkatkan integrasi ekonomi global.


Gerakan sumberdaya internasional yang semakin besar bisa dibuat dari integrasi ekonomi global yang semakin tinggi, karena kesepakatan perdagangan bebas dan kerja sama ekonomi regional bisa kurangi kendala perdagangan dan investasi. Ini bisa tingkatkan akses pasar yang bertambah luas untuk beberapa negara, hingga bisa buka kesempatan untuk mengekspor sumberdaya yang semakin banyak.


Integrasi ekonomi global dapat tingkatkan efektivitas gerakan sumberdaya internasional, karena beberapa negara bisa manfaatkan keunggulan komparatif mereka dan memaksimalkan produksi dan distribusi sumberdaya.


Dalam pada itu, gerakan sumberdaya internasional bisa menggerakkan integrasi ekonomi global karena bisa tingkatkan keperluan akan produk dan jasa yang lain, hingga tingkatkan keinginan untuk perdagangan dan investasi antara negara.


Disamping itu, gerakan sumberdaya internasional dapat memberi faedah ekonomi, seperti kenaikan kemajuan ekonomi dan pengurangan kemiskinan, yang bisa menggerakkan beberapa negara untuk tingkatkan kerja sama ekonomi dan kurangi kendala perdagangan.


Baca juga : Dampak Globalisasi Ekonomi terhadap Transportasi


Integrasi Ekonomi Dunia yang Mendorong Adanya Globalisasi


Integrasi ekonomi dunia yang mendorong adanya globalisasi ditunjukkan karena ada faktor-faktor, diantaranya ialah:


  1. Peningkatan perdagangan internasional: Integrasi ekonomi dunia bisa meningkatkan perdagangan internasional lewat kesepakatan perdagangan bebas dan kerja sama ekonomi regional yang mengurangi kendala perdagangan.
  2. Peningkatan investasi asing: Integrasi ekonomi dunia bisa meningkatkan investasi asing dengan memberi akses yang bertambah luas ke pasar negara lain dan mengurangi kendala investasi.
  3. Arus modal dan informasi : Integrasi ekonomi dunia bisa meningkatkan arus modal dan informasi antar negara lewat proses seperti pasar modal dan perdagangan saham.
  4. Peningkatan mobilisasi tenaga kerja : Integrasi ekonomi dunia bisa meningkatkan mobilisasi tenaga kerja dengan memberi akses yang bertambah luas ke pasar kerja negara lain dan mengurangi kendala peralihan tenaga kerja.
  5. Kenaikan kerja sama ekonomi : Integrasi ekonomi dunia bisa tingkatkan kerja sama ekonomi antara negara lewat organisasi seperti World Trade Organization (WTO) dan kerja sama ekonomi regional seperti Uni Eropa (UE) dan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).


Keseluruh factor tersebut memperlihatkan jika integrasi ekonomi dunia berpeluang terjadinya globalisasi yang memperkuat jalinan ekonomi antar negara dan membuat beberapa negara lebih berkaitan keduanya.

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment