Iklan Header

    Kawasan benua asia memang mayoritas mengandalkan pertanian, tetapi ada juga kawasan Benua Asia yang tidak mengandalkan pertanian sebagai salah satu komoditas ekonomi penting, melainkan di sektor lain.


    Benua Asia sebagai benua terluas di dunia yang berada di belahan bumi utara dan mempunyai luas daerah 44,58juta km². Adapun letak benua Asia secara astronomis berada di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT.


    Secara geografis benua Asia ada di benua Eropa dan Australia juga di antara Samudera Arktik, Hindia, dan pasifik. Secara geologis benua Asia bersatu dengan benua Eropa dalam dataran Eurasia.


    Eurasia secara geografis sebagai kombinasi daerah dataran yang menghampar di antara Benua Eropa (selain daerah kepulauan Inggris, Islandia, Italia) dengan Benua Asia (selain kepulauan Indonesia, Jepang, Taiwan, Filipina, Sri Lanka dan Kepulauan Rusia).


    kawasan-asia-tidak-mengandalkan-pertanian


    Pembagian Kawasan di Asia


    Benua Asia mempunyai pembagian daerah yang terbagi dalam kawasan Asia Tenggara, Asia tengah, Asia Timur, Asia Barat, dan Asia Selatan. Masing-masing daerah itu mempunyai karakter yang lain.


    1. Asia Tenggara


    Luas daerah dataran Asia Tenggara sekitaran 4.817.000 km² dan perairan laut Asia Tenggara sekitaran 5.060.100 km². Berdasar letak astronomisnya, Asia Tenggara berada di 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT.


    Teritori Asia Tenggara dilalui garis khatulistiwa (ekuator) dan garis balik utara. Asia Tenggara bersebelahan dengan China di samping utara, Samudra Pasifik di samping timur, Samudra Hindia di samping selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di samping barat.


    Asia Tenggara terdiri dari dua bagian yakni Asia Tenggara Dataran (Indo-Cina) dan Asia Tenggara Kepulauan. Beberapa negara Asia Tenggara Dataran (Indo-Cina) yakni:

    1. Kamboja
    2. Laos
    3. Myanmar
    4. Thailand
    5. Vietnam


    Beberapa negara yang masuk di Asia Tenggara Kepulauan yakni:

    1. Brunei
    2. Filipina
    3. Indonesia
    4. Malaysia
    5. Singapura


    Asia Tenggara berada pada  pertemuan lempeng geologi, dengan kegiatan kegempaan (seismik) dan gunung berapi (vulkanik) yang tinggi sehingga gempa bumi biasa terjadi.


    Tekanan lempeng Indo-Australia mengusung permukaan beberapa pulau yang berada di dekatnya, hingga terciptalah jejeran gunung berapi aktif.


    Asia Tenggara ada di wilayah lintang rendah hingga beriklim tropis yang memiliki ciri curahan hujan yang tinggi dan pencahayaan matahari yang panas selama setahun. Cuma beberapa kecil yang beriklim subtropis, yakni Myanmar sisi utara.


    Karena itu, teritori Benua Asia Tenggara sebagian besar memercayakan pertanian sebagai salah satunya komoditas ekonomi utamanya.


    pertanian kawasan asia


    2. Asia Tengah


    Teritori Asia tengah menghampar dari barat yakni Laut Kaspia sampai di timur yakni Cina, dan dari Afghanistan di selatan sampai Rusia di utara. Teritori Asia tengah ini sebagai Black Hole karena sebagai sisa jajahan dan kekuasaan dari banyak pemerintahan-rezim kepenguasaan seperti China, Mongolia, Islam, Budha, Ottoman dan sebagainya.


    Karena hal tersebut, kadang teritori Asia tengah ini disebutkan sebagi The Dark Side of The World karena sebagai sisa dari kepenguasaan kekuatan-kekuatan besar.


    Sungai khusus adalah Sungai Amu Darya, Syr Darya dan Hari Rud. Aliran air datang dari Laut Aral dan Danau Balkhash, ke-2 nya ialah sisi dari kolam endorheic besar di Asia barat/tengah yang meliputi Laut Kaspia.


    Beberapa negara di Asia tengah mengikuti sistem politik pemerintah sekuler-republik dan beberapa prinsip pasar bebas kapitalisme. Negara di Asia tengah mencakup Afganistan, Kirgystan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.


    Asia tengah ialah daerah yang paling luas dengan tipe dataran yang bervariatif, misalkan tanah daratan tinggi dan pegunungan (Tian Shan), gurun luas (Kara Kum, Kyzyl Kum, Taklamakan), dan tanah berbentuk rumput-rumputan.


    Umumnya tanah benar-benar kering atau benar-benar kasar ketika menjadi sawah. Mata pencarian sebagian besar warga adalah pertanian dan gembala. Kegiatan industri ada di perkotaan.


    3. Asia Timur


    Asia Timur atau East Asia berada pada bagian timur benua Asia, sebutan kawasan ini dalah Asia Timur Laut (Northeast Asia). Teritori Asia Timur mempunyai letak Geografis yang lumayan strategis dan kekayaan sumber daya alam yang berlimpah, hingga Negara yang terhimpun di dalamnya mempunyai nilai kemajuan ekonomi yang semakin maju dari pada Negara Asia yang lain.


    Hal ini karena factor riwayat dan peradaban bangsa timur yang berkembang dengan cepat. Wujud permukaan teritori ini kebanyakan adalah dataran tinggi sampai pegunungan dan cuma mempunyai dataran rendah yang sempit di pesisir pantainya.


    Pulau tunggal di teritori ini hanya Pulau Formosa (Taiwan) dan dua kepulauan sebagai negara, yakni kepulauan Jepang dan kepulauan Hongkong. Beberapa negara di Asia Timur mencakup China, Hongkong, Jepang, Makau, Mongolia, Korea Utara, Korea Selatan, dan Taiwan.


    Teritori Asia Timur masih tetap memercayakan bidang pertanian sebagai salah satunya komoditas penting beberapa negara di situ.


    4. Asia Selatan


    Asia selatan ialah teritori yang berada di bagian selatan benua Asia dan secara astronomis ada pada26º LU-48º LS dan67º BT-125º BT.


    Dan secara geografi Asia Selatan bersebelahan dengan Asia tengah di bagian utara, Asia Timur di bagian timur, Asia Tenggara di bagian tenggara dan Samudera Hindia pada samping selatan dan samping barat bersebelahan dengan Asia Barat.


    Secara geologis daerah Asia Selatan masuk dalam lempng India. Dahulunya lempeng ini sebagai benua kecil yang terpisah dengan benua Asia. Tetapi, gerakan lempeng ini secara terus-terusan mengarah utara membuat lempeng ini bersatu dengan lempeng Eurasia.


    Di samping itu, dampak lain akibatk dari gerakan lempeng ini ke utara ialah pegunungan Himalaya atau Mount Everest menjadi pegunungan paling tinggi di dunia. Tiap tahunnya pegunungan ini naik beberapa cm.


    Beberapa negara di Asia Selatan yakni India, Pakistan, Bangladesh, Bhutan, Maladewe, Nepal, Sri Lanka.


    Adanya pegunungan Himalaya dalam Sirkum Mediterania, karena itu mengakibatkan tanah di teritori Asia Selatan condong memiliki keadaan tanah yang subur. Hingga warga di sekelilingnya banyak bertopang pada bidang pertanian.


    5. Asia Barat


    Teritori ini kerap dikatakan sebagai teritori Timur tengah, karena teritori ini ada di tengah belahan bumi timur. Kondisi alam Asia Barat lebih tandus dan kering karena intensif hujan yang rendah.


    Hal tersebut karena oleh letak geografis teritori ini yang ada di tiga benua luas yang mengapitnya, yakni Asia, Eropa dan Afrika hingga angin yang bertiup ke wilayah ini memiliki sifat kering dan cuma membawa uap air yang paling sedikit setelah melalui beberapa daerah luas di sekitaran Timur tengah.


    Hal itu menyebabkan tanaman yang bisa hidup di wilayah ini cuma kaktus di wilayah gurun-gurun, pohon kurma di wilayah oaseoase dan pohon zaitun di wilayah sekitaran pesisir pantai laut Mediterania.


    Asia Barat dipisah jadi tiga sisi khusus, yakni:

    • Levant (Syam), daerah ini mencakup Lebanon, Suriah, Yordania, Palestina, Israel, Irak, Turki dan Siprus.
    • Semenanjung Arab, daerah ini mencakup Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Qatar, Persatuan Emirat Arab, Oman danYaman.
    • Kaukasus, daerah ini mencakup Azerbaijan, Armenia dan Georgia.
    • Bentangan Iran, daerah ini cuma mencakup Iran.


    Danau populer di teritori ini ialah Danau Yordania atau Laut Mati di tepian Israel, Palestina dan Yordania, danau ini ada pada 424 mtr di permukaan air laut dan menjadikan sebagai titik dataran paling rendah dari muka bumi.


    Danau itu populer dengan kandungan garamnya yang tinggi sekali (sekitaran 6x lipat kadar garam di samudera) hingga bisa membuat benda apa saja mengampung dan hampir tidak ada makhluk hidup di dalamnya, terkecuali beberapa macam bakteri.


    Bidang ekonomi di teritori Asia Barat sedikit berbeda dengan teritori Asia yang lain. Di teritori Asia Barat penduduknya tidak memercayakan bidang pertanian sebagai komoditas intinya, karena keadaan cuaca yang tidak memberikan dukungan. Maka warga di situ mengoptimalkan bidang pertambangan sebagai komoditas khusus, terutamanya pertambangan minyak.


    Baca Juga : Orang Meo dan Yao di Laos dalam Bertani


    Aktivitas Ekonomi di Benua Asia


    Mata pencarian mayoritas warga di daerah Asia yakni di bagian pertanian. Pertanian sebagai bidang penting setiap negara yang ada di teritori Asia.


    Pertanian berperan untuk menyuplai devisa dari beberapa negara tersebut. Hal itu karena keperluan pangan, khususnya beras yang ada di bumi ini, mayoritas tersuplai oleh beberapa negara yang ada di daerah Asia.


    Keterangan itu memperlihatkan jika pertanian khususnya untuk hasilkan beras sebagai mata pencarian mayoritas warga benua Asia.


    pertanian kawasan asia


    Tetapi, ada pula dari kawasan-kawasan Benua Asia di atas yang memercayakan komoditas ekonomi utamanya tidak dari pertanian tetapi dari bidang lain. Teritori itu ialah teritori Benua Asia Barat.


    Kawasan Benua Asia yang tidak mengandalkan pertanian sebagai salah satu komoditas ekonomi penting adalah Asia Barat.


    Kerjakan : Latihan Soal Ulangan Harian BAB 1 Kelas 9 Mapel IPS

    Post a Comment