Iklan Header

Kegiatan merupakan suatu aktivitas yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Supaya kegiatan dapat berjalan lancar, maka perlu adanya pelaku yang melakukan kegiatan tersebut. Tidak mungkin kegiatan bisa berjalan sendiri, dibutuhkan penggerak yang melakukannya yang disebut pelaku.


pelaku-ekonomi

Begitupun dalam kegiatan ekonomi, terdapat pelaku yang menggerakkan ekonomi. Pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi adalah penggerak ekonomi. Siapa sajakan pelaku ekonomi dan bagaimana peran mereka? Penjelasannya sebagi berikut :


1. Rumah Tangga (Konsumsi)

Rumah tangga selalu dikaitkan dengan kegiatan konsumsi. Rumah Tangga Konsumsi adalah individu atau kelompok yang melakukan kegiatan konsumsi barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhannya. Rumah tangga juga bisa disebut rumah tangga keluarga. Rumah tangga keluarga biasanya terdiri atas ayah, ibu dan anak-anaknya.


Rumah tangga juga merupakan indivisu atau kelompok yang memiliki faktor-faktor produksi. Meskipun penyedia faktor-faktor produksi, namun untuk melaksanakan kegiatan konsumsinya, rumah tangga harus memiliki pendapatan terlebih dahulu. Pendapatan tersebut diperoleh dari perusahaan dengan cara sewa (rent), upah (wage), bunga (interest), dan laba (profit).


Dalam kegiatan ekonomi, rumah tangga konsumsi memiliki peran sebagai berikut :

  1. Rumah tangga berperan sebagai PEMASOK faktor-faktor produksi berupa tanah, tenaga kerja, modal, dan keahlian kepada perusahaan untuk kegiatan produksi.

  2. Rumah tangga berperan sebagai PEMAKAI (konsumen) barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

2. Perusahaan

Perusahaan dalam kegiatan ekonomi diartikan sebagai produsen dengan menghasilkan barang atau jasa. Namun, sebenarnya perusahaan juga memiliki peran yang lainnya. Ada beberapa peran yang dilakukan oleh perusahaan, diantaranya adalah :


  1. Sebagai PRODUSEN
  2. Peran perusahaan sebagai produsen adalah menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kepentingan para konsumen dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang disediakan oleh rumah tangga konsumen sehingga akan meningkatkan kemakmuran bangsa.


  3. Sebagi DISTRIBUTOR
  4. Peran perusahaan sebagai distributor adalah sebagai mata rantai penyaluran barang dalam rangka melayani konsumen agar barang yang dibutuhkan sampai pada konsumen tepat waktu, tepat tempat, tepat sasaran, tepat kuantitas, dan tepat kualitas sehingga barang yang dibutuhkan masyarakat dengan mudah dapat diperoleh.


  5. Sebagai AGEN PEMBANGUNAN
  6. Kegiatan perusajaan sebagai agen pembangunan ditujukan untuk meningkatkan produksi melalui penelitian dan pengembangan. Setiap perusahaan selalu berusaha supaya tidak ketinggalan ilmu dan teknologi serta dapat mengembangkan diri sesuai dengan kemajuan zaman. Perusahaan yang mencapai sukes dapat dikatakan berfungsi sebagai agen pembangunan. Perusahaan yang demikian tidak hanya mengejar keuntungan bagi pemilik modal, tetapi bertanggung jawa pula atas kesejahteraan karyawan dan masyarakat umumnya.


3. Pemerintah

Pada dasarnya sama dengan perusahaan, negara bertindak sebagai produsen sekaligus sebagai konsumen. Dalam perekonomian, pemerintah bertugas untuk mengatur, mengendalikan, serta mengadakan kontrol terhadap jalannya roda perekonomian agar negara maju dan rakyat dapat hidup layak dan damai.


Tujuan konsumsi negara berbeda dengan rumah tangga keluarga dan perusahaan. Konsumsi negara bertujuan untuk memenuhi atau melayani kebutuhan masyarakat. Selain itu, negara atau pemerintah memiliki peranan, sebagai berikut :

  1. Pemerintah sebagai PENGATUR
  2. Pengatur kegiatan ekonomi oleh pemerintah dapat ditempuh melui peraturan dan perundang-undangan disertai berbagai tindakan nyata.


  3. Pemerintah sebagai PENGONTOL
  4. Sebagai pengontrol kegiatan ekonomi, pemerintah mempunyai bank sentral yang berfungsi mengawasi lalu lintas keuangan, antara lain jumlah uang yang beredar, tinggi rendahnya suku bunga, lalu lintas kredit, dan sebagainya. Pemerintah juga satu-satunya yang mempunyai hak untuk mencetak uang serta mengedarkannya di masyarakat.


  5. Pemerintah sebagai PENGUASA
  6. Sebagai penguasa pemerintah memiliki alat pemaksa bagi terselenggaranya ketertiban di dalam masyarakat, yaitu polisi. Untuk menjalankan peranannya dalam memberikan keadilan pemerintah memiliki alat peradilan bagi terselenggaranya keadilan bagi seluruh rakyat.


  7. Pemerintah sebagai KONSUMEN
  8. Selain sebagai pengatur, pengontrol, dan penguasa, pemerintah juga memiliki peranan sebagai konsumen. Maksudnya, untuk menjalankan tugasnya, pemerintah memerlukan berbagai macam barang dan jasa, misalnya untuk kegiatan administrasi diperlukan peralatan kantor dan alat-alat tulis.


  9. Pemerintah sebagai PRODUSEN dan INVESTOR
  10. Dalam kegiatan perekonomian pemerintah dapat bertindak sebagai produsen untuk menghasilkan barang dan jasa yang menyangkut kepentingan orang banyak. Pemerintah juga dapat bertindak sebagai investor, artinya penanam modal baik seluruhnya atau sebagian paa perusahaa-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.


Latihan Soal dan Pembahasannya

1. Apa sajakah peran rumah tangga konsumsi dalam kegiatan ekonomi?

Jawaban : sebagai pemasok faktor-faktor produksi dan sebagai pemakai barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan.

2. Jelaskan peranan perusahaan sebagai pelaku ekonomi!

Jawaban : sebagai penghasil barang atau jasa (produsen), sebagai mata rantai penyaluran barang ke konsumen (distributor), dan sebagai agen pembangunan untuk meningkatkan produksi.

Bahasan Sebelumnya :

Bahasan Selanjutnya :
Permintaan dalam Ekonomi--->

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment