Iklan Header

Assalamu'alaiku, teman-teman. Selamat sore menjelang malam. Semoga selalu sehat ya. Sore ini, saya akan membagikan pembahasan dari latihan PTS (Penilaian Tengah Semester 2) yang sudah saya bagikan beberapa waktu lalu. Pembahasan PTS Sejarah Peminatan kelas 10 ini bisa kamu jadikan media untuk belajar mandiri di rumah aja.

Postingan saya kali ini berisi kunci jawaban dan pembahasan soal PTS Sejarah Peminatan Kelas 10 SMA/ MA. Pembahasan soal terdiri dari 30 soal pilihan ganda. Pada kesempatan ini saya akan membagikan pembahasan nomor 1 hinngga nomor 15. Untuk postingan selanjutnya, Insya Allah akan saya bagikan pembahasan nomor 16 hingga nomor 30. Langsung saja, monggo dipelajari.

kelas-10-sejarah-peminatan-pembahasan-pts-2


Soal : Sejarah Peminatan Kelas 10 PTS Semester 2


PEMBAHASAN

1. Jawaban : C

Pembahasan :
Kebudayaan Megalithikum berwujud benda-benda yang terbuat dari batu besar (biasanya berhubungan dengan sarana penguburan/ pemujaan), sedangkan candrasa merupakan artefak dari logam perunggu.

2. Jawaban : A

Pembahasan:
Berdasarkan hasil kebudayaannya maka zaman Praaksara dapat dibedakan atas zaman Batu dan zaman Logam.

3. Jawaban : E

Pembahasan :
Peter Brown dan Mike J. Morwood pada bulan September 2003 menemukan fosil manusia purba yang kemudian diberi nama Homo floresiensis.



4. Jawaban : E

Pembahasan :
Homo wajakensis bukan merupakan fosil yang ditemukan di luar Indonesia, melainkan Homo wajakensis ditemukan di Indonesia.

5. Jawaban : C

Pembahasan :
Manusia purba tidak hanya ditemukan di Asia dan Eropa melainkan juga di Afrika. Penemuan manusia purba Australopithecus africus adalah Raymond Dart.

6. Jawaban : C

Pembahasan :
Fosil manusia purba jenis Homo floresiensis ditemukan di gua Liang Bua, Nusa Tenggara Timur.

7. Jawaban : D

Pembahasan :
Fosil manusia purba Indonesia yang pernah dianggap sebagai missing link dari teori Evolusi yang dikemukakan oleh Charles Darwin, yaitu Pithecanthropus erectus.

8. Jawaban : B

Pembahasan :
Jenis manusia purba yang sudah mencapai tingkat kesempurnaan disebut Homo sapiens.

9. Jawaban : C

Pembahasan :
Pithecanthropus erectus menurut E. Dubois merupakan jenis makhluk antara manusia dan kera karena hidupnya sudah mulai menetap.

10. Jawaban :

Pembahasan :
Bagian fosil Meganthropus paleojavanicus yang ditemukan oleh von Koenigswald di Sangiran pada tahun 1936 dan 1941 adalah rahang atas dan bawah.

11. Jawaban : D

Pembahasan :
Jenis manusia yang ditemukan pada 1931-1934 di sepanjang sungai Bengawan Solo oleh C. Ter Haar dan Ir. Oppenoorth adalah Homo soloensis.

12. Jawaban : C

Pembahasan :
Zaman Batu Madya merupakan masa peralihan di mana cara pembuatan alat-alat kehidupannya lebih baik dan lebih halus dari zaman Batu Tua. Contoh artefak peniggalan zaman Batu Madya adalah kapak Sumatra.



13. Jawaban : B

Pembahasan :
Peralatan yang dihasilkan dari zaman Paleolithikum antara lain kapak perimbas, kapak penetak, pahat genggam, dan kapak genggam.

14. Jawaban : E

Pembahasan :
Fosil Australophitecus robustus ditemukan di Afrika Selatan oleh T.J. Robinson dan Robert Broom.

15. Jawaban : B

Pembahasan :
Terputusnya mata rantai yang dapat menghubungkan antara makhluk awal dengan manusia modern menurut teori Evolusi disebut missing link.




CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment