Iklan Header

Assalamu'alaikum, teman-teman. Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk menulis lagi di blog saya ini. Langsung saja, kali ini saya akan membagikan pembahasan dari latihan soal kelas 10 SMA/ MA Bab 4 mengenai Islamisasi dan Silang Budaya di Nusantara, yang sudah saya bagikan kemarin.

Untuk menjawab soal-soal latihan kemarin, dalam postingan saya kali ini saya bagikan kunci jawaban dan pembahasan untuk menunjang kalian bisa belajar mandiri dan memahami maksud dari soal-soal yang sudah saya bagikan. Semoga bermanfaat. Langsung saja, monggo dipelajari.

kelas-10-sejarah-indonesia-bab-4-pembahasan


Soal : Kelas 10 Mapel Sejarah Indonesia Bab 4


PEMBAHASAN

1. Jawaban : E

Pembahasan :
Sumber sejarah berupa benda tentang masuknya ajaran Islam di Indonesia adalah nisan.

2. Jawaban : B

Pembahasan :
Penyebaran Islam di tanah Jawa dilakukann oleh Wali Sanga.

3. Jawaban : C

Pembahasan :
Keterangan Marco Polo tahun 1292 menceritakan bahwa di Perlak sudah banyak penduduk yang memeluk Islam dan banyak pedagang Islam dari India. Keterangan Marco Polo ini merupakan salah satu dasar dari teori Gujarat.

4. Jawaban : B

Pembahasan :
Islam masuk ke Indonesia antar abad ke-7 sampai abad ke-13 karena disebarkan oleh orang Arab, Persia, dan Gujarat (India).

5. Jawaban : B

Pembahasan :
Peranan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia pada abad ke-16 sampai ke-17 adalah mengembangkan kebudayaan Islam.

6. Jawaban : C

Pembahasan :
Penduduk di daerah pesisir Nusantara lebih dahulu memeluk agama Islam daripada daerah pedalaman karena agama Islam disebarkan lewat kegiatan perdagangan.



7. Jawaban : E

Pembahasan :
Batu Nisan Fatimah binti Maimun (1028) yang bertuliskan Arab di Leran (Gresik). Penemuan batu nisan tersebut menjadi bukti penyebaran Islam ke Indonesia pada abad ke-11.

8. Jawaban : A

Pembahasan :
Masjid Kudus adalah salah satu hasil asimiliasi antara budaya Islam dan Hindu. Hal ini ditunjukkan oleh menaranya yang menyerupai candi.

9. Jawaban : D

Pembahasan :
Agama Islam dikenal oleh penduduk Indonesia melalui kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk setempat dengan para pedagang muslim di Mekah, Gujarat (India), dan Persia.

10. Jawaban : D

Pembahasan :
Penyebaran Islam di Indonesia melalui bidang kebudayaan dilakukan oleh Sunan Kalijaga, yaitu melalui pewayangan.

11. Jawaban : B

Pembahasan :
Salah satu peranan kerajaan Islam dalam proses integrasi bangsa yaitu menyatukan rakyat berjuang melawan penjajah.

12. Jawaban : D

Pembahasan :
Puncak kejayaan Kerajaan Makassar terjadi pada masa kekuasaan Raja Sultan Hasanuddin.

13. Jawaban : E

Pembahasan :
Para pedagang Islam pertama kali datang di Indonesia pada zaman Kerajaan Samudra Pasai. Kerajaan Samudra Pasai adalah kerajaan pertama di Indonesia yang menganut Islam. Letak Samudra Pasai di pantai timur Pulau Sumatra bagian utara berdekatan dengan jalur pelayaran perdagangan Internasional waktu itu, yaitu Selat Malaka.

14. Jawaban : C

Pembahasan :
Di bawah pemerintahan Sultan Iskandar Muda, Kerajaan Aceh mengalami kejayaan. Kerajaan Aceh tumbuh menjadi kerajaan besar dan berkuasa atas perdagangan Islam, bahkan menjadi bandar transit yang dapat menghubungkan dengan pedagang di Dunia Barat.

15. Jawaban : B

Pembahasan :
Pengaruh Islam dalam bidang kesenian adalah perkembangan pertunjukan wayang dan tradisi Sekaten yang sampai saat ini masih lestari.

16. Jawaban : A

Pembahasan :
Menurut Ibnu Batutah, pada abad ke-14 M ada kerajaan Islam di Indonesia yang menjadi pusat studi agama Islam dan tempat berkumpul para ulama dari berbagai negara. Kerajaan yang dimaksud adalah Samudra Pasai. Kerajaan Samudra Pasai merupakan pusat studi Islam. Ibnu Batutah berkunjung ke kerajaan ini pada tahun 1345-1346. Ibnu Batutah menyebutnya sebagai "Sumutrah" ejaannya untuk nama Samudra, yang kemudian menjadi Sumatra.

17. Jawaban : E

Pembahasan :
Beberapa alasan Sultan Hadiwijaya memindahkan pusat kerajaan dari Demak ke Pajang sebagai berikut :

  • Kerajaan Demak tidak mempunyai nilai magis akibat perang saudara yang berkepanjangan.
  • Wilayah Pajang mendekati daerah pertanian yang subur, yaitu Surakarta dan Klaten.
  • Pajang dapat menjauhkan musuh-musuh politik lama Demak.
  • Pajang mendekatkan diri ke daerah yang mendukungnya, yaitu Tingkir.
18. Jawaban : B

Pembahasan :
Pada masa kerajaan Ternate dan Tidore terdapat persekutuan antara Uli Lima dan Uli Siwa.

19. Jawaban : A

Pembahasan :
Faktor intern yang menyebabkan jatuhnya Kerajaan Makassar pada tahun 1667 adalah adanya bantuan terhadap VOC oleh pasukan dari Bone, Soppeng, Wajo.


20. Jawaban : A

Pembahasan :
Raja tidak hanya berkuasa di bidang politik, tetapu juga di bidang agama sehingga muncul gelar Sayidin Panatagama.

21. Jawaban : E

Pembahasan :
Pernyataan yang tepat tentang akulturasi budaya Islam dan budaya Indonesia adalah kebudayaan Hindu-Buddha digabungkan dengan kebudayaan Islam, sehingga mencerminkan kebudayaan bangsa Indonesia.

22. Jawaban : A

Pembahasan :
Ajaran Islam mudah dimengerti oleh penduduk Jawa yang waktu itu telah memiliki kebudayaan Hindu-Buddha. Hal ini terjadi karena penyebaran Islam dilakukan dengan pendekatan kebudayaan.

23. Jawaban : B

Pembahasan :
Wilayah Indonesia yang paling awal memeluk agama Islam adalah pesisir barat Pulau Sumatra.

24. Jawaban : E

Pembahasan :
Kedatangan Islam di Indonesia sangat didukung oleh situasi politik pada waktu itu sebab kerajaan bercorak Hindu-Buddha banyak yang goyah kekuasaannya.

25. Jawaban : B


Pembahasan :
Pengaruh Islam dalam bidang kesenian yang mempercepat proses islamisasi adalah perkembangan pertunjukan wayang dan tradisi Sekaten.


CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment