Iklan Header

Assalamu'alaikum. Hallo teman-teman. Semoga sehat selalu, meskipun lagi maraknya virus corona yang merebak di Indonesia ini. Semoga kita semua selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin. Kali ini saya akan membagikan pembahasan mengenai Soal Persiapan KSN 2020 (Ekonomi) yang sudah saya bagika beberapa hari yang lalu.

Supaya kamu mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang soal tersebut, upayakan kerjakan soalnya terlebih dahulu, baru kamu koreksi denngan Pembahasan pada halaman ini. Pembahasan dari soal, akan saya berikan kunci jawaban beserta pembahasan soalnya. Semoga bisa membantu. Monggo langsung saja dipelajari.

ips-smp-pembahasan-soal-persiapan-osn-ksn-2020-ekonomi


Soal : Persiapan KSN 2020 (Ekonomi)

PEMBAHASAN 

65. Jawaban : C

Pembahasan :
Ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikonomia, yang berasal dari dua kata oikos yang berarti keluarga dan nomos berarti mengatur. Jadi, oikonomia adalah mengatur rumah tangga.

66. Jawaban : C

Pembahasan :
Tindakan ekonomi adalah segala usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan pertimbangan yang baik berdasarkan skala prioritas untuk mencapai kemakmuran. Dengan demikian agar pemuas kebutuhan dapat terpenuhi manusia harus melakukan tindakan ekonomi.


67. Jawaban : A

Pembahasan :
Dalam menjalani kehidupannya, manusia dihadapkan pada berbagai permasalahan ekonomi. Permasalahan tersebut timbul akibat keinginan manusia mempertahankan kelangsungan hidupnya. Kelangsungan hidup dapat dipertahankan jika kebutuhan hidupnya terpenuhi. Selain itu, adanya keinginan untuk hidup layak menyebabkan kebutuhan hidup manusia beranekaragam  dan selalu bertambah. Akibatnya, kebutuhan hidup manusia menjadi tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan terbatas, sehingga terjadi kelangkaan.

68. Jawaban : D

Pembahasan :
Kegiatan konsumsi adalah kegiatan manusia menggunakan hasil produksi untuk memenuhi kebutuhannya. Konsumen adalah orang yang menggunakan barang/ jasa hasil produksi, contoh : (a) Bu Nina membeli perhiasan dengan tujuan untuk dipakai sendiri, (b) Ayah membaca koran.


69. Jawaban : D

Pembahasan :
Faktor eksternal (faktor dari luar yang memengaruhi pola konsumsi seseorang), antara lain :
1. Kebudayaan
2. Tingkat pendapatan
3. Agama
4. Harga barang
5. Status sosial

70. Jawaban : D

Pembahasan :
Benda-benda produksi yang hanya dapat dipergunakan untuk satu jenis cabang produksi disebut benda produksi spesial (khusus).

71. Jawaban : C

Pembahasan :
Tanah merupakan salah satu contoh faktor produksi alam. Contoh pemanfaatan tanah sebagai barang konsumsi adalah ketika tanah itu dijual untuk kepentingan membeli rumah baru, sedangkan pemanfaatan tanag sebagai barang modal misalnya tanah itu digunakan untuk kegiatan usaha.

72. Jawaban : C

Pembahasan :

a. Jangkauan distributor adalah wilayah yang menjadi sasaran dari produsen untuk menyalurkan hasil produksinya.

b. Sistem distributor adalah cara yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan hasil produksinya kepada konsumen.

c. Saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan atau menyampaikan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen.

d. Lembaga distribusi adalah pihak-pihak yang menyampaikan hasil produksi dari produsen ke konsumen.


73. Jawaban : B

Pembahasan :

a. Grosir adalah pedagang yang membeli dan menjual dalam jumlah besar dan menjualnya ke pedagang kecil.

b. Retailer (pedagang kecil) adalah pedagang yang membeli barang dagangannya kepada grosir dan menjualnya kepada pedagang yang lebih kecil atau eceran langsung pada konsumen.

c. Agen adalah pedagang atau lembaga distribusi yang membeli dan menual barang atas nama pihak lain atau lembaga yang menyuruhnya.

d. Distributor adalah lembaga atau perorangan yang melakukan distribusi.

74. Jawaban : B

Pembahasan :
Badan usaha adalah kesatuan hukum dan ekonomi atau organisasi yang menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa dengan tujuan memperoleh laba atau memberikan pelayanan umum kepada masyarakat.


75. Jawaban : D

Pembahasan :
Syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mensahkan PT, antara lain :
a. Adanya Akta Notaris Pendirian PT yang disahkan oleh Menteri Kehakiman dan didaftar pada Pengadilan Negeri setempat.

b. Modalnya memenuhi ketentuan, yaitu para pendiri mengambil (menempatkan) sekurang-kurangnya 20% dari modal dasar. Dari modal yang diambil (ditempatkan) sekurang-kurangnya 50% diantaranya telah disetor dalam perusahaan baik dalam bentuk uang atau aktiva lainnya.

Jadi, dalam pendirian PT tidak mensyaratkan jumlah minimal pemilih saham.

76. Jawaban : C

Pembahasan :
Kreativitas adalah berbagai jenis keterampilan khas manusia yang dapat melahirkan pengungkapan yang unik, berbeda, orisinal, baru, indah, tepat guna, tepat sasaran, dan tanpa meninggalkan tanggung jawab sosialnya. Pengertian lain kemampuan melakukan kombinasi sumber daya yang menghasilkan kombinasi sumber daya yang menghasilkan barang atau jassa yang sifatnya baru, bermanfaat, dan dapat memenuhi kebutuhan manusia.


77. Jawaban : B

Pembahasan :
Inovasi adalah kemampuan menemukan hal-hal yang baru atau pembaruan dari sebuah kreativitas. Daya inovasi hanya akan berkembang jika seseorang mau berusaha dan belajar untuk menangkap apa pun yang terlihat, terdengar, dan terasa, serta memikirkannya secara kritis. Faktor yang mendorong kreativitas dan inovasi, antara lain :
a. adanya individu dalam masyarakat yang kreatif,
b. ditemukannya ide yang bersifat menguntungkan,
c. adanya penghargaan bagi masyarakat yang berprestasi,
d. adanya keinginan untuk mengubah diri dari yang sebelumnya,
e. kondisi lingkungan yang harmonis,
f. adanya kebebasan untuk berekspresi, dan
g, tersedianya sarana prasaran yang mendukung.

78. Jawaban : B

Pembahasan :
a. Keadaan Alam (tempat), keadaan alam mengakibatkan perbedaan dalam memenuhi kebutuhan manusia. Orang yang tinggal di daerah kutub, membutuhkan pakaian yang tebal untuk menahan hawa dingin. Lain halnya dengan kita yang tinggal di daerah tropis, cukup memakai pakaian yang tipis. Oleh karena itu, tampak disini bahwa keadaan alam dapat mendorong manusia untuk menginginkan barang-barang yang sesuai dengan kondisi alam di tempat yang barsangkutan.

b. Agam dan Kepercayaan, ajaran agam yang berbeda dapat mengakibatkan kebutuhan yang berbeda pula. Misalnya, penganut agama Islam dilarang makan babi, sedangkan penganut agama Hindu dilarang makan sapi. Hal ini menunjukkan bahwa masing-masing agama memerlukan alat-alat pemenuhan kebutuhan tertentu yang harus dipakai dalam menjalankan ibadah. Selain itu dalam hal perayaan keagamaan, masing-masing agama atau kepercayaan berbeda-beda, sehingga kebutuhan akan barang juga berbeda. Misalnya pada saat menjelang hari raya Idul Fitri, kebutuhan akan pakaian muslim akan meningkat tajam. Berbeda halnya ketika hari raya Natal tiba, orang-orang Nasrani membutuhkan pohon Natal dan bingkisan-bingkisan Natal. Dengan demikian masing-masing agama atau kepercayaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda.

c. Adat Istiadat, adat atau tradisi yang berlaku di masyarakat sangat memengaruhi kebutuhan hidup masyarakat. Alasannya, suatu adat atau tradisi akan memengaruhi baik perilaku tujuan hidup kelompok masyarakat setempat. Akibatnya tradisi yang berbeda akan menimbulkan kebutuhan yang berbeda pula. Misalnya upacara perkawinan, pelaksanaan upacara antardaerah akan berbeda-beda. Upacara pernikahan di Jawa Tengah dengan di Sumatra Barat akan memiliki ritual yang berbeda, sehingga kebutuhannya pun akan berbeda pula.

d. Tingkat Peradaban, makin tinggi peradaban suatu masyarakat makin banyak kebutuhan dan makin tinggi pula kualitas atau mutu barang yang dibutuhkan. Pada zaman purba, kebutuhan manusia masih sedikit. Namun seiring berkembangnya peradaban, kebutuhan manusia semakin banyak.


79. Jawaban : D

Pembahasan :
Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi dengan baik. Pada umumnya, pemenuhan kebutuhan tersier dilakukan oleh orang-orang yang berpenghasilan tinggi, biasanya digunakan untuk menunjukkan status sosial (prestise), dan identik dengan unsur kemewahan. Contoh kebutuhan tersier antara lain, kebutuhan rumah mewah, perhiasan, berlian, dan mobil mewah.

80. Jawaban : B

Pembahasan :

Kegiatan RTK :
1. Menyediakan dan menyerahkan faktor-faktor produksi,
2. Menerima balas jasa atas faktor produksi yang dimiliki,
3. Mengosumsi barang dan jasa.

Kegiatan RTP :
1. Melakukan kegiatan produksi barang dan jasa, dengan cara mengolah faktor produksi yang diterima dari rumah tangga konsumen,
2. Membayar imbalan atas penggunaan faktor produksi,
3. Menjual hasil produksi kepada rumah tangga konsumen,
4. Menerima pembayaran atas penjualan barang dan jasa.

Dari bagan tersebut arus pembelian faktor produksi ditunjukkan nomor 2, yaitu RTK menyediakan dan menyerahkan faktor-faktor produksi, RTP melakukan kegiatan produksi barang dan jasa, dengan cara mengolah faktor produksi yang diterima dari RTK (pembelian faktor produksi dari RTK).


81. Jawaban : B

Pembahasan :
a. Sifat sukarela pada keanggotaannya,
b. Rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi,
c. Koperasi bersifat nonkapitalis,
d. Kegiatannya berdasarkan pada prinsip swadaya (usaha sendiri), swakerta (buatan sendiri), swasembada (kemampuan sendiri).

Dilihat dari ciri-ciri di atas, maka ciri koperasi yang berkaitan dengan segi manajemen adalah bahwa rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi dalam koperasi.

82. Jawaban : D

Pembahasan :
Ciri-ciri pasar monopoli, antara lain :
a. terdapat satu penjual dan banyak pembeli,
b. harga ditentukan secara sepihak oleh penjual,
c. tidka ada barang lain yang dapat menggantikan barang yang diperjualbelikan dengan sempurna, dan 
d. adanya halangan yang kuat bagi penjual baru untuk masuk dalam pasar.


83. Jawaban : B

Pembahasan :
Instrumen yang diperjualbelikan di pasar uang adalah surat berharga jangka pendek yang jangka waktunya tidak lebih dari satu tahun seperti, call money, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).

84. Jawaban : B

Pembahasan :
Pajak Tidak Langsung adalah pajak yang pembayarannya dapat dialihkan kepada pihak lain. Contoh : Pajak Penjualan, PPN (pajak pertambahan nilai), PPn-BM/ pajak penjualan atas barang mewah, Bea material (BM), dan cukai.


85. Jawaban : C

Pembahasan :
Diketahui Penghasilan Kena Pajak = Rp 80.000.000,00
PPh dalam 1 tahun = 
5% x Rp 25.000.000,00 = Rp 1.250.000,00
10% x Rp 25.000.000,00 = Rp 2.500.000,00
15% x Rp 30.000.000,00 = Rp 4.500.000,00
Jumlah PPh 1 tahun = Rp 8.250.000,00

86. Jawaban : B

Pembahasan :
Harga (P)         Permintaan (Q)
Rp 1.200,00      12.000 kg
Rp 1.500,00      10.000 kg

Ed = ^Q/Q
        ^P/P

Keterangan :
Ed = koefisien elastisitas permintaan
^Q = perubahan jumlah barang yang diminta atau Q baru - Q lama
^P = perubahan tingkat harga atau P baru - P lama
Q = jumlah barang yang diminta semula atau Q lama
P = tingkat harga semula atau P lama

Jadi :
Ed = (10.000 - 12.000)/1.200
          (1.500 - 1.200)/1.200

Ed = -2.000 :   300  
         1.200    1.200     

Ed =   -2.000 x 1.200
            1.200      300

Ed = -2.000  x  4  
           1.200             

Ed =   -8.000
           1.200

Ed = -6,67
Jadi Ed (koefisien elastisitas) permintaan = -6,67 berarti Ed < 1


87. Jawaban : A

Pembahasan :

   Harga (P)        Penawaran (Q)
Rp 4.000,00        30.000 kg
Rp 4.600,00        42.000 kg

Jadi :
Ed = (42.000 - 30.000)/30.000
           (4.600 - 4.000)/4.000

Ed = 12.000 : 30.000  
           600    : 4.000        

Ed =   12.000  x  4.000
           30.000       600

Ed = 12  x  40
         30  x   6

Ed = 480
         80

Ed = 2,67
Jadi, koefisien elastisitas penawaran (Ed) > 1

88. Jawaban : D

Pembahasan :
Masalah pokok yang dihadapi dalam sistem ekonomi adalah :
  • Barang apa yang diproduksi? barang apa yang akan dihasilkan dan berapa banyak jumlah yang akan diproduksi. Jadi, pertanyaan "what" untuk menentukan penggunaan satu sumber daya tertentu dan apa yang akan dihasilkan.
  • Bagaimana cara memproduksi? pertanyaan "how" untuk menentukan bagaimana sumber daya disediakan, dialokasikan, dan dikombinasikan agar mendapat hasil yang maksimal. Artinya, hasil yang diinginkan lebih banyak daripada biaya yang dikeluarkan.
  • Untuk siapa barang diproduksi? di sekitar tempat tinggal Anda mungkin terdapat industri rumah tangga. Dari kegiatannya, sebenarnya industri tersebut memproduksi barang untuk siapa? Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri ataukah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luar negeri? Jika untuk konsumsi di dalam negeri, masyarakat manakah yang menjadi target penjualan? Kemudian, bagaimana pendistribusiannya, apakah melalui koperasi, pasar, toko, atau membeli langsung dari produsen? Inilah contoh penggunaan pertanyaan for whom dan manfaatnya.

89. Jawaban : B

Pembahasan :
  • Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
  • Pengelolaan dilakukan secara demokratis
  • Pembagian laba (SHU) dilakukan secara adil dan sebanding dengan besarnya jasa anggota
  • Kemandirian, artinya dalam melaksanakan usahanya, koperasi tidak tergantung pada pihak lain
  • Pendidikan perkoperasian
  • Kerjasama antar koperasi

90. Jawaban : C

Pembahasan :
a. Transaction Motive, adalah jumlah uang yang dipakai untuk transaksi-transaksi ini sering disebut uang aktif. Karena uang itu dipakai untuk dibelanjakan dan dengan demikian selalu "berputar" dan menggerakkan proses produksi, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan menciptakan kesempatan kerja.

b. Speculative Motive, adalah uang dapat digunakan sebagai alat untuk mendapatkan keuntungan. Motivasi menyimpan uang untuk memperoleh keuntungan disebut motif spekulasi. Motif spekulatif diwujudkan dalam pembelian surat-surat berharga, seperti saham dan obligasi (surat utang). Motif ini dipengaruhi oleh tingkat bunga.

c. Precautionary Motive, adalah dalam kenyataan, tidak semua uang akan digunakan untuk tujuan transaksi, tentu ada sebagian uang yang ditahan dan dalam bentuk uang kas dengan tujuan tidak untuk dibelikan barang pada saat itu, tetapi untuk berjaga-jaga. Kondisi masa depan yang tidak terduga mendorong orang untuk menyimpan uang kas berdasarkan motif berjaga-jaga.

91. Jawaban : B

Pembahasan :
Diketahui :
  • Jumlah tabungan Ahmad dalam bentuk deposito = Rp 1.400.000,00
  • Bunga Bank setahun = 16%
  • Ditanyakan = Jumlah bunga diterima perbulan
Bunga kotor per tahun = Jumlah nominal uang  x  suku bunga

Rp 1.400.000,00  x  16% = Rp 224.000

Jadi, bunga yang diterima per bulan = Rp 224.000  :  12  =  Rp 18.666,66

92. Jawaban : B

Pembahasan :
Secara umum terdapat tiga fungsi bank sebagai berikut :
1. Sebagai tempat menyimpan uang dari Masyarakat Bank menerima kredit pasif dalam bentuk :
  • simpanan atau tabungan biasa yang pengambilannya dapat dilakukan setiap saat,
  • deposito atau tabungan berjangka yang hanya bisa diambil dalam jangka waktu tertentu, dan
  • simpanan dalam bentuk giro/ rekening koran, yaitu simpanan atas nama penyimpan yang hanya bisa diambil dengan menggunakan cek atau bilyet giro.
2. Sebagai Pemberi Kredit (Kredit Aktif), kepada Masyarakat Bank dapat memberikan kredit kepada masyarakat, baik kredit produktif maupun konsumtif. Dana kredit ini berasal dari simpanan/ deposito masyarakat maupun dari bank sendiri.

3. Sebagai Perantara Lalu Lintas Moneter untuk menjalankan fungsi ini, bank dapat melakukan jasa pengiriman uang (transfer) diskonto, inkaso, dan lain-lain.


93. Jawaban : A

Pembahasan : 
  1. Mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai rupiah,
  2. Mendorong kelancaran produksi, pembangunan, dan kesempatan kerja guna meningkatkan taraf hidup rakyat,
  3. Mencetak uang baru,
  4. Menarik kembali uang dari peredaran,
  5. Mengawasi bank-bank yang lain, baik bank pemerintah maupun baik swasta,
  6. Menciptakan daya beli baru dengan cara menciptakan uang giral.
94. Jawaban : D

Pembahasan :
Kewenangan Bank Indonesia di bidang moneter, antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Menetapkan sasaran-sasaran moneter dengan memperhatikan laju inflasi.
  2. Melakukan pengendalian moneter, yaitu operasi pasar terbuka, penetapan tingkat diskonto, penetapan cadangan wajib minimum, dan pengaturan kredit atau pembiayaan.

95. Jawaban : D

Pembahasan :
a. Kebijakan ekspor ditempuh oleh pemerintah dengan maksud untuk mengatur pelaksanaan dan mendorong peningkatan ekspor.

b. Kebijakan Impor, kebijakan pemerintah untuk mengatur pelaksanaan dan pembatasan barang impor.

c. Kebijakan Tarif, yang dimaksud tarif di sini adalah bea masuk yang dikenakan pada barang-barang impor.

d. Dumping adalah kebijakan pemerintah dengan menetapkan harga jual di pasar dalam negeri lebih mahal daripada harga jual di pasar luar negeri.

96. Jawaban : B

Pembahasan :
Agar suatu negara memiliki keunggulan komparatif dalam perdagangan internasional, maka negara tersebut perlu mengadakan spesialisasi produksi. Spesialisasi produksi ini memannfaatkan sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan keahlian secara maksimal. Dengan demikian suatu negara akan memiliki produk-produk unggulan sehingga dapat bersaing dengan produk-produk dari luar negeri.


97. Jawaban : C

Pembahasan :
Faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional antara lain :
  • memenuhi kebutuhan barang dan jasa di dalam negeri,
  • perbedaan sumber daya ekonomi, iklim, tenaga kerja, dan kondisi alam,
  • memperluas pasar,
  • perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi,
  • menjalin kerja sama dengan negara lain, serta
  • pengaruh globalisasi.
98. Jawaban : A

Pembahasan :
Tujuan kerjasama internasional antara lain :
  • Mengisi kekurangan di bidang ekonomi bagi masing-masing negara yang mengadakan kerja sama,
  • Meningkatkan perekonomian negara-negara yang mengadakan kerja sama di berbagai bidang,
  • Meningkatkan taraf hidup manusia, kesejahteraan, dan kemakmuran dunia,
  • Memperluas hubungan dan mempererat persahabatan, dan 
  • Meningkatkan devisa negara.

99. Jawaban : A

Pembahasan :
a. Organisasi kerjasama regional adalah organisasi antara beberapa negara yang masih berada dalam satu kawasan. Contoh kerjasama regional antara lain : ASEAN, AFTA, APEC, NAFTA, dan EEC.

b. GATT kepanjangan dari General Agreement in Tariffs and Trade, merupakan internasional di bawah naungan PBB. GATT merupakan perjanjian umum tentang tarif dan perdagangan.

c. UNDP kepanjangan dari United Nations Development Program. UNDP adalah organisasi di bawah PBB yang bertugas memberikan sumbangan untuk membiayai program-program pembangunan terutama bagi negara-negara yang sedang berkembang.

d. WTO kepanjangan dari World Trade Organization, organisasi internasional yang bertugas untuk menata dan memfasilitasi lalu lintas perdagangan antarnegara serta mengatasi perselisihan perdagangan antarnegara.

100. Jawaban : B

Pembahasan :
OPEC adalah organisasi negara-negara pengekspor minyak. OPEC didirikan atas prakarsa lima negara produsen terbesar minyak dunia, yaitu Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi, dan Venezuela, pada pertemuan tanggal 14 September 1960 di Baghdad, Irak. OPEC berkedudukan di Wina, Austria.



CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment