Iklan Header

Assalamu'alaikum teman-teman, KSN tingkat Kabupaten sebentar lagi, maka tidak ada salahnya bagi kamu yang ketunjuk mewakili sekolahmu untuk belajar mempersiapkan KSN (atau dulu namanya OSN) tahun 2020 ini. Kali ini saya akan membahas soal persiapan ksn 2020 materi pelajaran ips tingkat smp/ mts pada bidang sosiologi yang sudah saya bagikan beberapa hari yang lalu. Langsung saja monggo dipelajari.

ips-smp-pembahasan-soal-persiapan-osn-ksn-2019-2020-sosiologi

Soal : Persiapan OSN (KSN) 2020 Mapel IPS SMP (Sosiologi)


PEMBAHASAN

47. Jawaban : C

Pembahasan :
Asosiatif adalah salah satu bentuk interaksi sosial yang mengarah kepada persatuan dan perdamaian. Contoh aosiatif seperti pertandingan persahabatan, kegiatan class meeting di sekolah, dll.

48. Jawaban : D

Pembahasan :
Identifikasi adalah sikap seseorang yang memiliki kecenderungan atau berkeinginan untuk menjadi sama dengan orang lain, orang yang dikenalnya, atau yang diidolakannya.

49. Jawaban : A

Pembahasan :
Norma hukum adalah sebuah aturan dalam lingkungan sosial yang dibuat oleh lembaga-lembaga berwenang, (seperti lembaga pemerintahan) dengan maksud untuk membuat suatu tindakan yang tegas terhadap kesalahan-kesalahan yang menyimpang ataupun membuat larangan-larangan dalam bermasyarakat. Pelanggaran terhadap norma hukum dapat diberlakukan sanksi denda ataupun hukuman fisik, seperti penjara, bahkan hukuman mati.

50. Jawaban : B

Pembahasan :
Keluarga adalah media awal dari suatu proses sosialisasi. Dalam keluarga seseorang akan diperkenalkan dengan nilai dan norma yang berlaku, baik dalam lingkup keluarga itu sendiri ataupun lingkup lebih luas (masyarakat). Pengenalan nilai dan norma ini supaya seseorang bisa diterima oleh masyarakat dengan nilai dan norma yang sesuai dengan kehidupan bermasyarakat.



51. Jawaban : B

Pembahasan :
Interaksi sosial disosiatif adalah bentuk interaksi sosial yang mengarah pada perpecahan dan merenggangkan rasa solidaritas kelompok atau masyarakat. Bentuk-bentuk dari disosiatif antara lain, persaingan (kompetisi), kontravensi, konflik, dan diferensiasi.

52. Jawaban : B

Pembahasan :
Perilaku meyimpang adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai dan norma dalam masyarakat. Dalam pilihan jawaban, narkoba dan balapan liar termasuk tidak sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat berupa kenakalan remaja.

53. Jawaban : A

Pembahasan :
Teori Differential Association (kelompok yang berbeda) memandang bahwa perilaku menyimpang berasal dari pergaulan dan singgungan yang berbeda. Hal tersebut berarti individu mempelajari perilaku menyimpang dari interaksinya dengan seseorang individu yang berbeda latar belakang, pemikiran, kelompok, budaya, dan agama.

54. Jawaban : C

Pembahasan :
Pengendalian sosial represif adalah pengendalian yang bertujuan untuk mengatasi suatu penyimpangan yang terjadi. Contohnya seperti polisi menggrebek balapan liar, menangkap pengedar narkoba, dll.

55. Jawaban : C

Pembahasan :
Masyarakat heterogen seperti biasanya terdapat di perkotaan akan mudah berpecah dengan karakter masing-masing dan ego yang tinggi. Untuk menyatukan masyarakat heterogen perlu adanya media pemersatu dalam masyarakat kota. Jika tidak ada media pemersatu, maka masyarakat akan cenderung mudah curiga satu sama lain.

56. Jawaban : C

Pembahasan :
Keluarga merupakan media awal bersosialisasi. Jika suatu anak tidak bisa mengikuti nilai dan norma yang berlaku, kemungkinan fungsi keluarga sebagai sarana sosialisasi tidak berjalan dengan baik. Seorang anak yang suka melakuka penyimpangan bisa diasumsikan bahwa keluarganya gagal berfungsi sebagai media sosialiasasi.

57. Jawaban : C

Pembahasan :
Fungsi manifestasi adalah fungsi nyata pendidikan yaitu mempersiapkan anak supaya mampu berkompetisi dalam mencari pekerjaan.

58. Jawaban : A

Pembahasan :
Faktor pendorong perubahan sosial budaya, antara lain:
- motivasi untuk maju,
- pendidikan yang tinggi,
- pendidikan yang tinggi,
- kontak dengan kebudayaan lain, dll.

59. Jawaban : C

Pembahasan :
Faktor yang menghambat perubahan di desa antara lain disebabkan ketergantungan yang tinggi terhadap pemimpin. Jika pemimpin di pedesaan seorang yang konvensional, dia akan menolak perubahan atau menghambat kemajuan.

60. Jawaban : B

Pembahasan :
Faktor internal berarti faktor yang berasal dari dalam masyarakat misalnya pertumbuhan penduduk.




61. Jawaban : C

Pembahasan :
Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan mejadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme adalah ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

62. Jawaban : C

Pembahasan :
Salah satu dampak negatif adanya teknologi berdasarkan pilhan jawaban adalah menurunnya kebersamaan sosial dalam keluarga.

63. Jawaban : C

Pembahasan :
Pengaruh globalisasi mengakibatkan banyak remaja gandrung dengan budaya luar negeri, sebagian remaja justru tidak kenal dan akhirnya tidak bangga dengan budaya sendiri.

64. Jawaban : B

Pembahasan :
Manusia dikenal sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) artinya bahwa setiap manusia berusaha untuk selalu meningkatkan kehidupannya, yaitu manusia yang berusaha mencari kepuasan dan kesejahteraan hidup dengan mempertimbangkan pengorbanan yang harus dilakukan. Sedangkan makhluk sosial (homo socious) adalah manusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat untuk memerlukan bantuan orang lain (keinginan untuk selalu hidup bersama orang lain dan hidup berkelompok).



CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment