Iklan Header

Oke teman-teman, setelah beberapa waktu yang lalu saya bagikan latihan soal untuk persiapan Kompetisi Sains Nasional IPS 2020, maka kali ini saya akan membagikan pembahasan dari soal persiapan osn/ ksn 2020. Pembahasan ini terbagi menjadi pembahasan materi IPS yang terdiri dari Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Sejarah. Langsung saja, monggo dipelajari.

ips-smp-pembahasan-persiapan-osn-ksn-2019-2020

Soal : Persiapan KSN 2020 IPS SMP (Geografi)


PEMBAHASAN :

1. Jawaban : B

Pembahasan :
Rumus Laska untuk menghitung jarak episentrum :
rumus-laska

2. Jawaban : B

Pembahasan :
Ciri batuan granit : 
- Berwana abu-abu kemerahan hingga kehijauan, 
- Berbutir kasar 
- Komposisi mineral feldspar, kuarsa, hornblende, dan biotit

Granit mengalami proses pendinginan yang sangat lambat pada kedalaman jauh dari permukaan tanah untuk membentuk butiran-butiran mineral besar.

3. Jawaban : D

Pembahasan :
Batuan akan mudah terkikis jika ia tersingkap pada daerah yang terjal, sebab batuan yang berada di daerah terjal akan mudah terkena air yang mengalir. Semakin miring (terjal) kemiringan lereng maka air yang mengalir semakin deras, sehingga memudahkan air untuk menghancurkan batuan.

4. Jawaban : A

Pembahasan :
Metode vegetatif adalah suatu cara pengelolaan lahan miring dengan menggunakan tanaman sebagai sarana konservasi tanah.

5. Jawaban : C

Pembahasan :
pembahasan-osn

6. Jawaban : C

Pembahasan :
Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi. Jadi, harga tanah di sepanjang sungai Mahakam diperkirakan semakin mahal.

7. Jawaban : D

Pembahasan :
Penyebab pergantian musim di Indonesia karena pergerakan semu tahunan matahari. Lihat gambar berikut!
gerakan-semu-tahunan-matahari
sumber : gurugeografi.id

8. Jawaban : A

Pembahasan :
Kawasan peralihan sering disebut kawasan Wallace meliputi bagian Sulawesi dan Nusa Tenggara bagian tengah. Karakteristik hewan yang hidup di kawasan tersebut, yaitu terdapat jenis hewan yang terdapat di kawasan barat dan kawasan timur. Contoh hewan yang hidup di daerah peralihan adalah Babi Rusa (Babyroussa babyrussa), Kuskus (Phalanger sp.) Anoa (Anoa quarlesi), Komodo (Varanus komodoensis), dan Burung Maleo. 

9. Jawaban : B

Pembahasan :
Relief dasar laut dapat terbentuk beberapa bentukan, seperti pantai, punggung laut, palung, guyot, gunung laut, dll. Nah, bentukan berupa gunung api yang mencapai permukaan laut (puncaknya terlihat) disebut sebagai sea mount atau gunung laut. Sedangkan gunung yang tidak mencapai permukaan laut (puncaknya tidak terlihat di permukaan air, biasanya rata) disebut sebagai guyot.

10. Jawaban : D

Pembahasan :
Persebaran Fauna di Indonesia dibatasi 2 garis, yaitu garis wallace dan weber. Garis wallace adalah garis yang membatasi persebaran fauna antara Sumatera, Jawa dan Kalimantan dengan bagian tengah Indonesia (peralihan). Semnetara garis weber adalah garis yang membatasi persebaran fauna di Indonesia tengah dengan Indonesia bagian timur, yaitu di daerah Papua. Jadi jawaban yang benar adalah nomor 4.

11. Jawaban : A

Pembahasan :
Pengertian tekstur tanah adalah keadaan fisik tanah untuk menunjukkan kasar dan halusnya tanah dilihat dari perbandingan fraksi-fraksi antara lempung, debu dan pasir.

12. Jawaban : C

Pembahasan :
Angka beban ketergantungan adalah angka yang menunjukkan banyaknya penduduk yang tidak produktif dibandingkan dengan jumlah penduduk usia produktif. Sebagai informasi, usia tidak produktif sekitar tahun 0 - 15 tahun (masih terlalu kecil) dan lebih dari 65 tahun (sudah tua). Sedangkan usia produktif adalah usia yang seharusnya sudah bisa mandiri dalam urusan penghasilan (produktif), rentang usia produktif biasanya antara 16 hingga 64 tahun.

13. Jawaban : B

Pembahasan :
Unsur autotropik adalah makhluk hidup yang mampu memproduksi makanan sendiri. Makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanan sendiri tentu hanya tumbuhan saja, sedangkan manusia dan hewan tidak bersifat autotropik.

14. Jawaban : C

Pembahasan :
Pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan yang memperhatikan keberlanjutan hidup lingkungannya dan keberlangsungan hidup makhluk hidup yang akan datang. Jika semua sumber daya dihabiskan saat ini juga, maka anak keturunan kita kelak tidak akan kebagian bahkan kesulitan mendapatkan sumber daya. Sehingga, pentingnya pembangunan berwawasan lingkungan dengan tujuan keberlangsungan kehidupan mendatang.

15. Jawaban : B

Pembahasan :
Untuk mengimbangi polusi (kadar karbondioksida) di udara saat ini yang sudah terlanjur banyak (berpolusi), maka perlu sarana untuk mengurangi polusi (karbondioksida) tersebut dengan pohon sebagai sarana mengurangi karbondioksida lalu diganti dengan oksigen, yang biasa kita sebut sebagai proses fotosintesis. 

16. Jawaban : A

Pembahasan :
Kemajuan suatu negara akan diukur dari kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di negara tersebut. Indikator SDM antara lain kesehatan, kesejahteraan, dan pendidikan. Sementara gaya hidup adalah sesuatu yang tidak diperhitungkan dalam menilai kualitas SDM.

17. Jawaban : B

Pembahasan :
Dalam peta menunjukkan :
1 = Myanmar
2 = Laos
3 = Thailand
4 = Kamboja

18. Jawaban : B

Pembahasan :
Mandalay merupakan ibukota terakhir di Myanmar, sekarang sebagai pusat budaya dan industri.

19. Jawaban : B

Pembahasan :
Air hujan jika turun ke daerah yang mudah menyerap air (seperti pasir dan kapur), menyebabkan air akan berinfiltrasi dan perkolasi ke dalam tanah (air tanah) melalui pori-pori tanah. Pori-pori tanah tersebut bisa meloloskan air sampai tanah atau batuan yang kedap air (tidak bisa meloloskan air). Akhirnya air terjebak dan tidak bisa kemana-mana diantara batuan kedap air. Namun, dimungkinkan karena adanya tekanan yang kuat dari dalam bumi, menyebabkan air akan mencari tempat meloloskan diri dan berlawanan dengan gavitasi, menuju ke atas. Semakin kuat daya dorongnya, maka tekanan air akan semakin kuat pula. Maka air bisa keluar ke permukaan tanah yangg disebut air tanah artesis.

20. Jawaban : C

Pembahasan :
Setiap (360/24) = 15 derajat bujur waktunya berbeda 1 jam (60 menit). Atau setiap 1 derajat berbeda 4 menit.
15 derajat = 1 jam (60 menit)
1 derajat = 4 menit
Berdasarkan soal tersebut, terdapat selisih 60 derajat yang berarti :
60 derajat = 15 derajat x 4
Maka, terdapat perbedaan 4 jam. Sehingga pada titik 60 BT memiliki waktu 08.00 WITA (12.00 WITA - 4 jam).

21. Jawaban : A

Pembahasan :
Angin di bumi akan bertiup dari daerah bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah. Jadi, dilihat dari iklim matahari, angin akan berhembus dari subtropis ke tropis (panas) yang disebut angin pasat. Namun, ketika berada di daerah tropis angin akan berbelok dikarenakan adanya efek Coriolis. Gaya Coriolis adalah gaya semu yang timbul akibat efek dua gerakan, yaitu gerakan rotasi bumi dan gerak benda relatif terhadap bumi.

22. Jawaban : B

Pembahasan :
Daerah punggung dari bukit/ pegunungan/ gunung merupakan tanah yang lebih tinggi dari pada kawasan lembahnya. Sehingga daerah punggungan akan lebih sulit mendapatkan air.

23. Jawaban : A

Pembahasan :
Kandungan dalam air laut kebanyakan berupa garam yang dalam bahasa kimianya adalah natrium klorida (Na Cl).

24. Jawaban : B

Pembahasan :
Biogenous adalah endapan (ooze) di laut yang berasal dari makhluk hidup.


CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment