Iklan Header

Assalamu'alaikum,
Hallo gaes.
Semangat pagi.
Walaupun sudah siang atau sore atau malam, tapi semangat harus tetap pagi ya.

Ya, pagi hari merupakan awal hari yang bisa merefleksikan antusiasme hari kamu gaes. Suasana yang masih sejuk, udara segar dan belum banyak kepadatan aktivitas yang dilakukan. Jika pagimu dimulai dengan mood yang baik, Insya Allah kamu akan mengalami hari yang baik pula. Begitupun sebaliknya. Kalau bisa, jangan sampai mengawali pagi dengan perasaan hati yang gelisah, susah gulanah.

Menurut penelitian, bagi kamu yang bangun tidur di pagi hari, sudah memliki plan agenda yang rencana akan dilakukan sepanjang hari akan memiliki hari yang berkualitas. Dia akan beraktivitas dengan tujuan yang jelas. Untuk mencapai cita-citanya yang digagas.

Dalam Islam, pagi hari merupakan waktu dibagikannya rezeki. Malaikat pembagi rezeki membagi-bagikan rezeki di pagi hari. Kalau kamu lihat ayam kenapa berkokok di pagi hari, karena mata ayam memiliki kemampuan melihat cahaya. Jadi ketika malaikat pembagi rezeki membagi-bagi rezeki, ayam akan berkokok karena melihat malaikat yang terbuat dari cahaya.

Tapi, jika kamu belum bangun saat malaikat membagi rezeki, maka rezekimu akan sedikit seret gaes. Maka, orang tua dulu memiliki jargon dengan bunyi yang kira-kira seperti ini "masak kalah sama ayam, jangan bangun kesiangan, nanti rezekimu dipatok ayam".

So, ternyata bangun pagi selain menentukan mood sepanjang hari juga menjadi jalan masuknya rezeki bagi kita lho gaes. Makanya, mulai saat ini rajin-rajinlah bangun pagi. Supaya ndak dipatok ayam, rezekinya :D

tips-bangun-pagi-dan-penyebabnya


Penyebab Bangun Kesiangan

Bagi sebagian orang, bangun pagi ternyata sulit. Banyak pelajar, siswa atau mahasiswa yang memiliki kebiasaan bangun kesiangan. Bangun siang bisa disebabkan karena beberapa hal. 
Berikut penyebab kenapa kamu bisa bangun kesiangan :

1. Sistem waktu istirahat yang salah

Tidur merupakan aktivitas untuk mengistirahatkan badan dan pikiran kita setelah aktivitas yang kita lakukan. Dengan tidur, kita bisa me-recharge tubuh dan pikiran kita lagi. Jadi, tidur sangat dibutuhkan sekali bagi makhluk hidup, terutama manusia. Walaupun ada sebagian orang yang mungkin dalam 1 hari tidak tidur sama sekali. Jika hanya 1 sampai 3 hari saja mungkin tubuh masih bisa kuat untuk tidak tidur. Namun, jika sudah lebih dari 3 hari, tubuh akan terasa capek sekali. Maka, baringkan tubuhmu dan kejamkan matamu untuk bersitirahat sejenak.

Biasanya waktu yang cukup untuk tidur bagi manusia sekitar 6 sampai 8 jam sehari. Tergantung kondisi fisik orang tersebut. Bagi manusia, jam tidur menjadi siklus tubuh yang menjadi rutinitas. Jika kita memiliki kebiasaan tidur jam 10 malam sampai jam 4 subuh, maka tubuh kita secara otomatis akan bangun di sekitar jam 4 subuh tersebut. Karena tubuh kita seperti memiliki alarm alami untuk bangun sesuai dengan kebiasaan kita. Namun, jika kita tiba-tiba tidur melebihi jam kebiasaan kita tidur, maka alarm tubuh akan kacau dan bangun tidak seperti biasanya.

Hindari begadang ya gaes! Begadang jangan begadang, teeet..
Memang begadang lebih banyak madorotnya dari pada manfaatnya. Jika terpaksa harus begadang dan paginya harus bangun pagi untuk berangkat sekolah atau kuliah, biasanya bangun tidur kepalamu akan pusing, karena kurang tidur. Maka jangan jadi kebiasaan untuk begadang ya gaes.

2. Beraktivitas berat dan berlebihan di malam hari

Jika kamu hobi olaharaga malam, biasanya setelah berolahraga, tubuh akan merasa capek. Ketika tubuh terasa capek, maka tubuhmu butuh waktu yang lebih lama untuk pulih lagi. Mungkin tubuh kita harus beristirahat lebih lama, sekitar 8 jam. Maka, ketika setelah olahraga malam biasanya dia akan bangun lebih siang dari biasanya.

3. Makan terlalu kenyang

Sebenarnya makan malam terlalu kenyang tidak baik bagi tubuh. Nabi salallahu 'alaihi wa salam melarang kita untuk makan terlalu kenyang, apalagi mendekati waktu tidur. Sangat dianjurkan untuk makan malam lebih awal, supaya ada jarak antara waktu makan dan tidur. Sebab ketika kita makan malam yang berdekatan dengan waktu tidur, lemak yang ada di dalam makanan tidak terbakar dengan aktivitas fisik, sehingga lemak akan menumpuk. Hal tersebut bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Nah, makan malam yang terlalu kenyang akan membuat tubuh malas beraktivitas. Apalagi mendekati waktu tidur, tubuh akan malas bergerak dan malas bangun dari tempat tidur.

4. Dehidrasi

Tidur adalah waktu dimana kita tidak beraktivitas tapi malah mengeluarkan cairan dalam tubuh. Jika kita kurang cairan ketika tidur, maka tubuh akan terasa lemas untuk bangun. Maka disarankan sebelum tidur untuk minum air putih terlebih dahulu untuk terhindari dari dehidrasi selama tidur. Kalau nabi Muhammad salallahu 'alahi wa salam pernah mencontohkan untuk minum madu sebelum tidur, selain memenuhi cairan tubuh, minum madu sebelum tidur ternyata bisa membuat kita lebih cepat untuk tidur (tidak insomnia) serta dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

Baca juga : Rasa Malas Melanda? Begini Tips Menghilangkannya

Tips Bangun Pagi

Sekilas saya ulangi lagi pentingnya bangun pagi, yaitu mood booster kita sepanjang hari dan pembuka rezeki. Maka bangun pagi sangatlah penting. Bagi umat islam, bangun pagi sudah seharusnya dilakukan, karena harus melaksanakan sholat subuh. Mungkin juga sebelum sholat subuh sudah bangun, untuk melaksanakan sholat tahajud.
Berikut tips supaya kita terbiasa bangun pagi :

1. Tidur lebih awal

Rasulullah salallahu 'alahi wa salam menganjurkan untuk tidur lebih awal, jadi setelah sholat isya' sudah dianjurkan untuk tidur dengan harapan bangun lebih awal pula.

2. Tidak melakukan aktivitas berat di malam hari

Jika kita sering melakukan kegiatan yang menguras tenaga di malam hari, maka tubuh butuh pulih lebih lama, sehingga bangun jadi kesiangan.

3. Tidak makan terlalu kenyang di malam hari

Disarankan jangan makan terlalu kenyang dan mendekati waktu tidur, supaya tubuh tidak mager alias malas gerak karena perut sesak penuh makanan.

4. Minum sebelum tidur

Cobalah minum madu atau paling tidak air putih sebelum tidur supaya lebih cepat tidur dan menghindari dehidrasi.

5. Berdoa dan niat bangun lebih pagi

Jangan lupa sebelum tidur untuk berdoa, sebab belum tentu kita diberi kesempatan untuk bangun lagi.
Sebenarnya tidur adalah mati tapi sementara, maka panjatkanlah doa supaya istirahat kita juag bernilai ibadah. Dan cobalah berniat dengan kesungguhan untuk bangun lebih awal. Dengan niat tersebut tubuh akan merespon dan menjadi alarm alami untuk membangunkan kita.

Berikut doa sebelum tidur :

ِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

BISMIKA ALLAHUMMA AHYAA WA BISMIKA AMUUT

Artinya : "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup dan dengan nama-Mu aku mati."

Dan doa bangun tidur :

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَحْيَانَا بَعْدَمَآ اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

AL HAMDU LILLAAHIL LADZII AHYAANAA BA'DA MAA AMAA TANAA WA ILAIHIN NUSYUUR(U)

Artinya : "Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami sesudah kami mati (membangunkan dari tidur) dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan."

Demikian tips agar bangun lebih awal supaya ke sekolah atau ke kampus tidak terlambat karena kesiangan.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum.

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment