Iklan Header

    Jawa tengah banyak memiliki candi warisan periode classic yangmemikat buat didatangi. Berikut candi warisan periode classic yang berada di Jawa Tengah, termasuk di lereng barat Gunung Lawu.


    Candi Lereng barat gunung lawu


    Candi Warisan Periode Classic


    Beberapa candi populer di Jawa tengah ialah :


    1. Candi Borobudur


    Candi Borobudur, berada di Magelang, sebagai candi Budha paling besar di dunia. Candi ini dibuat pada era kedelapan oleh raja Buddhista, Samaratungga. Candi Borobudur terbagi dalam tingkatan-tingkatan dengan patung-patung Budha yang cantik setiap jenjangnya.


    2. Candi Prambanan


    Candi Prambanan, berada di Klaten, sebagai candi Hindu paling besar di Indonesia. Candi ini dibuat pada era kesembilan oleh raja Hindu, Rakai Pikatan. Candi Prambanan terbagi dalam beberapa candi khusus yang masing-masing ditujukan untuk dewa-dewa Hindu, seperti Siwa, Brahma, dan Vishnu.


    3. Candi Plaosan


    Candi Plaosan, berada di Klaten, sebagai candi Budha dan Hindu yang dibuat pada era kesembilan. Candi ini terdiri dari 2 candi khusus yang masing-masing ditujukan untuk dewa-dewa Budha dan Hindu.


    4. Candi Canggal


    Candi Canggal, berada di Magelang, sebagai candi Hindu yang dibuat pada era ketujuh oleh raja Hindu, Sanjaya. Candi ini terbagi dalam beberapa candi khusus yang masing-masing ditujukan untuk dewa-dewa Hindu, seperti Siwa, Brahma, dan Vishnu.


    5. Candi Gedong


    Candi Gedong Songo, berada di Bandungan, sebagai candi Budha yang dibuat pada era kesembilan. Candi ini terdiri dari 5 candi khusus yang masing-masing ditujukan untuk dewa-dewa Budha.


    6. Candi Warisan Periode Classic yang Berada di Lereng Barat Gunung Lawu


    Berikut candi warisan periode classic yang berada di lereng barat gunung lawu ialah :


    a. Candi Sukuh


    Candi Sukuh dan Candi Cetho ialah dua candi warisan periode classic yang berada di Jawa tengah, persisnya di Kabupaten Karanganyar.


    Candi Sukuh berada di mana?


    Candi Sukuh berada di dusun Ceto, Kabupaten Karanganyar, dan sebagai candi yang unik karena mempunyai wujud yang tidak biasa dan di inspirasi oleh beberapa agama Mesir kuno. Candi ini terbagi dalam beberapa patung dewa-dewa Hindu yang cantik, seperti Siwa, Brahma, dan Ganesha.


    b. Candi Cetho


    Candi Cetho berada di dusun Cetho, Kabupaten Karanganyar, dan sebagai candi yang populer dengan arsitektur dan patung-patungnya yang cantik. Candi ini terbagi dalam beberapa patung dewa-dewa Hindu yang masing-masing ditujukan untuk dewa-dewa itu, seperti Siwa, Brahma, dan Vishnu.


    Kapan Berdirinya Candi Cetho?


    Ke-2 candi ini sebagai candi Hindu yang dibuat pada era ke-15 oleh raja Hindu, Brawijaya V.


    Ke-2 candi ini sebagai tempat rekreasi yang paling terkenal di Jawa tengah dan kerap didatangi oleh pelancong yang ingin nikmati keelokan arsitektur candi dan patung-patung dewa-dewa yang cantik. Sebagai tempat rekreasi, ke-2 candi ini mempunyai sarana yang ideal, seperti tempat parkir yang lega, toilet, dan warung makan yang sediakan minuman dan makanan untuk pelancong.

    Post a Comment