Iklan Header

Assalamu'alaikum, teman-teman. KSN (Komtetisi Sains Nasional) tahun 2021 akan segera diselenggarakan nih. Bagi kamu yang mewakili sekolahmu harus mulai mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang.


Untuk persiapan latihan soal, kamu bisa mulai dengan soal-soal tahun-tahun sebelumnya. Dalam blog saya ini, saya sudah menyediakan latihan soal KSN per Kompetensi Dasar dari tahun 2011 hingga 2020 di Bank Soal. Latihan soal ini khusus KSN Mata Pelajaran IPS, untuk tingkat SMP/ MTs.


Kali ini, saya akan membagikan latihan soal KSN SMP Mata Pelajaran IPS dengan Kompetensi Dasar Interaksi Sosial dan Sosialisasi. Langsung saja, monggo dipelajari.


interaksi-sosial-sosialisasi

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!


1. Dalam proses interaksi tatap muka, pihak-pihak yang berinteraksi akan saling memberi ... dan menerima .... OSN 2011 (Kabupaten)


a. komunikator-komunikasi

b. ekspresi-impresi

c. diadik-triadik

d. symbol-tanda


2. Dalam proses sosialisasi nilai dan norma yang berlaku di masyarakat, individu diharapkan patuh pada norma dan nilai sosial. Adanya hukuman, misalnya teguran bahkan pukulan pada seorang anak yang nakal merupakan bentuk .... OSN 2011 (Kabupaten)


a. Kemajuan sosial

b. Keselarasan sosial

c. Kontrol sosial

d. Integral Kelompok


3. I Putu Gede Andika disosialiasikan oleh orang tuanya untuk berbicara dengan bahasa daerah, taat beribadah, serta hormat kepada orang tua. Karena itu, ketika dia beranjak dewasa, dia tidak melupakan nilai dan budaya khas Bali tersebut, meski tanah lahirnya banyak dikunjungi oleh wisatawan dari manca negara. Berdasarkan contoh tersebut, sosialiasi merupakan .... OSN 2011 (Kabupaten)


a. proses melatih keterampilan individu dalam berbicara

b. proses memberikan makna hidup bagi seseorang

c. proses memberikan pelajaran kepada anak

d. proses membimbing individu ke dalam dunia sosial


4. Andi Bagus adalah seorang remaja yang tertarik pada dunia seni. Karena itu, Bagus mencari teman yang memiliki kegemaran serupa. Bersama teman-temannya, dia sering tampil di pementasan seni budaya popular. Hingga akhirnya Andi dan teman-temannya memutuskan untuk berkiprah di dunia musik tanah air. Dari cerita di atas, manakah agen sosialisasi yang paling berpengaruh terhadap kehidupan Andi adalah .... OSN 2011 (Kabupaten)


a. Keluarga

b. Sekolah

c. Teman sepermainan

d. Karang Taruna


5. Sosialisasi yang diberikan kepada individu tentang nilai, norma, atau perilaku baru pada saat seorang individu telah beranjak dewasa disebut dengan sosialisasi .... OSN 2011 (Kabupaten)


a. terencana

b. sambil lalu

c. primer

d. sekunder



6. Sekelompok remaja tertangkap tangan melakukan aksi corat-coret tembok salah satu gedung milik pemerintah kota. Saat petugas bertanya alasa para remaja melakukan aksi corat-coret tersebut, mereka menjawab hanya iseng karena ingin diakui eksistensinya. Perbuatan mereka termasuk ke dalam perilaku .... OSN 2011 (Kabupaten)


a. menyimpang kelompok

b. menyimpang individu

c. normatif kelompok

d. normatif individu


7. Diantara contoh perilaku berikut, yang sesuai dengan teori pembelajaran menyimpang adalah .... OSN 2011 (Kabupaten)


a. sekelompok siswa melakukan aksi corat-coret tembok karena meyakini perbuatan tersebut merupakan kegiatan remaja sebayanya

b. seorang anak menjadi perokok karena dia melihat orang-orang di sekitarnya melakukan hal yang sama

c. sekelompok supporter sepak bola melakukan aksi penlemparan botol karena tidak puas dengan kepemimpinan wasit pertandingan

d. seorang mantan pecandu narkoba memutuskan untuk bergabung dalam gerakan anti narkoba setelah mengikuti program rehabilitasi kecanduan narkoba


8. Prasangka dan steriotip negatif terhadap kelompok tertentu akan dapat menghambat terciptanya hubungan sosial yang harmonis antar kelompok, karena dapat menimbulkan .... OSN 2011 (Kabupaten)


a. kecemburuan sosial

b. rendah diri

c. kontrol sosial

d. rasa curiga dan dengki


9. Nilai dan norma yang berlaku di masyarakat pada dasarnya bisa berubah atau dinamis. Berikut ini adalah urutan yang benar mengenai dinamika atau perubahan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat .... OSN 2011 (Kabupaten)


a. nilai & norma – tindakan sosial – kontrol sosial – pemaknaan – nilai & norma dipertahankan atau berubah

b. nilai & norma – pemaknaan – tindakan sosial – nilai & norma dipertahankan atau berubah

c. nilai & norma – kontrol sosial – tindakan sosial – pemaknaan – nilai & norma dipertahankan atau berubah

d. nilai & norma – tindakan sosial – pemaknaan – kontrol sosial – nilai & norma dipertahankan atau berubah


10. Tingkat kesibukan masyarakat kota yang tinggi membuat kehidupan mereka menjadi sangat individualis. Kondisi tersebut mengakibatkan .... OSN 2012 (Kabupaten)


a. solidaritas sosial lemah

b. solidaritas sosial tinggi

c. keseimbangan sosial

d. keteraturan sosial



11. Anak-anak mempelajari norma-norma sosial melalui proses .... OSN 2012 (Kabupaten)


a. simpati

b. sugesti

c. identifikasi

d. imitasi


12. Firman mengidolakan Ronaldo, salah seorang pemain sepak bola yang sangat piawai. Sementara, Ronaldo sendiri tidak tahu bahwa Firman mengidolakan dirinya. Hal itu merupakan contoh dari .... OSN 2012 (Kabupaten)


a. toleransi

b. imitasi

c. empati

d. simpati


13. Bermodalkan pendidikan yang diperoleh sesame kuliah, Mutia dapat menyelesaikan semua pekerjaannya dengan baik. Ia pun mendapat predikat sekretaris teladan. Proses pendidikan di perguruan tinggi yang ditempuh. Mutia dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk sosialisasi .... OSN 2012 (Kabupaten)


a. primer

b. represif

c. sekunder

d. preventif


14. Jihan tidak mendapatkan kasih saying dari orang tuanya karena orang tuanya bercerai sejak ia berusia tiga tahun. Jihan kemudian tinggal bersama neneknya. Latar belakang keluarga seperti yang dialami Jihan sangat mempengaruhi corak sosialisasi .... OSN 2012 (Kabupaten)


a. sekunder

b. primer

c. represif

d. antisipatoris


15. Sering kita menjumpai perbedaan perlakuan orang-orang terdekat kepada anak-anak karena criteria fisik. Hal tersebut mempengaruhi proses sosialisasi yang dialami oleh anak tersebut. Akibat dari perbedaan pola sosialisasi yang berlainan tersebut adalah .... OSN 2012 (Kabupaten)


a. merasa dirinya sangat istimewa

b. membentuk konsep diri (self) dan corak kepribadian yang negatif

c. kian selaras antara perilaku anak dengan nilai dan norma masyarakatnya

d. mempengaruhi proses dan tingkat internalisasi nilai dan norma



16. Menurut hasil penelitian, penduduk yang tinggal di daerah tandus, panas, dan miskin cenderung memiliki tingkat ketahanan hidup yang lebih tinggi, tangguhm dan tertutup terhadap orang lain. Sedangkan, pengaruh lingkungan fisik yang subur menghasilkan kepribadian yang ramah dan terbuka kepada orang lain. Hal itu menunjukkan hasil sosialisasi terhadap corak kehidupan seseorang dipengaruhi oleh .... OSN 2012 (Kabupaten)


a. lingkungan geografis

b. lingkungan sosial

c. warisan biologis

d. latar belakang ekonomi


17. Ajeng memiliki beberapa orang sahabat seusianya. Setiap akhir pekan, Ajeng dan teman-temannya selalu berkumpul untuk makan, main bersama, atau sekedar ngobrol-ngobrol dan saling mencurahkan isi hatinya. Pola persahabatan mereka sebenarnya menjadi ajang sosialisasi yang akhirnya membentuk corak kepribadian Ajeng. Pola sosialisasi tersebut terjadi karena adanya .... OSN 2012 (Kabupaten)


a. kelompok belajar

b. kedekatan tempat tinggal

c. kelompok sepermainan

d. persamaan hobi


18. Di bawah ini yang termasuk media sosialiasi formal, adalah .... OSN 2012 (Kabupaten)


a. negara, sekolah, akademi militer

b. pemerintah, sekolah, sahabat

c. klub fotografi, majelis taklim, lingkungan kerja

d. klub motor, sekolah, group band


19. Ketika bertemu dengan temannya, Sinta selalu menyapa dan berjabat tangan. Perilaku yang ditampilkan oleh Sinta merupakan syarat dari .... OSN 2013 (Kabupaten)


a. kontak sosial

b. dinamika sosial

c. interaksi sosial

d. proses sosial


20. Sebagai calon Ketua OSIS, Andi dan Rahmah memaparkan pandangannya tentang program kinerja dihadapan siswa lainnya. Hal ini merupakan contoh dari interaksi sosial .... OSN 2013 (Kabupaten)


a. antar individu dengan kelompok

b. antar individu dengan individu

c. antar kelompok dengan kelompok

d. antar individu sebagai warga kelompok



21. Proses sosialisasi di sekolah memegang peran penting dalam membentuk sikap solidaritas sosial, disiplin, dan tanggung jawab. Proses ini dinamakan sosialisasi .... OSN 2013 (Kabupaten)


a. primer

b. sekunder

c. tertier

d. krusial


22. Perhatikan pernyataan di bawah ini!


(1) Pulang sekolah, Darman membantu ibu menjaga adik-adiknya

(2) Sebagai anak bungsu, semua keinginan Risma selalu dituruti orang tuanya

(3) Doni rela mengecat rambutnya agar bisa diterima menjadi anggota gang

(4) Melalui disiplin yang keras, Yeti bisa diterima di SMA favorit.


Pernyataan yang tepat untuk menggambarkan fungsi sosialisasi terhadap kepribadian individu yang kurang positif adalah .... OSN 2013 (Kabupaten)


a. (1) dan (2)

b. (1) dan (3)

c. (3) dan (4)

d. (2) dan (3)


23. Jaka berasal dari keluarga petani yang sederhana yang memiliki keinginan untuk berhasil. Berkat kerja kerasnya, dia berhasil menjadi sarjana teknik informatika dan diterima bekerja pada sebuah perusahaan negara dengan penghasilan yang besar. Perubahan status yang dialami oleh Jaka dinamakan .... OSN 2013 (Kabupaten)


a. Aligned status

b. Achieved status

c. Ascribed status

d. Social status


24. Salah satu faktor pendorong terjadinya hubungan sosial adalah .... OSN 2013 (Kabupaten)


a. manusia tidak bisa hidup sendiri

b. persaingan hidup yang semakin ketat

c. pertambahan penduduk yang cepat

d. kehidupan sosial yang semakin kompleks


25. Mika selalu tersenyum dan mengucapkan salam setiap berpapasan dengan guru. Tindakan Mika tersebut merupakan persyaratan dari interaksi sosial yaitu .... OSN 2014 (Kabupaten)


a. akulturasi dan komunikasi

b. sosialisasi dan kontak

c. kontak dan komunikasi

d. internalisasi dan kontak



26. Dibesarkan dalam lingkungan keluarga yang kental dengan nilai-nilai keagamaan, Ahmad Anwari memiliki cita-cita menjadi da’i terkenal dan meneruskan mengelola pesantren milik keluarganya. Kondisi tersebut menunjukkan kuatnya pengaruh dari sosialisasi .... OSN 2014 (Kabupaten)


a. sekunder

b. tersier

c. primer

d. informal


27. Seorang anak perempuan mengidentifikasikan dirinya seperti peran yang dimainkan ibunya, dalam sosialisasi dinamakan tahap .... OSN 2014 (Kabupaten)


a. game stage

b. play stage

c. role play

d. generalized other


28. Maraknya adegan kekerasan yang ditayangkan televisi swasta memiliki dampak negatif terhadap perilaku anak-anak dan remaja yang sedang mengalami pertumbuhan kepribadiannya. Dalam hal ini televisi berperan sebagai .... OSN 2014 (Kabupaten)


a. agen sosialisasi

b. mitra sosialisasi

c. desosialisasi

d. resoliasisasi


29. Sebagai seorang siswa Kelas 8 SMP, Zaki mematuhi berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolahnya. Hal ini menunjukkan bahwa lembaga pendidikan memiliki peran kuat terhadap proses .... OSN 2014 (Kabupaten)


a. penanaman sikap demokrasi

b. penanaman seperangkat norma

c. pembentukan sikap-sikap religius

d. pembentukan sikap pluralistik


30. Perhatikan beberapa pernyataan di bawah ini:


(1) Larangan untuk terjadinya incest taboo

(2) Sosialisasi anggota keluarga

(3) Patrilokal dan matrilokal

(4) Fungsi afeksi


Pernyataan yang menunjukkan fungsi keluarga adalah nomor .... OSN 2014 (Kabupaten)


a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4



31. Perhatikan kasus di bawah ini!


(1) Pengendara motor harus menggunakan helm dan menyalakan lampu.

(2) Masyarakat saling bergotong royong memperbaiki sarana ibadah.

(3) Setiap bulan konsumen/ pelanggan PLN harus membayar rekening listrik.

(4) Penggerebekan kos-kosan yang dijadikan sarana bandar narkoba oleh warga.


Berdasarkan kasus di atas, kasus mana yang termasuk tahap terakhir dalam terciptanya keteraturan sosial .... OSN 2015 (Kabupaten)


a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)


Bank Soal PEMBAHASAN

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment