Iklan Header

Manusia selalu berusaha mencapai kemakmuran dalam hidupnya. Untuk itu, manusia akan berusaha dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam memenuhi kebutuhan tersebut, maka manusia sebagai makhluk ekonomi akan memiliki berbagai pertimbangan, sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal dengan pengeluaran yang seminimal mungkin. Maka dari itu, dibutuhkan prinsip ekonomi dalam melakukan tindakan ekonomi.


Dalam prinsip ekonomi terdapat dua hal penting yang harus dipahami. Adapun dua hal yang penting yang harus diperhatikan dalam prinsip ekonomi adalah diketahuinya nilai pengorbanan yang diberikan dan hasil yang akan dicapai.


prinsip-ekonomi

Prinsip ekonomi adalah usaha atau pertimbangan yang disertai pengorbanan sekeci-kecilnya untuk mencapai hasil tertentu, atau usaha/ pertimbangan yang disertai pengorbanan tertentu untuk mencapai hasil yang sebesar-besarnya.

Dalam dunia usaha, prinsip ekonom berhubungan dengan sebutan efisien dan efektif. Efisien adalah kegiatan yang dilakukan tepat untuk mencapai target tertentu. Sedangkan efektif adalah apa yang dilaksnakan benar.


Prinsip ekonomi dalam penerapannya memiliki tujuan dan manfaat. Selain itu, prinsip ekonomi yang diterapkan disesuaikan dengan lapangan pekerjaannya masing-masing. Berikut akan dijelaskan mengani tujuan, manfaat, penerapan prinsip ekonomi hingga ciri-ciri orang yang menerapkan prinsip ekonomi.


Tujuan Prinsip Ekonomi

Adanya prinsip ekonomi membantu manusia memenuhi kebutuhannya untuk mencapai kesejahteraan dan kemakmuran. Sebagai makhluk ekonomi, kita tidak boleh melakukan tindakan ekonomi tanpa melakukan perhitungan. Sehingga dalam melakukan tindakan ekonomi kita harus memerhatikan prinsip ekonomi.


Adapun tujuan dari prinsip ekonomi dalam melakukan tindakan ekonomi, sebagai berikut :

  • Memperoleh keuntungan semaksimal mungkin.
  • Memanfaatkan alat, kemampuan, dan modal atau pengorbanan tertentu yang dimiliki.
  • Menghindari kerugian dan memperkecil risiko kerugian.
  • Menghindari pemborosan dan bertindak ekonomis.

Manfaat Prinsip Ekonomi

Seseorang tidak akan menerapkan sesuatu dalam tindakannya, jika tidak ada manfaatnya. Hal ini juga berlaku dalam ekonomi.


Sebagai makhluk ekonomi, maka manusia menerapkan prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi diterapkan oleh setiap orang dengan berbagai lapangan pekerjaan, baik itu pembeli maupun penjual. Dimana dengan diterapkannya prinsip ekonomi akan diperoleh berbagai manfaat bagi pihak yang terlibat.


Manfaat prinsip ekonomi ditinjau dari tiga kepentingan, sebagai berikut :

  1. Berdasarkan Sudut Pandang Pembeli
  2. Manfaat prinsip ekonomi bagi pembeli, yaitu dengan uang yang dimiliki, pembeli dapat mencapai tingkat kepuasan yang maksimal karena tepat dalam memilih tempat dan barang yang dibutuhkannya.


  3. Berdasarkan Sudut Pandang Penjual
  4. Manfaat prinsip ekonomi bagi penjual, yaitu membelibarang dengan mutu terbaik dengan harga yang serendah-rendahnya untuk dijual kembali dengan harga tinggi yang rasional melalui pelayanan sebaik-baiknya. Menjual barang yang bermutu dengan harga tinggi, tetapi rasional adalah prinsip ekonomi seorang penjual.


  5. Berdasarkan Sudut Pandang Produsen
  6. Manfaat prinsip ekonomi bagi produsen adalah memproduksi barang berkualitas baik yang laris dipasarkan dengan biaya sekecil mungkin dan menjualnya sebanyak mungkin dengan harga yang paling menguntungkan.


Prinsip Ekonomi

Setiap pihak yang berkepentingan dalam kegiatan ekonomi memiliki prinsip ekonominya masing-masing. Dalam ekonomi terdapat tiga pihak utama yang melakukan kegiatan ekonomi. Ketiga pigak tersebut antara lain konsumen, produsen, dan distributor.


Adapun prinsip ekonomi dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan lapangan kerjanya masing-masing, sebagai berikut :


1. Prinsip Ekonomi Konsumen

Prinsip ekonomi seorang konsumen yaitu dengan membelanjakan penghasilannya seminimal mungkin, tetapi kebutuhannya yang beraneka ragam dapat terpenuhi sehingga ia dapat mencapai kepuasan dengan barang/ jasa yang dibelinya. Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi, sebagai berikut :


  • Membeli barang dengan memilih terlebih dahulu.
  • Membeli barang dengan menawar harga yang paling murah.
  • Memilih barang yang berkualitas bagus.
  • Membeli barang sesuai dengan yang direncanakan.
  • Setiap awal bulan membuat daftar kebutuhan berdasarkan skala prioritas.
  • Berusaha mencari tambahan penghasilan.

2. Prinsip Ekonomi Produsen

Prinsip ekonomi produsen yaitu upaya mengeluarkan biaya produksi seminimal mungkin, tetapi hasil yang didapatkan maksimal. Adapaun penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi, sebagai berikut :

  • Menggunakan bahan mentah atau bahan baku dengan mutu baik dan harga murah.
  • Mendirikan tempat perusahaan yang dekat dengan bahan mentah atau bahan baku.
  • Menggunakan tenaga kerja yang terampil.
  • Menggunakan mesin yang modern dengan harga murah tetapi produktif.
  • Harus selalu hemat, baik itu dana, jam kerja, ataupun tenaga kerja.
  • Menyediakan barang atau jasa yang sesuai keinginan atau selera pemakai merupakan contoh penerapan prinsip ekonomi yang dilakukan oleh produsen

3. Prinsip Ekonomi Distributor

Prinsip ekonomi distributor yaitu dengan meminimalkan biaya distribusi. Hal ini dikarenakan tugas dari distributor adalah menyampaikan hasil produksi hingga ke konsumen. Adapaun penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi, sebagai berikut :


  • Membeli barang pada produsen yang tepat.
  • Menyalurkan barang dengan prinsip tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat tempat.
  • Menempatkan perusahaan di antara produsen dan konsumen.
  • Meningkatkan mutu pelayanan.
  • Menggunakan sarana distribusi yang murah.

Ciri Penerapan Prinsip Ekonomi

Dalam melakukan tindakan ekonomi akan lebih baik jika menerapkan prinsip ekonomi. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan prinsip ekonomi dengan baik, maka kapuasan maksimal dalam memenuhi kebutuhan hidup dapat diperoleh.


Selain itu, seseorang yang menerapkan prinsip ekonomi akan selalu mempertimbangkan prinsip ekonomi dapat dilihat dari ciri-cirinya. Ciri-ciri orang yang selalu menerapkan prinsip ekonomi, sebagai berikut :


  • Bertindak Rasional dan Ekonomis
  • Orang yang menerapkan prinsip ekonomi akan selalu bertindak rasional dan ekonomis. Orang yang bertindak rasional adalah orang yang ketika melakukan tindakan ekonomi selalu menggunakan akal sehatnya, dan bukan berdasarkan hawa nafsu dan emosinya. Sedangkan bertindak ekonomis adalah orang yang ketikan melakukan tindakan ekonomi selalu menggunakan perhitungan-perhitungan yang cermat dan perencanaan yang matang.


  • Bersikap Hemat
  • Salah satu ciri-ciri orang yang menerpkan prinsip ekonomi adalah bersikap hemat. Bersikap hemat adalah orang yang ketika melakukan ekonomi selalu menghindari pemborosan dengan membeli kebutuhan hanya barang-barang yang memang benar-benar dibutuhkan.


  • Membuat Skala Prioritas
  • Orang yang bertindak dengan prinsip ekonomi akan selalu memperhatikan skala prioritasnya. Artinya orang akan membuat urutan pemenuhan kebutuhan berdasarkan tingkat kepentingannya, yaitu mulai pemenuhan kebutuhan yang paling mendesak sampai kebutuhan yang bisa ditangguhkan pemenuhannya.


  • Bertindak dengan Prinsip Cost and Benefit
  • Orang yang menerapkan prinsip ekonomi akan bertindak dengan prinsip cost and benefit, artinya orang dalam melakukan kegiatan selalu memperhatikan biaya yang dikeluarkan dan manfaat yang diterima dari kegiatan yang dilakukannya.


Latihan Soal dan Pembahasannya

  1. Sebutkan tujuan prinsip ekonomi dalam melakukan tindakan ekonomi!
  2. Jawaban : untuk memperoleh keuntungan yang maksimal, untuk memanfaatkan modal yang dimiliki, untuk mengindari kerugian, dan untuk menghindari pemborosan

  3. Bagaimana ciri orang yang menerapkan prinsip ekonomi?
  4. Jawaban : bertindak rasional dan ekonomis, bersikap hemat, membuat skala prioritas, serta bertindak dengan prinsip cost and benefit

Bahasan Sebelumnya :

Bahasan Selanjutnya :
Kegiatan Produksi--->

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment