Iklan Header

Assalamu'alaiku, teman-teman. Semangat pagi. Semoga selalu diberi kesehatan selalu. Aamiin. Pagi ini, saya akan membagikan pembahasan dari soal yang sudah saya bagikan kemarin, yaitu soal latihan PAT Semester 2 untuk kelas 10 mata pelajaran Sejarah Indonesia.

Postingan saya kali ini berupa kunci jawaban dan pembahasan sebagai sarana belajar mandiri di rumah bagi kamu yang mau belajar Sejarah Indonesia di kelas 10. Pembahasan akan saya bagi menjadi dua postingan. Postingan pertama berupa kunci jawaban dan pembahasan nomor 1 hingga 15, serta postingan kedua kunci jawaban dan pembahasan dari nomor 16 hingga nomor 30. Langsung saja, monggo dipelajari.

kelas-10-sejarah-indonesia-pembahasan-pat


Soal : Sejarah Indonesia Kelas 10 PAT

PEMBAHASAN

1. Jawaban : D

Pembahasan :
Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dan budaya India pada bentuk bangunan candi terlihat dari bentuk candi yang berupa punden berundak.

2. Jawaban : B

Pembahasan :
Kekuasaan Kertajaya berakhir setelah dikalahkan Ken Arok dari Tumapel tahun 1222. Pertempuran ini berawal ketika para biksu Buddha Kediri dikejar-kejar Kertajaya karena mereka kecewa terhadap kebijakan Kertajaya yang mengintimidasi umat Buddha. Para biksu tersebut lalu datang ke Tumapel untuk meminta perlindungan Ken Arok, penguasa (akuwun) Tumapel.

3. Jawaban : C

Pembahasan :
Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya menikah dengan Pramodyawardani dari Dinasti Syailendra.

4. Jawaban : A

Pembahasan :
Menurut prasasti Kedu dapat diketahui bahwa Raja Sanjaya digantikan oleh Rakai Panangkaran. Selanjutnya salah seorang keturunan raja Dinasti Syailendra yang bernama Sri Sanggrama Dhananjaya berhasil menggeser kekuasaan Dinasti Sanjaya yang dipimpin Rakai Panangkaran pada tahun 778. Sejak saat itu, Kerajaan Mataram dikuasai sepenuhnya oleh Dinasti Syailendra.

5. Jawaban : B

Pembahasan :
Sriwijaya adalah pusat pendidikan agama Buddha Mahayana yang penting di Asia Tenggara. Bahkan menurut berita dari Tibet, seorang pendeta yang bernama Atica tinggal di Sriwijaya untuk belajar agama pada guru besar agama Buddha di Sriwijaya yaitu Dharmapala.

6. Jawaban : B

Pembahasan :
Sekitar abad ke-6 SM, agama Hindu mengalami kemunduran. Kemunduran tersebut disebabkan beberapa faktor berikut :

  • Kaum brahmana yang memonopoli upacara keagamaan semakin bertindak sewenang-wenang. Mereka mengatur berbagai hal dalam kehidupan bermasyarakat secara absolut.
  • Munculnya golongan yang mencari jalan hidup yang lebih baik dan tidak mengenal kasta, golongan tersebut adalah Buddha yang diajarkan oleh Sidharta Gautama.
7. Jawaban : B

Pembahasan :
Wilayah Indonesia yang paling awal memeluk agama Islam adalah pesisir barat Pulau Sumatra.

8. Jawaban : E

Pembahasan :
Penyebaran agama Islam di Indonesia, pada umumnya melalui perdagangan, perkawinan, dan kesenian.

9. Jawaban : C

Pembahasan :
Saluran lewat perkawinan antara pedagang, ulama, ataupun golongan lain dengan anak bangsawan, bupati ataupun raja akan lebih menguntungkan. Sebagai contoh adalah perkawinan Putri Campa dengan Raja Brawijaya yang melahirkan Raden Patah.

10. Jawaban : C

Pembahasan :
Oleh Sutarwijaya, Kerajaan Pajang dipindahkan ke Mataram pada tahun 1586. Berakhirlah riwayat Pajang, dan berdiri Kerajaan Mataram yang bercorak Islam di Yogyakarta.

11. Jawaban : C

Pembahasan :
Salah satu hasil peninggalan budaya Kerajaan Demak adalah Masjid Agung Demak yang terkenal dengan salah satu tiangnya yang terbuat dari pecahan kayu (tatal) yang disatukan.

12. Jawaban : B

Pembahasan :
Agama Islam disebarkan dan berkembang di Indonesia melalui cara damai, yaitu melalui perdagangan, perkawinan, dakwah, pendidikan, seni budaya, dan tasawuf.

13. Jawaban : C

Pembahasan :
Agama Islam yang masuk ke Indonesia, menurut pendapat beberapa sejarawan berasal dari Gujarat (India), Mekah, dan Persia.

14. Jawaban : B

Pembahasan :
Raden Jafar Shodiq adalah nama asli dari Sunan Kudus yang berdakwah di Kudus, Jawa Tengah.

15. Jawaban : E

Pembahasan :
Kerjaaan Sriwijaya dan Majapahit merupakan kerajaan besar yang bercorak Hindu-Buddha. Runtuhnya Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit mendorong agama Islam semakin berkembang.

Kembali ke Soal PEMBAHASAN 16-30

CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment