Iklan Header

Hallo teman-teman. Kali ini saya akan membagikan pembahasan dari latihan soal penilaian tengah semester (PTS) genap sejarah indonesia. Semoga bisa membantu teman-teman sekalian. Monggo dipelajari.

Soal berbentuk pilihan ganda. Silahkan memilih salah satu dari pilihan jawaban soal antara a, b, c, d atau e. Usahakanlah kerjakan sesuai kemampuanmu terlebih dahulu. Baru kemudian lihatlah pembahasan dari latihan soal ini di akhir postingan. Langsung saja, monggo dipelajari.

kelas-10-mapel-sejarah-indonesia-pembahasan-pts-2

1. Jawaban : B

Pembahasan :
Kebudayaan Hindu-Buddha mempengaruhi kebudayaan di Indonesia. Terjadi akulturasi di bidang agama, bangunan, dan kebudayaan.

2. Jawaban : E

Pembahasan :
Kebudayaan Hindu-Buddha dari India mempengaruhi banyak kebudayaan di Indonesia, seperti penggunaan bahasa dan tulisan, kesusastraan, seni bangunan, dan seni penanggalan. Sedangkan bidang militer bukan termasuk kebudayaan India yang masuk ke Indonesia.

3. Jawaban : C

Pembahasan :
Sejarah penggunaan wayang di Indonesia pada awalnya adalah sebagai sarana pemujaan kepada roh nenek moyang. Namun, setelah beberapa generasi agak sedikit berubah menjadi sarana hiburan bagi masyarakat.

4. Jawaban : C

Pembahasan :
Pada zaman kerajaan Hindu-Buddha memiliki konsep kekuasaan berupa kultus dewa raja. Raja dianggap sebagai titisan dewa dan semua perkataan dan kebijakan sang raja dianggap selalu benar. Bahkan ada pepatah "sabda pandita ratu datan kena wola-wali".

5. Jawaban : C

Pembahasan :
Kebudayaan India lewat Hindu-Buddha masuk ke Indonesia membawa kebudayaan asalnya. Sebuah kitab yang menggunakan huruf dari India, yaitu huruf pallawa.

6. Jawaban : C

Pembahasan :
Hindu-Buddha di bidang pemerintahan memiliki kebiasaan penyebutan nama raja dan sistem pengangkatan raja.

7. Jawaban : D

Pembahasan :
Zaman Hindu-Buddha di Indonesia banyak meninggalkan sebuah peninggalan tulis berupa prasasti dengan penulisan menggunakan bahasa sanskerta.

8. Jawaban : A

Pembahasn :
Candi di Jawa Tengah memiliki sebaran yang banyak dari utara tengah hingga selatan. Berdasarkan pilihan yang ada, yang termasuk candi di Jawa bagian selatan adalah Candi Kalasan yang didirikan oleh Rakai Panangkaran.

9. Jawaban : A

Pembahasan :
Di bidang bangunan, sebelum Hindu-Buddha dari India datang ke Indonesia, nenek moyang Indonesia sudah mengenal dan membuat bangunan di zaman Megalithikum berupa punden berundak.

10. Jawaban : E

Pembahasan :
Sebagian besar peninggalan kebudayaan di Indonesia bisa dilihat dari relief pada batu atau candi. Relief yang terpahat pada candi yang terkenal adalah dari Candi Borobudur. Kebudayaan asli Indonesia yang terpahat pada Candi Borobudur antara lain perahu bercadik, perahu lesung, perahu kora-kora, dan rumah panggungg yang di atapnya ada burung bertengger.

11. Jawaban : A

Pembahasan :
Yupa yang pernah ditemukan diperkirakan adalah peninggalan aksara pertama di Indonesia. Yupa adalah peninggalan tugu batu yang digunakan untuk mengikat hewan kurban yang terdapat ukiran tulisan dari bahasa sakskerta dengan huruf pallawa. Yupa ditemukan sebanyak tujuh buah. Letak ditemukan Yupa berada di hulu Sungai Muarakaman, Kalimantan Timur. Ketujuh yupa tersebut adalah peninggalan dari Raja Kudungga.

12. Jawaban : A

Pembahasan :
Pada masa berkembangnya kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia terdapat kerajaan yang bisa menghimpun kerajaan yang sangat luas, bahkan hampir seluas Nusantara seperti sekarang ini. Maka terdapat kerajaan yang dinamai sebagai Negara Nasional pertama dan kedua. Negara Nasional pertama terjadi saat kerajaan Sriwijaya. Sedangkan Negara Nasional kedua adalah Kerajaan Majapahit.

13. Jawaban : E

Pembahasan :
Kebudayaan yang masuk ke Indonesia di zaman dulu, tidak senantiasa diterima begitu saja. Tetapi, akan diolah dan disesuaikan dengan kehidupan masyarakat. Kebudayaan yang baik dan cocok untuk kehidupan masyarakat akan digunakan atau dimodifikasi (akulturasi) dengan kebudayaan asli nenek moyang.

14. Jawaban : C

Pembahasan :
Dalam hal pemujaan terhadap roh nenek moyang, sebenarnya Indonesia mengenal terlebih dahulu kepercayaan animisme dan dinamisme. Kemudian, datangnya kebudayaan Hindu-Buddha yang akhirnya berakulturasi keduanya menjadi kebudayaan di Indonesia. Kepercayaan terhadap roh nenek moyang yang berkembang saat itu adalah seni arca atau patung.

15. Jawaban : C

Pembahasan :
Kerajaan Singasari pada masa Raja Kertanegara dikenal dengan perkembangan agama Buddha dengan aliran Tantrayana.




CLOSE ADS
CLOSE ADS

Post a Comment